Belajar Dan Berbagi Informasi Dunia Pelayaran

Mengenal Jenis Jenis Peta Laut

Mengenal Jenis Jenis Peta Laut, Peta adalah proyeksi bumi atau sebagian dari muka bumi yang digambarkan di atas bidang datar. Pengertian map lebih menjurus pada keadaan umum, keadaan daratan dan batas-batasnya dilihat dari sudut politis, sedangkan suatu peta akan lebih mementingkan hal-hal serta keterangan-keterangan yang dibutuhkan oleh seorang navigator untuk dapat menentukan posisi, jarak, haluan serta halhal lain demi keselamatan atau keamanan navigasi. 

Peta-peta diterbitkan menurut sifat pemakaiannya, misalnya peta untuk penerbangan (aeronautical chart), peta laut (nautical chart), peta cuaca (weather chart), peta bintang (star chart) dan lain-lain. Untuk keperluan pelayaran di laut dipakailah peta laut.

Mengenal Jenis Jenis Peta Laut


  1. Skala ukuran kecil : meliputi daerah yang luas. 
  2. Skala ukuran besar : meliputi daerah yang sempit. 
Sedangkan menurut luas daerahnya peta laut dapat dibagai menjadi : 

  1. Peta ichtisar adalah peta-peta yang menggambarkan daerah-daerah yang luas pada skala kecil, terutama untuk memberikan variasi arus, angin dan lain-lain 1 : 3.000.000
  2. Peta haluan / peta perantau merupakan peta-peta dengan skala yang besar dipergunakan untuk pelayaran pada jarak jauh dari daratan 1 : 500.000 sampai dengan 1 : 1.000.000
  3. Peta pantai adalah peta-peta dengan skala yang lebih besar, digunakan untuk navigasi sepanjang pantai 1 : 100.000 sampai dengan 1 : 500.000
  4. Peta penjelas adalah peta-peta bagi navigasi di air pelayaran yang sulit 1 : 25.000 sampai dengan 1 : 100.000 
  5. Peta rencana adalah peta-peta untuk menyinggahi bandar-bandar, pelabuhanpelabuhan 1 : 10.000 sampai dengan 1:25.000
Skala peta Skala peta adalah perbandingan dari satu satuan panjang di peta terhadap panjang sebenarnya. Untuk menyatakan skala ada beberapa cara yang dipakai dan yang paling sering dipakai adalah : 
  1. Skala umum (natural scale) misalnya 1 : 80.000 artinya satu satuan panjang di peta , 80.000 di bumi. 
  2. Skala angka (numerical scale), misalnya 1 cm di peta = 10 km pada keadaan yang sebenarnya. 
  3. Skala grafik (graphical scale). Di peta sering terdapat sebuah garis yang mempunyai pembagian dalam ukuran mil, yard, kaki, kilometer, meter. Jarak-jarak di peta ini dapat diukur dengan memakai satuan-satuan pada garis tersebut.
Mengenal Jenis Jenis Peta Laut

Syarat-syarat umum peta laut
  1. Bagian laut, harus berisi semua bahaya-bahaya yang ada, dan gambaran yang dapat dipercaya mengenai dalamnya air dan garis-garis dalam.
  2. Arah-arah dan jarak-jarak harus dinyatakan sedemikian, sehingga navigasi dapat diselenggarakan dengan seksama. 
  3. Terutama angka-angka dalam harus ada serta menyatakan dalam yang terkecil di perairan-perairan. Juga dalam-dalam yang terbesar adalah penting pula berkenaan dengan penampang dasar laut, khusus untuk memilih tempat berlabuh. Untuk kepentingan tersebut disamping penentuan tempat kapal maka jenis tanahpun harus pula dinyatakan secukupnya.
  4. Suar-suar, pelampung-pelampung, perambuan-perambuan, garis-garis haluan dan garis-garis penuntun, tempat berlabuh harus ditulis di peta.
  5. Bagian daratan, hendaknya tidak hanya menunjukkan bentuk dan garisgaris pantai saja, tetapi harus juga dapat menyatakan apakah daratan itu rata, berbukit-bukit, curam ataupun bergunung-gunung, sedangkan batas antara susunan tersebut harus nampak dengan jelas.
  6. Titel peta harus menyatakan daerah yang digambarkan. Di dalam titel itu disebutkan skalanya, ukuran-ukuran dengan mana dalam-dalam dan tinggi gunung ditentukan, sampai bidang mana dalam itu disurutkan dan jika perlu jarak antara bidang itu (chartdatum) dengan bidang duduk menengah (mean level), nama kapal dan tahun perpetaan.
  7. Bulan dan tahun penerbitan, atau cetakan ulang tercantum di bagian bawah dan sampai tanggal berapa peta itu terakhir diperbaiki. 
Mengoreksi Peta (menggunakan BPI)
  1. Apabila ada beberapa peta yang harus dikoreksi, maka peta dengan skala yang terbesar harus didahulukan. Dalam hal ini koreksi hanya satu akan tetapi meliputi beberapa peta dengan skala yang berbeda-beda.
  2. Dalam memasukkan tambahan-tambahan atau koreksi-koreksi pada peta-peta dengan ukuran skala besar, maka simbol-simbol serta singkatan-singkatan dari peta No. 5011 atau peta No. 1 harus digunakan.
  3. Apabila dalam mengoreksi penerangan-penerangan terlalu banyak perobahan yang harus dilakukan, maka sesuai dengan skalanya, perobahan-perobahan itu dapat dipersingkat dengan mengurangi koreksi-koreksi itu menurut aturan : a. tinggi di permukaan laut b. periode c. nomor dalam kelompok d. jarak nampak.
  4. Untuk peta-peta samudera, hanya suar yang mempunyai jarak nampak 15 mil dan yang lebih dimasukkan. Selain dari jarak nampak, yang perlu lagi hanya warna dan sifatnya.
Katalog dari peta laut : 

British Admiralty (BA) menerbitkan setiap tahun dan berisi nama, seri nomor, harga dan lain-lain dari segala macam peta laut, begitu juga daftar dari penerbitan-penerbitan navigasi yang berguna bagi pelaut. Katalog ini merupakan suatu buku dan khusus mengenai peta laut, terdapat indeks peta dari A sampai W, yang meliputi seluruh dunia. Indeks ini akan menunjukkan daerah-daerah dimana kita berada dan setelah itu kita menemukan daerah yang kita maksudkan (misalnya indeks K), maka pada daerah ini kita dapat melihat peta-peta mana yang kita butuhkan. 

Folio dari Peta 
Folio dari peta akan memberikan suatu kumpulan atau seri peta-peta yang lengkap dari suatu daerah tertentu atau suatu bagian dunia ini dengan batasbatas geografi yang tertentu. Setiap folio mempunyai nama serta seri nomornya dan selain itu terdapat pula daftar dari folio tersebut yang berisi nomor dan nama dari peta-peta yang terdapat di folio itu. Oleh BA dunia ini dibagi dalam 100 folio dan diberi nomor dari 1 sampai dengan 100. 

Muka Surutan Peta (Chart Datum). 

Muka surutan peta adalah muka air sampai dimana dalam-dalamnya air disurutkan. Dari sinilah dalam-dalamnya air diukur. Jadi dalam air di peta tidak pernah lebih kecil dari dalam air sesungguhnya. Maksud utama ialah supaya ketenangan pelaut tetap terjamin mengenai dalam-dalamnya air terutama di pelabuhan. Pada peta Indonesia dalam-dalam disurutkan sampai rata-rata air yang terendah diambil tiap setengah tahun. Dalamnya air dihitung dalam meter. Tinggi-tinggi benda di darat dihitung dari muka air tertinggi dan dinyatakan dalam meter. Garis dalamnya air ialah garis yang menghubungkan tempattempat yang dalamnya sama.

Mengenal Jenis Jenis Peta Laut

Tags :

Related : Mengenal Jenis Jenis Peta Laut

0 komentarmu:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :

* Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
* No SARA
* Tidak menggunakan kata yang menyinggung perasaan orang lain
* Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form