Belajar Dan Berbagi Informasi Dunia Pelayaran

Apa Saja Persiapan Kadet Sebelum Naik Kapal

Apa Saja Persiapan Kadet Sebelum Naik Kapal?

Cadet merupakan bahasa inggris yang berarti Taruna atau calon Perwira, dalam akademi militerpun para Taruna disebut sebagai cadet, namun yang akan di bahas dibwah ini adalah cadet Pelayaran, bisa juga dari akademi pelayaran atau bisa juga smk pelayaran. semua sama saja akan menjadi cadet. Perlu kita ketahui sehubungan dengan tugas cadet yaitu belajar diatas kapal namun lebih penting lagi merujuk pada belajar menempatkan diri, dalam arti sebelum menjadi perwira begitulah rasanya menjadi bawahan, begitulah kerja yang sebenarnya diatas kapal, kadang kapal seorang cadet harus ikut ke masinis satu, disitulah kesempatan belajar menempatkan diri menjadi masinis satu, dan seterusnya.seperti yang kita tau bahwa cadet dibagi sesuai dengan jurusan masing-masing yaitu :
  1. Engine Cadet
  2. Deck Cadet
Engine Cadet adalah Cadet mesin, yaitu calon perwira mesin, cadet mesin bertanggung jawab belajar tentang permesinan yang ada di kamar mesin sesuai perintah yang ada di CRB ( Cadet Record Book ) dari masing-masing lembaga diklat. Yang bertanggung jawab terhadap Cadet mesin adalah Masinis 1,(First Engineer). jadi keputusan baik buruknya nilai seorang cadet biasanya tergantung pada masinis satu.


Deck Cadet adalah Cadet bagian deck, ini sama artinya dengan calon mualim, atau perwira deck, tugas dan tanggung jawab cadet deck yaitu belajar mengenai tata cara mengemudikan kapal dan belajar mengoperasikan peralatan navigasi, dan banyak lagi yang ada hubungannya dengan nautik department.

Persiapan Cadet Sebelum Mencari Kapal Untuk Prola

Setelah kita tau bahwa tugas dan tanggung jawab seorang cadet pada umumnya adalah belajar, tentunya kita harus mempersiapkan segala sesuatu yang menunjang atau yang mendukung seorang cadet untuk belajar di kapal. Persiapan mental dan fisik memang menjadi bahan utama seorang cadet. fisik yang lemah bisa mengakibatkan seorang cadet drop dan akhirnya dikembalikan oleh perwira ke perusahaan. Mental juga sangat mempengaruhi, Cadet sangat memerlukan mentality yang kuat karena dimungkinkan menghadapi tekanan pada saat awal naik kapal, maka dari itu mental juga harus kuat. Kekuatan mental biasanya tergantung pada didikan awal pada lembaga diklat masing-masing.

Lalu apa saja yang harus disiapkan oleh cadet selain mental dan fisik ?

Kelengkapan Dokumen atau Sertifikat Diklat, Dokumen yang harus dimiliki seorang kadet antara lain :
  1. SIB ( Surat ijin berlayar )
  2. SKL Pra ( Surat Keterangan Lulus Ujian Pra Prala)
  3. Surat Pengantar Prola dari dari Lembaga diklat
  4. Buku Pelaut yang masih Kosong ( Belum ada pengalaman berlayar)
  5. Sertifikat diklat lainya yaitu BST, SCRB, MEFA, AFF, TF (Lebih banyak banyak srtifikat lebih baik)
  6. Ijasah Dari sekolah
  7. Transkrip Nilai
  8. Buku saku Prola
  9. CRB ( Cadet Record Book)
  10. Condite ( Daftar pengisian nilai yang harus di isi oleh Perwira)
Semua dokumen diatas merupakan dokumen yang sangat penting sebagai persiapan untuk berlayar, / naik kapal Prola. dokument tersebut di foto copy sebagai modal persyaratan untuk melamar menjadi cadet di berbagai perusahaan.

Adapun dokumen penunjang lainya yang juga dibutuhkan yaitu :
  1. Surat lamaran cadet ( untuk melamar menjadi cadet anda bisa mendownloadnya di Download CV)
  2. Curriculum Vitae ( daftar riwayat hidup)
  3. Pasport ( Cadet juga butuh pasport dimana pasport sebagai identitas ketika kapal berlayar ke luar negeri, ini untuk menjaga apabila perusahaan yang dilamar membutuhkan kadet yang mempunyai pasport, jadi tidak usah repot-repot membuat apabila sudah persiapan dari awal.
Selain Kelengkapan dokumen seperti yang telah diterangkan diatas Seorang cadet juga harus memperhatikan peralatan-peralatan belajar diatas kapal, baik untuk kadet deck maupun cadet mesin. Peralatan belajar antara lain sebagai berikut :
  1. Alat tulus Bolpoint dan pensil
  2. Penghapus / Tipe X
  3. Penggaris
  4. Buku Tulis bisa juga buku agenda
  5. Buku Tulis besar apabila mencatat hal-hal yang penting dan perlu digambar
  6. Kertas Folio bergaris ( Ini juga kadang diperlukan untuk membuat laporan misalnya)
  7. Jangka 
Keselamatan Kerja

Seorang Cadet sudah pasti ikut bekerja, baik Cadet Deck maupun Cadet Mesin sudah sewajarnya bekerja bekerja bukan berarti sudah menjadi pekerja seperti lainya, karena di kapal itu, semua pelajaran yang di dapatkan oleh Cadet melalui Praktek jadi Cadet juga ikut dalam pekerjaan agar tau dan bisa mempraktekan ketika menjadi perwira. Peralatan Kerja yang sangat vital dan harus punya Diantaranya :
  1. Wear Pack ( Bisa di beli di toko-toko baju atau penjual wearpak ) biasanya Perusahaan menyediakan namun alangkah baiknya mempunyai sendiri agar bisa digunakan untuk gantian.
  2. Sepatu Safety ( ini sangat penting karena menjaga dan mempermudah pekerjaan dengan menggunakan sepatu safety.
  3. Helm Pekerja, ini juga penting sebagai pelindung kepala namun biasanya sudah dipersiapkan oleh perusahaan di setiap kapal.
Obat-Obat Yang perlu dibawa
Setiap manusia bisa saja terkena musibah yang tidak dinginkan sama sekali namun tidak ada salahnya kita menyiapkan apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan tersebut semisal sakit, pusing atau yang lain. perlu diingat bahwa di kapal tidak ada dokter umum tidak seperti didarat, adapun kotak P3K . tidak ada salahnya seorang cadet menyediakan Obat-obatan yang memang penting antara lain :
  1. Pamol atau parasetamol contoh mixagrip, panadol dll sesuai dengan kecocokan, ini adalah obat untuk demam dan pilek
  2. Betadine digunakan untuk membersihkan luka dan menjaga luka agar tidak inveksi
  3. Kapas untuk melindungi luka dilengkapi dengan sejenis handsaplas
  4. Acyclovir berbentuk salep dan tablet digunakan untuk menyembuhkan virus harpes atau bahasa jawa ( dampa ) 
  5. Antibiotik ( Amoxilin) juga bisa digunakan untuk demam dan pilek 
  6. Suplemen makanan seperti serebrofit atau yang lainya untuk menjaga stamina, hindari suplemen instan seperti Extra joss atau yang lainya ditakutkan berbahaya bagi kesehatan
  7. obat obatan lain sesuai keperluan kecuali narkoba

Tips-Tips Pertama Naik Kapal

Perkenalan
Bagi yang pertama naik kapal, akan terasa asing dan perlu diketahui sebagai orang baru diatas kapal apalagi sebagai cadet harus melapor ke perwira Terutama Captain Baik untuk cadet deck maupun cadet mesin wajib melapor ke kapatain dengan menunjukan mutasi ON dari perusahaan. carilah kamar kaptain terlebih dahulu atau bertanyalah pada siapa saja yang di temui diatas kapal. biasakan memanggil mas/atau pak dan ajaklah bersalaman apabila baru bertemu dan kenalkan bahwa anda itu cadet. Setelah melapor ke Captain laporan ke masing-masing perwira jika anda seorang kadet deck laporlah ke Chief Oficer perkenalkan bahwa anda adalah cadet baru dan tunjukan mutasi ON dari perusahaan, begitu juga dengan cadet mesin harus melapor pada masinis satu. 

Sediakan Pertanyaan
Sediakan buku skripsi yang berisi pertanyaan yang nantinya akan ditanyakan apabila ada waktu luang kepada perwira, biasanya pertanyaan sudah ada di CRB atau membuat pertanyaan sendiri juga lebih baik. Tanyakan apa yang perlu dan usahakan topik sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing perwira.

Jaga Sikap
Sorang Cadet seharusnya menjaga sikap, ingat bahwa anda adalah jabatan terendah diatas kapal, Cadet sama dengan taruna belajar jadi harus menghargai yang diatasnya meskipun itu adalah ABK. Bersikaplah sebagai seorang taruna yang berkeinginan besar menuntut ilmu diatas kapal

Catat Kerjakan dan Kerjakan Dan Catat
ini adalah prinsip kerja ISM code dimana Perwira harus mencatat pekerjaan yang belum di kerjakan ( rencana kerja ) Kerjakan dan catat berarti semua pekerjaan yang telah dikerjakan harus dicatat sebagai laporan ke perusahaan atau sebagai bahan pertimbangan apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. dari sini cadet bisa mencontih prinsip yang diterapkan oleh ISM Code diatas tadi, sebaiknya seorang Cadet hendak mecatat apa yang harus dia kerjakan atau pertanyakan dan mencatat jawaban dari perwira baik itu teoritis maupun praktek.

Tidak Foya-Foya
Berperilakulah seperti cadet pada umumnya yang menggunakan keuanganya dengan baik, memanage keuangan sangatlah penting bagi seorang cadet karena gaji seorang cadet tidaklah seperti perwira bahkan kadang lebih rendah dari ABK, perlu diingat bahwa masih banyak yang perlu diperjuangan dan membutuhkan uang setelah turun kapal

Tidak Banyak Tanya
Perwira sangat benci sekali kepada cadet yang banyak tanya namun sedikit bekerja, jadi tanyakan apa yang perlu saja dan carilah waktu yang tepat untuk bertanya, misal pada saat jam istirahat atau waktu luang lainya yang memungkinkan. Hindari bertanya tentang pelajaran pada jam sibuk, kecuali memang tidak tau harus mengatakan bahwa tidak tau. atau belum tau.

Demikian hanya itu yang bisa disampaikan, kurang lebihnya silahkan di tanyakan dan dikoreksi secara bijak. thnks

Demikian diatas adalah tips-tips dan persiapan menjadi cadet di kapal pada artikel berikutnya akan membahas tentang tips-tips mencari perusahaan kapal tunggu saja :D

Tags :

Related : Apa Saja Persiapan Kadet Sebelum Naik Kapal

0 komentarmu:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :

* Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
* No SARA
* Tidak menggunakan kata yang menyinggung perasaan orang lain
* Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form