Belajar Dan Berbagi Informasi Dunia Pelayaran

Apa Yang Dimaksud Dengan ANGLE OF LOLL

Angle of loll adalah sudut senget kapal karena kapal mempunyai stabilitas awal yang negatif. Pada angle of loll kapal mulai stabil ( GZ = 0 )

Apabila sebuah kapal mempunyai stabilitas negatif maka akan cenderung miring. Dengan miringnya kapal maka terjadi pergerakan titik G dan B. Titik G akan keluar dari C/L dan titik B akan bergerak pula kearah kemiringan, sehingga kapal akan berhenti miring setelah titik G dan titik B berada pada satu garis vertikal sehingga kapal mulai stabil. 

Sudut kemiringan ini disebut angle of loll. Apabila kondisi ini tidak diketahui dan tidak segera diatasi maka akan sangat berbahaya terhadap keselamatan kapal karena kemungkinan kapal terbalik sangat besar.

Cara memperbaiki : yaitu menurunkan titik G kapal sampai GM kapal menjadi Positif.

Pelaksanaan : 
  1. Memindahkan muatan dari atas ke bawah 
  2. Mengisi tangki double bottom center 
  3. Jika tidak ada tangki double bottom center maka yang diisi adalah tangki pada sisi yang rendah, memang kapal akan bertambah miring tetapi apabila GM kapal positip maka sudut kemiringan akan berkurang. 
Hal yang tidak boleh dilakukan : adalah mengisi tangki pada sisi yang tinggi atau memindahkan bobot dari sisi yang rendah ke sisi yang tinggi. Karena kapal akan mengayun ke sisi lainnya dengan sudut senget yang lebih besar, sehingga mungkin kapal akan terbalik.

Related : Apa Yang Dimaksud Dengan ANGLE OF LOLL

0 komentarmu:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :

* Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
* No SARA
* Tidak menggunakan kata yang menyinggung perasaan orang lain
* Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form