Belajar Dan Berbagi Informasi Dunia Pelayaran

Tips Sebelum Melakukan Medical Check Up Pelaut

Tips Sebelum Melakukan Medical Check Up Pelaut, Selain buku pelaut / Seaman Book dan dokumen COP lainya Medical Check Up Pelaut juga berperan penting. Tidak semua perusahaan mempersyaratkan Medical Check Up Pelaut untuk bekerja di kapalnya. Namun apabila anda ingin bekerja di perusahaan bonafit dan atau perusahaan asing sebaiknya membuat Medical Check Up Pelaut sebagai persiapan.

Manfaat dari Medical Check Up Pelaut (Medical Fitness And Eyesight Standards) antara lain yaitu mencegah penyakit menular akibat pelaut yang terinveksi virus maupun penyakit menular lainya. Selain hal itu juga sebagai syarat melamar pekerjaan agar terbukti dengan sertifikat tersebut bahwa pelaut dalam kondisi sehat.

Tips Sebelum Melakukan Medical Check Up Pelaut

Sebagian perusahaan memerlukan Medical Check Up Pelaut agar mengetahui kesehatan jasmani seseorang supaya bekerja dengan baik di kapalnya. Medical Check Up Pelaut tidak sembarang tempat bisa membuatnya, yaitu sudah ditentukan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut yaitu terdapat 52 Tempat Medical Check Up Pelaut.

Untuk mengetahui ke 52 tempat Medical Check Up Pelaut bisa ikuti link berikut ini :

52 tempat Medical Check Up Pelaut Resmi

Setidaknya syarat sehat jasmani adalah syarat yang paling mutlak harus Anda penuhi. Inilah beberapa Tips Sebelum Melakukan Medical Check Up Pelaut.

Tips Sebelum Melakukan Medical Check Up Pelaut

  1. Usahakan tidur cukup (6 – 8 jam) sebelum melakukan Medical Check-Up keesokan harinya. Usahkan tidak terlalu sering bergadang.
  2. Tidak minum minuman yang beralkohol, merokok dan makanan yang mengandung lemak tinggi tiga hari sebelumnya dan tidak dianjurkan mengkonsumsi kopi berlebihan sehari sebelum dan pada hari dilakukan Medical Check Up Pelaut
  3. Berpuasalah 10 jam mulai jam 20.00 sampai dengan 08.00 untuk pemeriksaan Kimia Darah antara lain, gula darah, cholesterol, asam urat, fungsi liver, fungsi ginjal, dan sebagainya. Perbanyak minum air putih sehari sebelum Medical.
  4. Bawalah data hasil pemeriksaan Anda yang lama termasuk sertifikat kesehatan, Roentgen, hasil Treadmill, Echocardiography dan sebagainya (Jika ada).
  5. Bawalah surat keterangan sakit dari Master kapal atau resume medic dari dokter pemeriksa apabila Anda pernah dipulangkan saat bekerja Di Kapal dikarenakan sakit.
  6. Beritahukan kepada dokter pemeriksa tentang kondisi kesehatan tertentu misalnya penyakit gula / Diabetes, Tekanan Darah Tinggi / Hypertensi, Penyakit Jantung, Asma, Reumatik, Epilepsi dan sebagainya dan obat – obatan yang Anda konsumsi agar dokter dapat mengetahui lebih jelas kondisi kesehatan Anda.
  7. Bagi anda Perokok Berat Seharusnya Puasa tidak merokok selama 2 hari sebelum Medical Check Up dan minum air kelapa muda selama 2 hari sebelum Medical Check Up.
Begitulah Tips Sebelum Melakukan Medical Check Up Pelaut semoga dengan menjalankan tips tersebut tubuh anda tetap sehat jasmani dan rohani agar diterima bekerja di perusahaan yang sesuai anda inginkan.

Tags :

Related : Tips Sebelum Melakukan Medical Check Up Pelaut

0 komentarmu:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :

* Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
* No SARA
* Tidak menggunakan kata yang menyinggung perasaan orang lain
* Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form