Belajar Dan Berbagi Informasi Dunia Pelayaran

10 Peralatan Keselamatan Kerja di Kapal Yang Wajib Kalian Ketahui

 10 Peralatan Keselamatan Kerja di Kapal Yang Wajib Kalian Ketahui



Keselamatan kerja adalah kondisi yang aman dan kondusif dalam lingkungan kerja apalagi bagi seorang bagi pelaut yang profesional saat bekerja di atas kapal. perusahaan atau pemberi kerja perlu mengikuti sejumlah prinsip dan juga  memastikan bahwa crew mereka mengikuti prosedur keamanan pribadi dan aturan semua operasi yang ada diatas kapal


Dalam mewujudkan K3, langkah awal yang wajib di ketahui yaitu memastikan bahwa seluruh crew kapal memakai peralatan pelindung pribadi mereka dibuat untuk berbagai macam jenis pekerjaan yang dilakukan pada kapal.

Gak Mau dong terjadi apa apa apalagi yang belum memiliki istri dan anak Jadi patuhi terus penggunaan K3 nya, ya.. inget nama anak


Berikut ini adalah peralatan dasar pelindung diri yang harus ada disebuah kapal untuk menjamin keselamatan pekerja.


1. Memakai Pakaian Pelindung.

Alat pelindung ini berguna untuk melindungi tubuh pekerja dari bahan-bahan yang berbahaya semisal terkena percikan minyak panas, tergores benda tajam, percikan pengelasan dan hal lainnya yang bisa membahayakan tubuh.


2. Memakai Helm Safety

Bagian paling penting dari tubuh ialah bagian kepala. Maka dari itu di perlukan perlindungan terbaik untuk kepala salah satunya yaitu dengan menggunakan helm Safety. Alat ini berguna melindungi kepala dari kejatuhan benda tajam, keras dan lainnya.


3. Memakai Sepatu Safety

Umumnya ruang internal kapal berisikan benda tajam serta mesin-mesin yang terbuat dari bahan logam keras. Dengan menggunakan sepatu Safety, kaki pun akan terlindungi dan berjalan pun tidak akan canggung.


4. Sarung Tangan Safety.

Semua awak yang berada di kapal mesti menggunakan sarung tangan Safety, sebab alat ini akan melindungi tangan dari panasnya mesin, benda tajam ataupun benda lainnya yang bisa mencederai tangan. Apabila tangan awak luka tentu kinerjanya tidak akan maksimal.


5. Memakai Goggles

Bagian paling sensitif dari tubuh ialah mata. Alat pelindung diri goggles berfungsi untuk melindungi mata dari benda tajam, ataupun benda lainnya.


6. Memakai Ear plug

Di dalam ruang mesin kapal menghasilkan suara sekitar 110 hingga 12 db. Nilai tersebut merupakan frekuensi udara yang amat tinggi untuk telinga. Bahkan hanya beberapa menit saja bisa mengakibatkan sakit kepala, iritasi, serta gangguan pendengaran. Ear plug akan melindungi telinga terhadap suara keras.


7. Menggunakan Safety Harness

Di dalam kapal terdapat sejumlah perbaikan baik itu di dasar maupun di permukaan yang tinggi. Untuk menghindari supaya tidak terjatuh dari area perbaikan yang tinggi tersebut mesti menggunakan Safety Harness. Alat ini berguna sebagai pelindung jatuh sewaktu berada di ketinggian.


8. Welding perisai

Pengelasan merupakan kegiatan yang umum dilakukan di kapal untuk sejumlah perbaikan. Welding perisai ini berguna untuk melindungi mata dari kontan langsung dengan sinar ultraviolet yang berasal dari percikan las.


9. Masker

Kan karbon yang melibatkan partikel berbahaya dan menor yang berbahaya bagi tubuh manusia jika terhirup secara langsung, untuk menghindari masker wajah digunakan sebagai perisai dari partikel berbahaya.


10. Chemikcl Suit

Bahan kiami di atas kapal sangat sering digunakan dan beberapa bahan kimia sangat berbahaya bila berkontak langsung dengan kulit manusia, Chemical suit digunakan untuk menghindari situasi seperti itu.


Jadi, pastikan Anda memiliki pemahaman yang baik tentang keselamatan dan kesehatan kerja agar dapat bekerja dengan aman. Selain itu, memiliki asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan terbaik agar Anda dapat bekerja dengan tenang, aman, dan nyaman.


Terimakasih Salam Sukses Untuk Para Pelaut Indonesia 

Related : 10 Peralatan Keselamatan Kerja di Kapal Yang Wajib Kalian Ketahui

0 komentarmu:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :

* Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
* No SARA
* Tidak menggunakan kata yang menyinggung perasaan orang lain
* Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form