Belajar Dan Berbagi Informasi Dunia Pelayaran

Menghadapi Orang Yang Gila Keja Di Atas Kapal

Menghadapi Orang Yang Gila Keja Di Atas Kapal

Tanggung Jawab
               Sebagai pelaut, apapun jabatan yang di terima, setiap crew memiliki tanggung jawab tersendiri, biarpun kadet tetap mempunyai tanggung jawab yaitu belajar sesuai dengan tugas yang di berikan dan mengikuti peraturan yang ditetapkan oleh perusahaan. Dalam hal tanggung jawab terututama bagi perwira merupakan suatu hal yang penting dan harus di kerjakan sesuai dengan peraturan yang berlaku di atas kapal. Peraturan SMK atau sistiem menejemen kusus yang merupakan peraturan tanggung jawab yang sudah dibuat oleh perusahaan harus berjalan dengan baik agar pekerjaan dan rencana kerja teratur dengan baik dan lancar.

Kerja Keras               Setiap orang memiliki sifat masing-masing dalam mengerjakan sesuatu sesuai tanggung jawabnya masing-masing. Bagi seorang Kadet baik itu mesin maupun deck sudah barang tentu mengerjakan order atau perintah dari Perwira. Hal tersebut demi kebaikan Para kadet agar mengerti dan memahami pekerjaan maupun memahami pengoperasian dan perawatan Peralatan yang ada di atas Kapal.
              Frustasi atau bosan sangat mungkin dialami para Kadet pada masa adaptasi, biasanya kadet baru mendapatkan gemblengan berupa tes mental hal seperti itu tergantung dari crew kapal baik itu perwira maupun ABK. Perlu kesabaran ekstra apabila menghadapi crew yang killer atau galak atau bahkan pendiam tidak berkomentar dan tidak pernah melontarkan kata-kata perintah. Sesulit apapun beradaptasi diatas kapal Kadet sangat percuma karena tidak mungkin bisa lari dari kenyataan tanpa terkecuali kapal sandar atau berlabuh bisa melarikan diri apabila tidak kuat terhadap atasan. Biasanya adaptasi berkisar antara 3 sd 4 bulan. Dimasa adaptasi seuma pekerjaan terasa sangat berat kebanyakan karena belum bisa, belum tau sama sekali, tidak mau tanya pada ABK atau Perwira bahkan ada yang enggan untuk bekerja. Sebagai kadet seharusnya punya prinsip diantaranya agar membuat hati kita agak lega yaitu “ Yang Penting Tidak Merepotkan Orang Tua”. Kenapa seperti itu? Coba kalau kita misalkan harusnya kita ngadet tetapi kita dirumah saja tanpa ada pekerjaan lain, apa tidak merepotkan orang tua namanya. Jadikan pengalaman yang terpahit saat menjadi kadet demi mendapatkan manisnya menjadi perwira.

Gila Kerja
               Ada beberapa pelajaran dari orang yang gila kerja, sebenarnya bukan gila kerja kalau seseorang melakukan suatu pekerjaan samapi-sampai tidak ingat waktu atau over time. Siapa lagi kalau bukan crew kapal yang mengerjakan sedangkan kita berada di tengah laut lebih baik kita kerjakan agar cepat selesai dan kita bisa istlirahat dengan pikiran tenang. Hal seperti itu berdampak baik yaitu pekerjaan akan selesai dengan cepat mungkin. Tapi tenaga manusia itu terbatas kita butuh makan,istirahat dll. Kalau misalnya terjadi hal Emergency misalnya apa kita bisa menghadapi dengan konsen sedangkan tenaga kita terposir dengan adanya pekerjaan tadi yang harus kita selesaikan tanpa memandang waktu istirahat. Sebaik baiknya pekerjaan yang terpenting adalah kerja sama, kerja sama dan mencatat yang akan kita kerjakan dan mengerjakan apa yang kita catat. Kerja sama akan membuat ringan suatu pekerjaan jadi kita tidak usah memporsir tenaga untuk menyelesaikan pekerjaan kita sendirian, artinya kita bisa bergiliran seperti dinas jaga saja.

Motivasi Penting
             Hari minggu adalah hari libur, lebaran juga libur atau semua tanggal merah adalah hari libur, tetapi bayangkan apabila kalender itu berada di tengah laut, mungkin akan tiada gunanya hari libur dan tanggal merah karena kerusakan mungkin sekali terjadi di di waktu-waktu yang tidak bisa kita duga sebelumnya. Hari libur memang hari istirahat, tapi bukan berarti kita akan full istirahat padahal masih ada pekerjaan yang harus kita selesaikan ditambah pekerjaan itu sangat penting dan harus selesai demi kelancaran Kapal. Lalu bagaimana agar kita tetap semangat menghadapi pekerjaan pada hari libur. Yaitu dengan menganggap bahwa pekerjaan kita itu adalah hiburan yang sangat menyenangkan. Semisal ada pekerjaan mengelas pada hari minggu, anggap saja bahwa mengelas itu adalah sesuatu yang harus kita hayati dan merupakan hiburan yang sangat indah.

by : Admin

Related : Menghadapi Orang Yang Gila Keja Di Atas Kapal

0 komentarmu:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :

* Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
* No SARA
* Tidak menggunakan kata yang menyinggung perasaan orang lain
* Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form