Belajar Dan Berbagi Informasi Dunia Pelayaran

Kenapa Website Pelaut Tidak Bisa Dibuka

Kenapa Website Pelaut Tidak Bisa Dibuka, Sebenarnya jika diperhatikan beberapa kali dalam setahun terdapat banyak masalah di pengecekan sertifikat pelaut di https://pelaut.dephub.go.id/. Dari berbagai masalah misalnya webiste 503 Service Unavailable dan bahkan kode chaptca yang tidak muncul juga sempat menjadi kendala bagi para pelaut untuk mengecek sertifikat di website database pelaut Indonesia ini.
Bagi saya pribadi memang seharusnya pemerintah terutama yang mengenai masalah pelaut Departement Perhubungan perlu memperhatikan betapa pentingnya webiste https://pelaut.dephub.go.id/.


Website untuk cek sertifikat ini penting karena dimana semua pelaut atau calon pelaut yang sudah mempunyai sertifikat BST dan sudah mempunyai seaferer code membutuhkan untuk banyak hal seperti :

  • Persyaratan pembuatan buku pelaut baru maupun perpanjang
  • Pembuatan sertifikat kepelautan tambahan
  • Updating dari Rating ke Able dan Updating dari tingkatan sebelumnya

masih banyak lagi persyaratan yang menggunakan print out dari website https://pelaut.dephub.go.id/.
Sangat disesalkan memang jika pelayanan publik berbasis online ini masih kurang perkembanganya dan semoga kedepan akan selalu ada perkembangan.
Dari tidak adanya fitur print out, kecepatan dan responsive website masih rata-rata, sering kali trouble, tidak ada costumer servicenya, dll.
Dari keterangan untuk saat ini adalah 503 Service Unavailable No server is available to handle this request.
Kendala tersebut bisa jadi karena :

  • Paket Hosting akan segera habis
  • Atau file permision yang kurang tepat

Jika permasalahan adalah benar di paket hosting yang habis maka sangat memalukan sekali tetapi mudah-mudahan hanya adanya eror di bagian website itu sendiri sehingga tidak lama sudah bisa ditanggulangi dan digunakan kembali.
Saran saya untuk kita semua jika ada masalah di website pelaut seperti pada saat ini untuk melaporkan saja ke website : https://lapor.go.id/ agar diteruskan ke yang mengelola webisite tersebut.

Related : Kenapa Website Pelaut Tidak Bisa Dibuka

0 komentarmu:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :

* Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
* No SARA
* Tidak menggunakan kata yang menyinggung perasaan orang lain
* Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form