Belajar Dan Berbagi Informasi Dunia Pelayaran

Soal Jawab Olah Gerak Bagian I Lengkap Dengan Gambar

Soal Jawab Olah Gerak Part I Lengkap Dengan Gambar

1. Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi olah gerak kapal
-    Faktor luar     : angin, ombak, arus, kedalaman air, kepadatan lalulintas laut, dan rambu 2 navigasi
-    Faktor dalam : bentuk dan ukuran kemudi, sarat kapal, tongak atau tungging, perbandingan panjang dan lebar kapal, pembagian muatan dalam arah membujur, berkerjanya baling-baling, jenis penggerak utama.

2. a. Jelaskan mengapa waktu berlabuh memilih jangkar yang berada di atas angin?
-    Agar rantai dapat bebas merapat dari kapal

   b.jelaskan mengapa pada waktu mengambil pandu di pilih tangga pandu di sisi bawah angin
-    Agar boot pandu gampang merapat untuk mengantar pandu

3. a. Pada waktu berlabuh jangkar faktor-faktor apa saja yang di pertimbangkan untuk menetapkan panjang rantai jangkar yang di area.
-    Keadaan cuaca
-    Jenis dasar laut
-    Kekuatan arus dan angin
-    Lamanya waktu berlabuh
-    Dalam air sampai (d) dengan 25 m; 3´d dan lebih dari 25 m; 1¤2´d
     B. Jika kedalamaan air 20m,
Dasar laut lumpur kira 2 berapa segel rantai jangkar yang di area
-    Jadi jika dalamnya air 20m maka sesuai dengan rantai jangkar yang di area 3´d = 3´20 = 60m = ± 2 segel di air 
               
4. Sebuah kpl akan berlabuh jangkar pada posisi seperti pada nampak di gambar. Terangkan olah geraknya
-    Sedapat mungkin mendekati tempat berlabuh dengann haluan yang telah di tentukan
-    Tempat berlabuh di dekati dengann kecepatan sedang sambil mengunakan perum / ekosonder
-    Pada umumnya pada aba 2 lego kpl harus duduk pada haluan yang sama seperti pada keadaan setelah kpl itu duduk di belakang jangkar nanti
-    Sedapat mungkin kpl datang berlabuh melawan arus atau angin

5. Sebutkan persiapan utk berlabuh jangkar dn bagaimana cara memilih tempat berlabuh, serta faktor apakah yang harus di perhatikan
-    ½ atau 1 jam (O.H.N) sebelum nya KKM,atau perwira jaga mesin harus do beritahu untuk menyiapkan mesin 2 nya termasuk air deck, angin suling, serta perwira deck dan abk di beri tahu
-    Peta rencana, teropon, peralatan penerima pandu di persiapkan.
-    Menyiapkan dokumen-dokumen clerent  seperti dokumen kpl dan surat kapal
-    Pada siang hari memasang bendera2 kebangsaan kpl, bendera yang di kunjungi dn  bendera nama kpl
-    Mempersiapkan penerimaan pandu
-    Memilih tempat berlabuh
-  
Cara memilih tempat berlabuh
-    Kedalaman air
-    Kebebasan berputar kapal
-    Kondisi perairan (alur, angin, pasang surut)
-    Komunikasi dengann darat

6. bagai mana cara berputar 180° di alur pelayaran sempit ? jelaskan dengan
                                         
                               
Ket : gm    3
-    Kpl melakukan Stara memutar dr kiri alur, kemudi kanan, mesin maju pelan sekali, kpl tiba di posisi no 2
-    Pada posisi no 2 mesin mundur pelan sekali, kpl tiba di posisi no 3
-    Setelah kpl berada pada posisi no3 kemudi kanan, mesin maju pelan sekali, kpl tiba di posisi no 4
-    Kemudian kemudi tengah-tengah dan selanjutnya kpl berlayar di poros alur dengann kecepatan aman

Ket : Gm
-    Ambil sisi kanan, kemudian kiri, mesin kanan maju pelan sekali mesin kiri mundur setengah, kpl tiba di posisi no 2
-     Kemudi kiri, mesin kanan maju pelahan, mesin kiri mundur setengah kpl tiba di posisi no 3
-    Pada saat kpl tiba pada posisi no 4, kemudi tengah-tengah mesin kanan maju pelahan, mesin kiri stop, untuk mengerakan kpl berlayar pada poros alur
-    Setelah berada di alur mesin dua 2 maju sesui dengann kecepatan yang diperlukan

7.a. gejala-gejala apa yang timbul jika kita berlayar diperairan sempit.
-    Pengaruh pengisapan dan penolakan dr tebing /alur
-    Faktor pertambahan sarat buritan mengakibatkan kpl kandas
-    Pengaruh pengisapan tebing membuat kapal keluar dr alur
b. jelaskan tindakan yang dilakukan jika anda berlayar di perairan sempit
-    Kecepatan kpl di kurangi, usahakan tidak berubah 2
-    Berlayar pada poros alur dn bila alurnya berbelok 2 berlayar pada sisi luar belokan
-    Tidak terlalu pada kapal lain waktu  berpaspasan maupun penyusulan
-    Memperhatikan kecakapan pelaut yang baik antara lain
-    Stand by mesin, jangkar,ekosonder secara terus menerus selama berlayar di perairan sempit
-    Mengadakan pengamatan keliling sebaik2nya
-    Memperhatikan kondisi perairan setempat

8.a. anda sebagai mualim jaga, pada waktu melihat orang jatuh kelaut apakah tindakan anda ?
-    Berteriak lantang bahwa ada orang jatuh kelaut.
-    Melemparkan pelampung yang di sertai lampu apung sedekat mungkin dengan korban
-    Melakukan olah gerak kpl untuk menolong, sambil terus melakukan pengamatan pada korban
-    Memberitahu pada nakhoda dn kamar mesin
-    Posisi kpl selalu ada dikamar radio

b.jelaskan cara mengolah gerak, menolong orang jatuh pada lambung kanan (dengan gm)
cara william turn

Ket : gm
-    Kemudi cikar kanan kearah korban
-    Setelah menyimpang 60° dr arah semula, kemudi kearah yang berlawanan (cikar kiri)
-    Bila haluan sudah berlawanan dengann haluan semula (20°) kemudi tengah-tengah pencarian korban dimulai

9. anda akan sandar kanan disuatu pelabuhan dimana terdapat angin yang cukup kuat dari laut. Jelaskan di sertai gm olah geraknya, langkah demi angkah hingga kpl sandar
                  
Ket : gm
-    Dermaga di dekati dengann kecepatan yang cukup dan membentuk sudut dengann dermaga ± 45°
-    Pada posisi no 1  stop mesin, kpl mendekati dermaga dengann kecepatan dengann sisa kecepatan
-    Pada posisi no 2 mesin mundur bila kecepatannya masi laju  hingga kapal tiba pada posisi 3
-    Pada posisi no 3 lego jangkar agar kpl tidak terlalu laju merewang ke drmaga. Dn segera kirim tros muka belakang (pada pos 3  mesin stop)
-    Setelah tros terikat di dermaga, selanjutnya tros di hibob  bergantian  hinga kpl pada posisi no 4 dan spring terikat kencang

10. jelaskan bagaimana pengaruh baling-baling terhadap kpl yang maju, mesin berputar mundur untuk  baling-baling putaran kanan
-        Mesin maju     : haluan kekanan  buri Kiri       
-    Mesin stop       :haluan kekanan buritan ke  kekiri
-    Mesin mundur  :haluan kekanan buritan kekiri
-    Kesimpulan      :haluan kekanan buritan kekiri

    11. jelaskan disertai gm bagaimanakah pengaruh  baling terhadap gerakan kpl dlm olah gerak sewaktu kpl dlm mesin digerakan, maju, kemudi tengah-tengah(kpl baling-baling tungal kanan)
-    Jika jika mesin maju maka baling-baling akan berputar searah dengann perputaran jarum jam jika di lihat dari belakang. Dan berlawanan arah jarum jam bila kpl mundur
-    Mesin maju, maka baling-baling akan berputar ke kanan da n memukul air sehinga timbul tekanan,yang bekerja tegak lulus atas dan bawah daun baling-baling dimana setengah daun  baling-baling bagian bawah tekanannya lebih besar dr pada setengah daun baling-baling  bagian bawah  lebih jauh dr permukaan air sehingga menyebabkan buritan kapal bergerak kekanan haluan bergerak kekiri
-    Dengan adanya tekanan daun baling-baling menyebabkan air bergerak ke  belakang,  menimpa kedua belah sisi daun kemudi di mana tekanan di bagian bawah sebelah kanan daun kemudi lebih besar dari pada bagian kiri atas daun kemudi sehingga menyebabkan buritan terdorong kekiri dan haluan kekanan jadi kesimpulannya
-    Pengaruh baling-baling lebih besar dari pada pengaruh kemudi menyatakan
-    Kapal diam, kemudi tengah-tengah mesin digerakkan maju maka: kpl haluannya cenderung kekiri buritan kekanan


12. Apakah yang dimaksud dengan jarak henti sebuah kapal ?
Jawab : jarak yang ditempuh kapal pada saat maju penuh dihitung dari saat mesin mundur penuh sampai saat kapal itu berhenti.
Gambar :

Lanjut Membaca =======> Soal Jawab Olah Gerak Bagian II

Related : Soal Jawab Olah Gerak Bagian I Lengkap Dengan Gambar

0 komentarmu:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :

* Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
* No SARA
* Tidak menggunakan kata yang menyinggung perasaan orang lain
* Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form