Belajar Dan Berbagi Informasi Dunia Pelayaran

OS-Wifanusa Pesawat Tanpa Awak Buatan Indonesia Segera Diluncurkan

OS-Wifanusa Pesawat Tanpa Awak Buatan Indonesia Segera Diluncurkan - IMI (Indonesia Maritime Institute) terus lakukan pengkembangan dan inovasi teknologi dirgantara maritim, selama 1.5 tahun, IMI telah melakukan riset pembutan flying boat yang diberi nama OS-Wifanusa dan IMI sudah berhasil membuat prototype skala 1:3 terbang sempurna, dan sekarang memasuki proses pembuatan skala 1:1 yang nantinya bisa diawaki empat orang.


Direktur Eksekutif IMI, Dr Y Paonganan, kepada pers di Jakarta, Senin (20/4/2015) mengatakan "Flyingboat skala 1:3 ini kami sudah mantapkan untuk jadi Marine UAV (pesawat tanpa awak). Sistem UAV dibuat sendiri oleh tim ahli kami di IMI,"

Dia mengatakan, kemampuan marine UAV ini nantinya akan mampu terbang selama 3 jam dengan kemampuan jelajah  hingga 129 km/jam dengan ketinggian minimum jelajah 300 m.

"Pesawat ini dilengkapi kamera video daynight resolusi tinggi dan lensa infra merah sehingga juga bisa diterbangkan pada malam hari," lanjut Dr Y Paonganan.


Selain itu Ia juga menjelaskan, Flyingboat ini juga dilengkapi dengan landing gear optional sehingga selain bisa landing dan take off dari laut, juga bisa dioperasikan di daratan.

"Ground control station kami gunakan mobil minibus yang dimodifikasi menjadi stasiun kontrol yang lengkap dengan monitor dan antene helical, tentu hal ini akan memudahkan dalam pengoperasiannya.

Selain mobil, kami juga sedang merancang ground control station menggunakan speed boat untuk penggunaan di wilayan pulau-pulau kecil, jadi akan lebih efektif jika penggunaannya untuk maritime surveillance," Jelas Dr Y Paonganan.

Sumber: viva.co.id

Tags :

Related : OS-Wifanusa Pesawat Tanpa Awak Buatan Indonesia Segera Diluncurkan

0 komentarmu:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :

* Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
* No SARA
* Tidak menggunakan kata yang menyinggung perasaan orang lain
* Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form