Belajar Dan Berbagi Informasi Dunia Pelayaran

BUBBLE POWER

BUBBLE POWER 

Satu konsep masih menjadi pertanyaan dunia maritim tentang bagaimana cara menciptakan efektifitas dalam biaya dan sumber daya yang ramah terhadap lingkungan.

Sistem pelumasan udara pada lambung kapal (air hull lubrication system) mengakibatkan penurunan terhadap gesekan air dengan menciptakan karpet gelembung di bagian bawah lambung kapal.

Meskipun ide tersebut relatif baru, pencetus variasi sistem tersebut yang dikenal dengan nama teknologi Air Cavity System (ACS), DK Group telah bekerja sama dengan Llyod’s Register untuk membawa teknologi tersebut ke khalayak umum/pasar.

Sistem tersebut dapat menurunkan konsumsi bahan bakar sekaligus menurunkan tingkat emisi karbon CO2 sampai dengan 10%, yang berarti penghematan biaya bagi pemilik kapal (ship’s owner) demikian juga berdampak positif pada industri kapal dan pemanasan global.

Sistem ini bekerja dengan menggunakan kompresor yang akan mengisi ruangan/cekungan dengan serangkaian udara sampai ke bagian paling depan dari bagian bawah sebuah kapal. Sebagaimana air laut mengalir melewati udara di dalam ruangan/cekungan tersebut, gelembung-gelembung akan terjadi dan terbentuk di dalam lambung kapal. 

Hal ini akan mengakibatkan kapal mengapung di atas lapisan tipis gelembung yang akan menghilangkan hambatan serta memungkinkan kapal berlayar dengan biaya yang lebih ekonomis pada setiap rute yang diberikan. 
DK menyatakan bahwa teknologi merupakan solusi terbaik bagi kapal tanker, bulk carrier dan kapal broad-beamed. Bisa diaplikasikan pada kapal baru maupun kapal lama.

Perusahaan ini berencana akan mengujicobakan system ini pada kapal tanker berukuran Handymax 45,000 bulan Desember 2013

Tags :

Related : BUBBLE POWER

0 komentarmu:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :

* Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
* No SARA
* Tidak menggunakan kata yang menyinggung perasaan orang lain
* Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form