Belajar Dan Berbagi Informasi Dunia Pelayaran

Bagian Utama Mesin Diesel 2–Tak Diameter Besar Dan Fungsinya



Bagian Utama Mesin Diesel 2 – Tak Diameter Besar Dan Fungsimya

Untuk mesin 2 – tak dengan diameter silinder besar, dipakai dikapal-kapal besar, ada 2 tipe berdasarkan tipe torak yang dipakai.













Double Acting Type
Keterangan :
  1. Torak Trunk
  2. Batang Torak
  3. Batang Penggerak 
  4. Kepala Silang ( Cross Head )



Single Acting
Keterangan :
  1. Torak Pendek
  2. Batang Torak
  3. Batang Penggerak
  4. Kepala Silang ( Cross Head )


Single Acting
Keterangan Gambar :

Torak Trunk ( Panjang )
Batang Torak

Selanjutnya untuk pemasukan atau pengisian udara baru, dimana dimesin 2 – tak disebut “ PEMBILASAN ” melalui pintu pembilasan. 

Untuk pengeluaran gas bekas dari dalam silinder bisa melalui 
  • Katup Pembuangan
  • Pintu Pembuangan

Bagian - Bagian Utama Motor Diesel 2 Tak Dan Fungsinya

Katup Pembuangan – Exhaust Valve
Digunakan Untuk mengatur pengeluaran gas bekas dari dalam silinder, setelah langkah usaha.

Mekanisme Pembukaan Katup Pembuangan 
Mekanisme pembukaan katup pembuangan terdiri dari :
a. Tuas
b. Batang Penekan
c. Nok
d. Poros Nok
Pengabut – Fuel Oil Valve
  1. Pengabut 
  2. Jarum Pengabut 
  3. Pompa Bahan Bakar 
  4. Tekanan Tinggi 
  5. Nok 
  6. Poros Nok

Untuk bisa mengabutkan bahan bakar minyak, menjadi bagian yang kecil, halus seperti kabut, adalah fungsi pengabut 

Agar bisa mengabut, pemasukan bahan bakar ke pengabut harus bertekanan tinggi ± 250 kg/cm2, adalah fungsi pompa bahan bakar tekanan tinggi.

Piston

Menerima transfer energi dari gas panas, selanjutnya dipakai usaha mekanik.
Melakukan kompresi atau pemampatan udara Gerak naik turun torak dirubah menjadi gerak putar diporos engkol.
Pembakaran, sampai dengan ± 30 kg/cm2.
Untuk tugas-tugas diatas, ruangan torak bekerja harus kedap dari kebocoran, untuk itu torak harus dilengkapi dengan pegas torak.

Batang Torak Tanpa Kepala Silang


Batang torak diikat ditorak pena torak, sisi lainnya diikat dipena engkol dengan metal jalan dengan baut-baut pengikatnya 
Meneruskan gerakan torak ke poros engkol. 
Dalam hal ini untuk tipe torak trunk ( panjang ) tanpa kepala silang ( crosshead )



1. Torak

2. Batang Torak

3. Kepala Silang

4. Batang Penerus

5. Pena Engkol

· Meneruskan gerakan ke
kepala silang, selanjutnya oleh batang penerus (Connecting rod ) diteruskan ke pena engkol. Gerak naik turun torak selanjutnya dirubah gerak putar poros oleh pena engkol.




1. Penutup Silinder

2. Pengabut

3. Lubang Pendingin

· Penutup silinder, sehingga saran proses usaha lebih kedap

· Pada penutup inilah diletakkan pengabut, katup pembuangan, katup udara start, dll.




1. Pintu Pembilasan

2. Pintu Pembuangan

3. Lubang – lubang Pelumasan Pelapis Silinder

4. Ruang Pendinginan Pelapis Silinder

Sarana lintasan kerja torak turun – naik, dalam rangka transfer energi dari gas pembakaran secara mekanik.
Pada silinder ini terdapat pintu pembilasan, sehingga udara bilas yang dihasilkan dari pompa-pompa bilas masuk kedalam silinder.






Keterangan Gambar :

1. Turbin

2. Blower

3. Gas Bekas Masuk

4. Gas Bekas Keluar

5. Udara Masuk

6. Filter Udara

7. Udara Bilas Keluar

8. Poros Turbocharger


Salah satu pompa bilas, yang dalam mendapatkan energi untuk kerja mekaniknya didapat dari panas yang dikandung gas bekas mesin itu sendiri

Tags :

Related : Bagian Utama Mesin Diesel 2–Tak Diameter Besar Dan Fungsinya

0 komentarmu:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :

* Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
* No SARA
* Tidak menggunakan kata yang menyinggung perasaan orang lain
* Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form