1. Jelaskan bagaimana cara merawat bagian dari ruang palka (CARGO HOLD) berikut ini.
a. FLOOR CEILLINGS
Jawab : (pilih salah satu)
Jawaban Model-I
Bersihkan floor ceiling
Ganti bila sudah ada yang rusak atau patah
Hindari dari benturan yang keras saat pemuatan atau pembongkaran
Jawaban Model-II
Cara merawat floor ceilings :
lantai dibersihkan dari kotoran bila perlu disikat biar bersih, kemudian dicat dengan bituminus.
b. CARGO SWEAT BATTENS.
Jawab : (pilih salah satu)
Jawaban Model-I
Jika terbuat dari plat, dibersihkan lalu diketok. Kemudian dicat dengan aluminium hold paint.
Jika terbuat dari kayu, usahakan jangan sampai pecah kenah air dibersihkan dan dipernis.
Jawaban Model-II
-
Diperiksa Sweat battens,
-
Ganti sweat battens apabila terjadi kerusakan.
2. ………………
a. Apakah yang menjadi sasaran dalam sistem perawatan kapal berencana ?
Jawab : (pilih salah satu)
Jawaban Model-I
a. Membuat kapal laik laut
b. Untuk mencapai kec, kapal yang baik
c. Untuk mendapatkan load factor yang optimal
d. Untuk mendapatkan kapal yang bersih & baik
e. Untuk memperpanjang umur kapal
f. Dipercaya oleh konsumen
g. Menghemat dana perawatan
Analisa:
a. Memiliki sertifikat yg lengkap
b. Mengejar round trip
c. Memenuhi permintaan konsumen & bongkar muat
d. Agar konsumen tertarik dgn kebersihan kpl
e. Dpt menjaga umur kpl
f. Konsumen dpt percaya akan time schedule yg tepat
g. Dijaga agar tdk menunggu sampai P& P yg besar shg memboroskan dana perbaikan
Jawaban Model-II
1. Mempertahankan kapal laik laut.ANALISANYA : agar memenuhi persyaratan
Internasioanal.
2. Mempertahankan umur kapal. ANALISANYA : agar kapal dapat lebih lama
Digunakan .
3. Mempertahankan ekonomis kapal seperti kecepatan kapal dan load factor kapal .
ANALISAYA : agar supaya cepat waktu sesuai yang di tentukan .
4. Meringankan tugas perusahaan . ANALISANYA :…………………………….
5. Membiasakan nahkoda dan perwira kapal untuk bertanggung jawab .
ANALISANYA : sesuai tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.
6. Menggunakan suku cadang yang tidak terlalu mahal. ANALISANYA : mengu -
rangi biaya perusahaan .
7. Menekan biaya perawatan tidak terlalu tinggi. ANALISANYA :………………
8. Untuk memberi kenyamanan untuk konsumen . ANALISANYA : membuat -
Para konsumen puas .
9. Untuk memenuhi rencana perawatan . ANALISANYA :……………………….
10. Mengusahakan tidak terjadi kerusakan kapal . ANALISANYA : kapal selalu -
siap untuk beroperasi,menjaga mesin selalu siap .
Jawaban Model-III
1. membuat kapal laik laut
2. utk mencapai kecepatan kpl yg baik
3. utk mendapatkan load factor yg optimal
4. utk mendapatkan kapal yg bersih dan baik
5. utk memperpanjang umur kapal
6. utk dipercaya oleh konsument
7. utk menghemat dana perusahaan
Analisa
1.memiliki sertifikat yg lengkap
2.utk mengejar round trip
3.utk memenuhi permintaan konsumen dan bogkar muat.
4.agar konsument tertarik thd kebersihan kapal.
5.dapat menjaga umur kapal
6. konsumen dapat percaya akan time schedule yg tepat
7.dijaga agar kapal tdk menunggu sampai perbaikan dan perawatan yg besar sehingga memboroskan dana perusahaan
Jawaban Model-IV
1. Peralatan mana yang akan dipelihara
2. Metode / cara melakukan pekerjaan pemeliharaan dan berapa lama
3. Suku cadang, material dan alat-alat kerja yang dibutuhkan dan kapan harus tersedia.
4. Jumlah dan kualifikasi tenaga kerja yang dibutuhkan dan kapan harus disediakan.
5. Jumlah dana yang diperlukan dan kapan harus disediakan.
6. Kapan dan berapa lama perkerjaan-pekerjaan dilakukan.
Jawaban Model-V
1. Memperkecil kerusakan
2. Memperkecil beban kerja kapal
3. Operation day’s kapal besar
4. Beban biaya operasi kapal murah
b. Terangkan perencanaan persiapan, perbaikan dan perawatan dari geladak dan ruang Palka?
Jawab : (pilih salah satu)
Jawaban Model-I
1. Perencanaan :
- tanggal pelaksanaan perawatan geladak / ruang palka yang akan ditentukan sesuai masa berlaku yang ada dalam catatan
- hal-hal yang direncanakan dengan cara item-item mana perawatan geladak / ruang palka yang membutuhkan konstentrasi berat
- item-item yang masuk dalam klasifikasi dengan sejumlah item tambahan akan masuk dalam perencanaan perawatan selama periode kapal naik dock
- diperlukan pertimbangan untuk item-item pendukung
- perencanaan yang dipersiapkan sesuai dengan standar perawatan kapal
- item-item yang tidak ada pada standar perawatan kapal dan perencanaan yang telah sesuai akan dijalankan denganmengikuti petunjuk dari pabrik pembuatnya
- jatuh tempo survey-survey dari kalsifikasi dan survey statutory akan dimasukkan / dicatat
- periode untuk suatu perencanaan perawatan kapal direncanakan 2,5 tahun (30 bulan
2. persiapan perbaikan
- Lokasi/tempat perawatan dan perbaikan segera dibebaskan dari hal-hal yang tidak mendukung
- Sarana dan prasarana pendukung/menunjang telah dipersiapkan sebelumnya (material dan peralatan yang digunakan)
-
Menyediakan alat-alat safety (pelampung, rakit penolong dan pemadam kebarakaran yang dibutuhkan)
3. Perawatan
- Melaksanakan sistem perawatan berkala (setiap minggu atau bulan)
- Melakukan pemeriksaan dan pengecekan (visual)
- Melakukan dengan penggantian perbaikan, pengecatan dan pembersihan
Jawaban Model-II
Perbaikan untuk geladak :
1. Siapkan alat2 sesuai dengan kebutuhan
2. Siapkan tenaga yang profesional
3. Siapkan dana dgn cukup
4. Siapkan bahan2 utama untuk perbaikan, contoh pelat2
5. Koordinassikan perbaikan antara orang kapal (c/o) orang darat (kontraktor)
Perbaikan untuk ruang palka :
Koordinasikan perbaikan antara orang kapal/orang darat
Perawatan kapal:
1. Perlengkapan dalam keadaan baik dan siap untuk dipalka
2. Pada geladak baja karat2 diketok bila tebal, sikat, meni, dan cat
3. Diberi cat yang tahan benturan dan menghambat slip
4. Mencuci geladak dengan sabun
5. Pada geladak kayu dapat diberi plamur dan vernis
Untuk ruang palka:
1. Mempertahankan lapis pelindung bagin dalam badan palka
2. Diberi cat yang dikonversi dengan system cat yang menghambat pengaruh2 muatan yang diangkut
3. Pada kapal curah biasanya dilapisi oleh epoksi ter batu bara
4. Pada kapal angkut umum lebih banyak dipakai cat aluminum
Jawaban Model-II
Perawatan Geladak :
-
Stadium I : di lap, di cat, finishing paint.
-
Stadium II : di scrap, di sikat, di lap, di meni, finishing paint.
-
Stadium III : diketok, di scrap, disikat, di lap, di meni , finishing paint.
-
Stadium IV: di ketok pakai palu,dichipping, discrap, di lap, di meni ,finishing paint.
Perawatan Palka :
-
Bila berkarat, di ketok di scrap, di lap di meni dan finishing paint. (sesuai dgn stadium).
-
Palka di bersihkan bila selesai kegiatan bongkar, dimulai dari palka atas dan ke bawah.
-
Palka disiram dgn air laut, setelah itu dibilas dgn air tawar dan dikeringkan.
-
Got2 di bersihkan dan dikeringkan.
-
Hatch dan hatch cover diketok, di scrap, dilap dan di cat meni, finishing paint.
3. Jelaskan dengan gambar cara merawat perlengkapan pemadam kebakaran (Fire Fighting) berikut ini :
a. Fire Hose & Nozzel
Jawab:
• Setelah dipakai jgn langsung digulung/ disimpan, keringkan terlebih dahulu dengan cara digantung di udara bebas.
• Pada saat digulung jangan sampai terlipat karena akan mudah robek/bocor.
• Gulung dengan kedua ujung connection dijadikan satu sehingga mudah untuk menggunakan secara tiba2.
• Periksa jangan sampai ada yang bocor.
• Periksa klem pengikat kedua ujung fire house dengan connection rapi tidak melukai tangan.
• Nozle harus diberi grease agar tidak macet (perubahan fungsi jet dan spray)
b. Fire Hydrant
Jawab:
•Beri greasse kran / ulir valve agar tidak macet / mudah ditutup dan dibuka.
•Box fire hydrant dicat dgn warna merah dan diberi tanda huruf F dan diberi nomor sesuai tugas2 dalam fire drill.
c. CO2 Installation
Jawab:
•periksa /timbang jika berat berkurang melebihi toleransi harus diisi ulang.
•Periksa expire date masih berlaku atau tidak jika sudah expire lakukan servise agar dapat diterbitkan sertifikat baru.
•Lakukan alarm test dari pintu katup utama apakah berfungsi baik atau tidak
d. Portable Fire Extinguisher
Jawab:
•Periksa expire date pada label masing2 botol.
•periksa pin pengaman dalam keadaan benar dan baik.
•jika CO2 ditimbang bila berat berkurang dari ketentuan harus diisi ulang.
•Jika dry chemical periksa dikocok jika sudah membantu harus diganti.
•Lakukan servise tahunan untuk pembaharuan sertifikat.
Gamabar: belon boss
4. ………..
a. Terangkan persiapan untuk kapal naik dok oleh pihak kapal, pemilik kapal (owner) dan pihak dock !
Jawab: (pilih salah satu)
Jawaban Model-I
Pihak kapal:
1. Mengatur organisasi-organisasi kapal ( ABK ) selama perbaikan di dok
2. Melaksanakan mendata buruh adalah pekerja diatas kapal disesuaikan dgn tugasnya
3. Memperhatikan item2 yang akan dilaksanakan
Pihak owner:
1. Menentukan owner survey untuk mengawasi pelaksanaan dok
2. Melaksanakan tender kerja terhadap peserta tender
3. Melaksanakan tender perbaikan adalah pemuatan
4. Melakukan evaluasi terhadap hasil tender kerja dan perbaikan
5. Mengadakan klarifikasi terhadap peserta tender
6. Menunjuk pemenang tender dan membuat kontrak kerja
7. Bekerja sama dengan kapal untuk mendata pekerja diatas dok
8. Tender disesuaikan dana perusahaan yang tersedia
Pihak dok :
1. Mengikuti tender kerja dan tender perbaikan
2. Setelah ada penunjukan pemenang maka dok membuat perencanaan dok
3. Dok akan mengerjakan dok space untuk kapal yang bersangkutan
4. Bersama2 dengan owner dan kapal membuat jadwal pelaksanaan dok
5. Dok menyiapkan fasilitas untuk dok
6. Dok menyiapkan peralatan dan suku cadang yang dibutuhkan
7. Dok mengatur sub kontrak untuk mengerjakan jadwal
8. Dok melaporkan ke kapal dan owner sub kontraktor yang digunakan
Jawaban Model-II
1. PIHAK KAPAL.
PERENCANAAN:
1. Merencanakan kapal naik dock.
2. Merencanakan docking list dan repair list.
3. Merencanakan muatan untuk naik dock.
4. Merencakan surat menyurat untuk ke kantor pusat.
5. Merencakan spare part untuk naik dock.
PERSIAPAN:
1. Menyiapkan drawing kpl.
2. Menyiapkan docking list dan repair list.
3. Menyiapkan trim yg dikehendaki.
4. Menyiapkan peralatan dan spare part yg ada di kapal.
2. PIHAK PEMILIK KAPAL:
PERENCANAAN:
1. Merencakan kapal untuk naik dock.
2. Merencakan tender harga dan tender dock.
3. Merencakan peralatan dan spare part untuk dock.
4. Merencakan dana untuk dock.
5. Merencanakan schedule kapal operasi.
PERSIAPAN:
1. Menyiapkan tender harga dana atender dock.
2. Menyiapkan surat kepad dock yang ikut tender.
3. Menyiapkan surat kepada instansi yg terkait.
4. Menyiapkan instruksi ke kapal.
5. Menyiapkan schedule kapal operasi.
6. Menyiapkan dana untuk dock.
3. PIHAK DOCK.
PERENCANAAN:
1. Merencanakan ikut tender.
2. Merencanakan dock space
3. Merencanakan SDM.
4. Merencanakan peralatan dan spare part.
5. Merencanakan fasilitas dock.
PERSIAPAN:
1. Menyiapkan ikut tender harga dan dock.
2. Menyiapkan peralatan2 dan spare part.
3. Menyiapkan SDM yang dibutuhkan.
4. Menyiapkan fasilitas dock.
5. Menyiapkan surat ke instansi terkait.
Jawaban Model-III
a) Pihak kapal
· Siapkan stowage plan
· Siapkan docking list dan repair list
· Siapkan drawing yg dibutuhkan seperti docking plan
· Siapkan surat menyurat dgn owner
· Siapkan trim yg dikehendaki
b) pihak owner
· Siapkan surat menyurat dengan kapal dan dock
· Siapkan tender kerja dan tender docking
· Siapkan surat menyurat dengan perwakilan, cabang dan exporter dan importer
· Siapkan gambar2 yg dibutuhkan
· Siapkan owner surveyor
c) Pihak dock
· Siapkan ikut tender sesuai undangan owner
· Siapkan dock space yang dibutuhkan
· Siapkan peralatan dan suku cadang kapal dan sebagainya
· Hubungi kapal, owner, dan instansi tersebut dengan lapporan docking space telah siap
· Siapkan master dan crew
Jawaban Model-IV
Uraian | Perencanaan | Persiapan |
Pihak kapal | - merencanakan R/L untuk dock - merencanakan stowage plan - merencanakan SDM - merencanakan peralatan | - menyiapkan R/L - menyiapkan ABK - menyiapkan drawing - menyiapkan peralatan & suku cadang |
Pihak owner | - merencanakan jadwal dock kapal - merencanakan tender - merencanakan dana - merencanakan o/s | - menyiapkan tender - menyiapkan drawing - menyiapkan surat menyurat pada instansi terkait - menyiapkan dana - menyiapkan suku cadang |
Pihak dock | - Merencanakan ikut tender - Merencanakan dock space - Merencanakan organisasi - Merencanakan peralatan dan suku cadang | - menyiapkan dokumen untuk tender - menyiapkan dock space - menyiapkan dock master - menyiapkan peralatan dan suku cadang - menyiapkan SDM |
Jawaban Model-V
No | Uraian | Kapal |
I | PERENCANAAN | 1.R Kpl Docking 2. R. Jumlah muatan 3. R. docking list dan repairt list 4. R. Orgs kapal u/ pengawas dok 5. R. Koordinator ABK U/ pengawasan dok |
II | PERSIAPAN | 1. S Stowage Plan 2. S. Docking dan repaur list 3. S Drawimg yg dibutuhkan spr docking plan 4. S. Siapkan surat menyurat dgn owner 5. S. trim yg dikehendaki |
Owner | Dock |
1. R Kpl docking 2. R Schedule opersi kpl 3. R. tender harga dan dok 4. R dana yg diperlukan 5. R. owner survey | 1. R docking space 2. R U/ mengikuti tender 3. R orgns pelaksana dok 4. R Fasilitas yg diperlukan 5. R coordinator antara kpl, owner,dock dan instansi terkait 6. R. BK yg dibutuhka |
1. S. surat menyurat 2. S. tender harga dan docking 3. S Surat menyurat dgn pihak perwakilan, cabang, exportir &importir 4. S. gambar yg dibutuhkan 5. S. Owner survey | 1. S Ikut tender sesuai undangan owner 2. S dock space yg dibutuhkan 3. S. peralatan & sk cadang kpl tsb 4. Hubungi pihak kpl, owner dan instansi ybs dgn laporan dok space siap 5. S. dock master dan crewnya. |
Jawaban Model-VI
Pihak kapal
a. Pembagian tugas tanggung jawab pekerjaan.
b. Merencanakan kegiatan .
c. Siapkan daftar sertificate yg akan expire dan yang akan di perpanjang.
d. Menyeleksi pekerjaan yang akan di batalkan atau ada tambahan.
e. Siapkan gambar gambar yang perlu, suku cadang yang akan digunakan dan peralatan khusus.
f. Pengawasan membicarakan perencanaan kerja dengan galangan terkait.
Pihak Pemilik Kapal
a. Repair list final yang dikirim kapal.
b. Melengkapi suku cadang dan peralatan yang Dibutuhkan.
c. Menghubungi biro klasifikasi .
d. Pengawas membicarakan perencanaan
Pekerjaan dengan galangan terkait.
Pihak Dock
a. Membicarakan kapal – galangan – pengawas.
b. Tentukan pekerjaan – pekerjaan yang kritis.
c. Pasang / lengkapi alat- alat komunikasi.
d. Galangan kontak biro klasifikasi dan yang terkait lainnya.
e. Galangan siapkan alat pemadam kebakaran dan fasilitas kapal lainnya. Bila pekerjaan yang diperlukan kapal lainnya membicarakan permasalahan yang diikuti oleh manager proyek, pengawas, nakhoda, staf galangan juga melapaor perkembangan pekerjaan.
b. Jelaskan tentang keuntungan dan kerugian dari dock apung dan dock gali!
Jawab: (pilih salah satu)
Jawaban Model-I
No | Uraian | Dok Apung | Dok Gali |
01 | Investasi | menengah | tinggi |
02 | Perawatan | tinggi | rendah |
03 | Trim/E.keel | Perlu | Tdk perlu |
04 | muatan | dikurangi | Tdk perlu |
05 | jangkar | pakai | Tdk pakai |
06 | cuaca | berpengaruh | tidak |
07 | Pas. surut | Tdk diperlu | diperlukan |
08 | pintu | Tdk pakai | pakai |
09 | waktu | lama | pendek |
10 | Work shop | jauh | dekat |
11 | kran | terbatas | Tdk terbts |
12 | Jml p”kerja | banyak | sedang |
13 | Work boat | perlu | Tdk perlu |
14 | fasilitas | banyak | kurang |
Jawaban Model-II
Dock apung | Dock gali | |
1.Biaya pembuatan 2. Biaya perawatan 3. Sifat bergerak 4.Mempersiapkan dock 5. Tahan angin dan ombak 6. Kapasitas menampung kpl 7. Tekanan thd lunas kapal 8. Kedudukan 9. Pintu 10.Crane yg digunakan 11.kekedapan 12.daya tahan dock 13.trim kapal | Lebih murah Lebih mahal Dapat berpindah Cepat Berpengaruh Dpt diperbesar Tdk sama besar Disembarang tempat Tdk pakai pintu Crane ringan Tdk perlu kedap air Tidak tahan lama Tdk perlu even keel | Mahal Lebih murah Tetap Lambat Tidak Tidak dapat di perbesar merata Di tanah keras Pakai pintu Crane berat Harus kedap air Tahan lama Even keel |
Jawaban Model-III (tambahan dock miring)
Dock apung | Dock gali | Dock miring | |
1. Biaya pembuatan 2. Biaya perawatan 3. Sifat bergerak 4. Mempsiapkn dock. 5. Tahan angin dan ombak 6. Kapasitas menampung kpl 7. Tek. Terhdp lunas kapa 8. Kedudukan 9. Pintu 10. Crane yg di gunakan 11. Kekedapan 12. Daya tahan dock 13. Trim kpl masuk 14. Rel dan roda | Lebih murah Lebih mahal Berpindah Cepat Berpengaruh Dapat diperbesar Tdk sama besar Disembarang tempat Tdk pakai Crane ringan Tdk perlu kedap air Tdk tahan lama Even keel Tdk pakai | Mahal Murah Tetap Lambat Tdk berpengaruh Tdk dpt diperbesar Sama besar Di tanah keras Pakai pintu Crane berat Harus kedap air Tahan lama Even keel Tdk pakai | Murah Murah Tetap Lambat Tdk berpengaruh Tdk dpt diperbesar Sama besar Tdk sembarangan Tdk pakai Crane berat Tdk perlu kedap air Tahan lama Tdk even keel Pakai & perlu perbaikan |
Jawaban Model-IV (tambahan dock miring)
Uraian | Dock Apung | Dock Gali | Dock Miring | |
1. | Biaya pembuatan | Lebih murah | Lebih mahal | Lebih murah |
2. | Biaya perawatan | Lebih mahal | Lebih murah | Lebih murah |
3. | Sifat bergerak | Dapat berpindah-pindah | Diam/tetap | Diam/tetap |
4. | Mempersiapkan dock | Lebih cepat | Lebih lambat | Lebih lambat |
5. | Tahan angin dan ombak | Berpengaruh | Tidak berpengaruh | Tidak berpengaruh |
6. | Kapasitas menampung kapal | Dapat diperbesar | Tidak dapat diperbesar | Tidak dapat diperbesar |
7. | Tek. Terhadap lunas kapal | Tidak sama besar | Semua bisa | Semua bisa |
8. | Kedudukan | Bisa sembarang tempat | Tidak sembarangan (tanah keras) | Tidak sembarangan |
9. | Perbaikan | Dapat diganti perseksi | Tidak dapat diganti | Tidak menggunakan seksi |
10. | Pintu | Tidak pakai pintu | Pakai pintu | Tidak pakai pintu |
11. | Kekedapan | Tidak perlu kedap air | Harus kedap air | Tidak perlu kedap air |
12. | Krane yang digunakan | Krane ringan | Crane berat | Crane berat |
13. | Trim kapal masuk | Tidak perlu even keel | Diusahakan even keel | Tidak perlu even keel |
14. | Daya tahan dock | Tidak tahan lama | Tahan lama | Tahan lama |
15. | Rel dan roda | Tidak pakai | Tidak pakai | Pakai dan perlu perbaikan |
0 komentarmu:
Post a Comment
Tata Tertib Berkomentar :
* Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
* No SARA
* Tidak menggunakan kata yang menyinggung perasaan orang lain
* Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form