Belajar Dan Berbagi Informasi Dunia Pelayaran

Apa Yang Dimaksud Dengan Plimsoll Mark

Sejarah Lambang Plimsoll Mark

Samuel Plimsoll (1824-1898) adalah anggota Parlemen Inggris yang prihatin dengan hilangnya kapal dan awak karena overloading muatan pada kapal. Pada tahun 1876, dia Mengusulkan kepada Parlemen untuk meluluskan Kapal unseaworthy Bill, yang diamanatkan menandai sisi kapal dengan garis yang akan menghilang di bawah permukaan air apabila suatu kapal kelebihan muatan overloading |. Garis, juga dikenal sebagai tanda Plimsoll, yang ditemukan midship, Sampai saat ini Plimsoll Mark telah masih digunakan oleh semua kapal di seluruh dunia.
Samuel Plimsoll (1824-1898)
Samuel Plimsoll lahir di Bristol dan segera pindah ke Whiteley Wood Hall, Sheffield, juga menghabiskan sebagian masa kecilnya di Penrith, Cumberland. Meninggalkan sekolah pada usia dini, dia menjadi pegawai di Rawson Brewery, dan bangkit untuk menjadi manajer.

Pada tahun 1853 ia berusaha untuk menjadi seorang pedagang batubara di London. Ia gagal dan berkurang menjadi kemelaratan. Ia sendiri menceritakan bagaimana untuk waktu ia tinggal di sebuah penginapan umum untuk tujuh shilling dan dua pence seminggu.

Melalui pengalaman ini, ia belajar untuk bersimpati dengan perjuangan kaum miskin, dan ketika nasib baiknya kembali, ia memutuskan untuk mengabdikan waktunya untuk memperbaiki kondisi mereka.

Usahanya diarahkan terutama terhadap apa yang dikenal sebagai "kapal peti mati": kapal laik laut dan kelebihan beban, sering berat diasuransikan, di mana pemilik tidak bermoral mempertaruhkan nyawa awak mereka. Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Samuel_Plimsoll

Di Negara Indonesia sendiri Plimsoll Mark Diartikan Sebagai Berikut :

PLIMSOLL MARK

Plimsoll Mark adalah sebuah tanda pada lambung kapal untuk membatasi draft maksimun sebuah kapal demi keamanan dan keselamatan kapal sesuai dengan daearah / musim dimana kapal tersebut berlayar. 

  • TF = Tropical Fresh Water
  • T   = Tropical
  • F   = Fresh Water
  • S    = Summer
  • W   = Winter
  • WNA = Winter North Atlantic

Dengan demikian dapat menjamin kapal masih mempunyai daya apung cadangan yang cukup. Untuk keselamatan kapal maka setiap kapal tidak dijinkan memuat melebihi kapasitasnya sehingga harus memuat sesuai garis muat pada Plimsoll Mark.

Gambar Plimsoll Mark Pada Lambung Kapal :


Sumber Image : https://en.wikipedia.org/wiki/File:Load_line.jpg

Stabilitas Kapal Selanjutnya Tentang :

Related : Apa Yang Dimaksud Dengan Plimsoll Mark

0 komentarmu:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :

* Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
* No SARA
* Tidak menggunakan kata yang menyinggung perasaan orang lain
* Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form