Belajar Dan Berbagi Informasi Dunia Pelayaran

Pelaut Indonesia Dipuji Kapten Kapal Ikan Jepang

Pelaut Indonesia - Dua pelaut muda dari Indonesia yang bekerja kapal penangkap ikan Bonito (Katsuo) mendapat pujian dari kapten kapal penangkap ikan Jepang. Sejak lulus dari sekolah penangkap ikan di Tanjung Muroto, Kochi, Jepang akhir Maret lalu, kini untuk selama 3 tahun mereka harus mengarungi laut Jepang menangkap ikan.


Agung dan Sutanto masing-masing 19 tahun beserta seniornya juga orang Indonesia, Sutanto, menjadi pelaut muda Indonesia di kapal penangkap ikan Bonito, diliput penuh dua hari oleh TV Tokyo dan disiarkan malam ini (26/5/2014) pada acara You ha Nani sini Nihon he (Kamu Untuk Apa Datang ke Jepang?).

Pelaut Indonesia Dipuci Kapten Kapal Ikan Jepang

Laporan Richard Susilo, Koresponden Tribunnews.com di Tokyo


Pelaut Indonesia Dipuji Kapten Kapal Ikan Jepang


Acara pelaut Indonesia (disiarkan sekitar 15 menit) dibagi dua seri, yang pertama disiarkan 17 Januari 2014, saat memasuki sekolah belajar dan lulus. Lalu hari ini setelah lulus, bekerja di perusahaan atau kapal penangkapan ikan laut di Jepang.

Selama pelayaran pertama dari tanjung Muroto menuju Kagoshima, kedua pelaut Indonesia itu sempat mabuk laut karena diombang-ambingkan ombak besar. Di tempat yang dituju mereka menangkap ikan dengan rajin, menggunakan alat pancing khusus.

Ikan tuna juga ikut tertangkap sehingga menjadi makanan segar mereka sebenarnya. Tapi karena tak suka ikan mentah mereka memilih makan nasi. "Nasi saja cukup," papar mereka ketika ditawarkan ikan mentah tuna yang enak itu, yang dicampur dengan bumbu Jepang, Miso.

Setelah pekerjaan memancing di tengah laut selesai, mereka menyempatkan bernyanyi nyanyian Jepang, Kanpai.

Kapten kapal yang melihat mereka rajin sekali bekerja, penuh inisiatif, mengomentari, "Anak-anak Indonesia itu rajin sekali saya suka sama mereka," paparnya.

Ketika ditanya mengapa mereka datang ke Jepang dan bekerja di kapal penangkapan ikan, keduanya, baik Agung maupun Irfan mengatakan, "Kami ingin kumpulkan uang buat orangtua, lalu beli tanah dan bangun rumah buat keluarga di Indonesia."

Acara "You" ini dimulai tanggal 30 Juni 2012 setiap 3 bulan sekali. Lamanya beraneka ragam. Ada yang 47 menit ada yang 84 menit ada yang 113 menit dan yang Senin lalu 90 menit. MC acara ini adalah pelawak Banana-man nama aslinya Himura Yuuki (kelahiran Hiroshima 14 Mei 1972). Acara ini begitu populer dan disiarkan di seluruh wilayah di Jepang.

aritkel Pelaut Indonesia Dipuji Kapten Kapal Ikan Jepang berasal dari Sumber : http://www.tribunnews.com/internasional/2014/05/26/pelaut-muda-indonesia-dipuji-kapten-kapal-jepang

Tags :

Related : Pelaut Indonesia Dipuji Kapten Kapal Ikan Jepang

0 komentarmu:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :

* Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
* No SARA
* Tidak menggunakan kata yang menyinggung perasaan orang lain
* Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form