Belajar Dan Berbagi Informasi Dunia Pelayaran

Tentang PIP Semarang

Tentang PIP Semarang -Siapa tau ada yang nyasar pengin tau info mengenai PIP semarang yang juga disana ada lembaga PUKP V sebgai tempat melanjutkan sekolah para Pelaut dan lulusan SPM bahkan dari kampus Pelayaran lain seperti AMN cilacap, AMY, AKPELNI dll. PUKP sendiri adalah lembaga lain walaupun satu atap dengan kampus PIP.

Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang adalah Pendididkan tinggi negeri milik Kementrian Perhubungan RI dan telah masuk White List di Internasional Maritime Organization tahun 2000. 

PIP Semarang Mengemban tugas mendididk dan melatih pemuda – pemudi lulusan sekolah lanjutan tingakat atas (SLTA) di bidang pelayaran dan kepelabuhanan menjadi PERWIRA PELAYARAN BESAR dan TENAGA AHLI ANGKUTAN LAUT / KEPERLABUHANAN guna memenuhi kebutuhan armada angkutan laut Nasional maupun Internasional. 


Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang yang sebelumnya bernama BPLP mulai tahun akademik 1995 / 1996 membuka progam diklat kepelautan dan kepelabuhanan Diploma IV berhak diberikan jenjang pendidikan professional. Lulusan Progam Diploma IV berhak diberikan gelar akademik sarjana sains terapan pelayaran di singkat S.S.T.Pel.

Dengan adanya peningkatan / kemajuan yang meliputi aspek progam pendididkan, tenaga pengajar, sarana & prasarana, maka sejak tahun 1951 terjadi perubahan kelembagaan hingga menjadi Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang pada tahun 1999 sebagai berikut :

Sejarah Tentang PIP Semarang

1. Tahun 1951 – 1955 bernama Sekolah Pelayaran Semarang disingkat SPS, lama pendidikan 3 tahun.

2. Tahun 1955 – 1975 bernama Sekolah Pelayaran Menengah Semarang disingkat SPm Semarang , lama pendididkan 3 tahun.

3. Tahun 1974 – 1979 bernama Pendidikan Perwira Pelayaran Besar disingkat P3B Semarang, lama pendidikan 2 ½ tahun.

4. Tahun 1979 – 1995 bernama Balai Pendidikan dan Latihan Pelayaran (BPLP) Semarang dengan progam Starta A ( setara Diploma III ) , lama pendidikan 3 tahun. Tahun 1995 meningkatkan pogam menjadi Diploma IV, lama pendididkan 4 tahun.

5. Tahun 1999 berdiri Politeknik Ilmu Pelyaran berdasarkan keputusan Menteri Perhubungan No.KM.81 Tahun 1999 tanggal 13 Oktober 1999 dan KM.70 tahun 2002 tentang Organisasi dan tata kerja PIP,dengan Progam Diploma IV,lama pendidikan 4 tahun.


Untuk Informasi lebih lanjut Tentang PIP Semarang silahkan kunjungi website resmi dari PIP Semarang http://www.pip-semarang.ac.id/profil.php

Kunjungi Tautan Berikut Untuk Mengetahui Informasi Pendaftaran di PIP Semarang : 


Tags :

Related : Tentang PIP Semarang

0 komentarmu:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :

* Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
* No SARA
* Tidak menggunakan kata yang menyinggung perasaan orang lain
* Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form