Belajar Dan Berbagi Informasi Dunia Pelayaran

Persiapan Menjadi Cadet yang Baik

Cadet adalah mahluk paling jelek di atas kapal, hal ini bukan masalah kejelekan wajah atau apapun mengenai perilaku taruna yang akan naik kapal Prala atau yang disebut dengan Cadet. Sebenarnya arti dari kata Cadet adalah Tarunia maupun Taruni itu sendiri. Kenapa kok saya mengatakan bahwa cadet itu mahluk paling jelek di atas kapal?
         Ya karena Saya mengalami sendiri masalah ini, maka dari itu kita harus punya persiapan mental dan fisik untuk menghadapi perwira maupun abk yang akan kita temui di atas kapal nanti, Haruskah kita takut menjadi kadet? Ohhh tidak bisa.... kita itu ingin menjadi pelaut beneran atau hanya formalitas, kenapa harus takut kalau memang prosedurnya seperti itu, selain itu toh kita gak mau kan di bilang taruna cemen,,,lalu apa saja persiapan menjadi cadet itu sendiri ?
        Secara mental kita harus siap menghadapi perwira ataupun Abk yang marah, caci maki, di suruh sana sini bahkan kadang gak ada gunanya dll yang jelek2 tanpa terkecuali misal ada kekerasan dll. untuk menghadapi hal seperti ini kita harus punya mental yang tebal, artinya setiap marahan mereka setiap suruhan yang mereka inginkan dalam hal kebaikan adalah motifasi bagi kita untuk maju yaitu tidak lain untuk menjadi pelaut yang handal. yah..lebih baik kita di caci maki tapi posisi kita sudah ada di kapal, berarti posisi kita sudah aman, karena kita calon perwira. Bayangkan begitu banyaknya setelah lulus sekolah mereka menganggur, Kita juga mengalaminya ketika kita sedang menunggu pengumuman ujian misalnya. intinya dalam persiapan mental kita berfokus pada tujuan utama,,,setiap siapapun yang baru naik kapal pasti dia harus belajar lagi dari awal, apalagi kelasnya cadet yang tidak lain bertanggung jawab atass belajar di atas kapal,itulah tujuan utama kadet. 

          Persiapan secara fisik antara lain, kesehatan. Kesehatan sudah pasti merupakan hal utama karena kita butuh fisik yang sehat untuk bekerja di atas kapal. Manfaatkanlah waktu luang di rumah untuk olah raga sebelum naik kapal / menjadi cadet.Selain fisik yang sehat juga harus ada persiapan sebagai pelajar yang baik di antaranya Buku Dokumen Yang sekiranya penting, alat tulis lebih baik lengkap, buku kecil atau buku saku agar mudah untuk mencatat hal-hal yang belum tau, werpak, pakaian kerja, sepatu safety, alangkah baiknya kita membawa sendiri walaupun kadang di beri oleh perusahaan. sendal karet, buku pelajaran,kamera bila perlu untuk merekam kejadian yang dianggap penting. banyak lagi sebenarnya untuk persiapan fisik kita. tidak lain adalah semangat untuk menjadi yang terbaik terutama untuk orang tua kita dan perusahaan dan orang lain tentunya. persiapan menjadi cadet adalah hal yang penting buat kita calon perwira... semangatlah oke

Tags :

Related : Persiapan Menjadi Cadet yang Baik

0 komentarmu:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :

* Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
* No SARA
* Tidak menggunakan kata yang menyinggung perasaan orang lain
* Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form