Belajar Dan Berbagi Informasi Dunia Pelayaran

Masih Pakai Absen Manual? Udah Gak Zaman, Waktunya Absen Pakai Aplikasi


Ada banyak cara yang dapat dilakukan perusahaan dalam menerapkan sistem absensi. Mulai dari cara manual, penggunaan mesin fingerprint, hingga yang terbaru adalah menggunakan aplikasi berbasis online Hadirnya aplikasi absensi berbasis online tersebut cukup menarik perhatian perusahaan dan menjadi sistem absensi paling efesien. 
Di era modern ini, banyak hal yang mulai bergeser ke arah digital. Salah satunya sistem absensi karyawan di perusahaan. Sudah tidak zaman lagi karyawan harus antri dengan karyawan lain untuk menulis daftar hadir di buku. Bayangkan, jika banyak karyawan datang di jam yang sama, maka antrian akan membuat karyawan yang mendapatkan antrian terakhir kehilangan waktu produktifnya untuk hal lain, karena mengantri absensi. 
Kini saatnya berpindah menggunakan absensi berbasis online yang bisa diakses oleh setiap karyawan melalui smartphonenya masing-masing. Apa sih keuntungan menggunakan aplikasi sistem online untuk absensi karyawan? Simak ulasannya berikut ini!


1. Proses Rekapitulasi Data Menjadi Lebih Mudah dan Cepat 
Adanya aplikasi tersebut membuat perusahaan mendapatkan kemudahan dalam melakukan rekapitulasi data. Mengapa demikian? Karena data absensi yang terinput dalam database sistem dapat diketahui secara langsung oleh perusahaan. Hal ini akan memudahkan perusahaan merekap data absensi karyawan dengan cepat dan mudah.

2. Meminimalisir Kecurangan
Dalam sistem absensi manual kerap terjadi kecurangan dengan istilah “titip absen”. Karyawan yang datang telah meminta rekan kerjanya untuk menuliskan namanya seolah-olah telah datang ke kantor, sehingga tidak ketahuan telat. Hal ini biasanya dimaksudkan untuk menghindari pemotongan gaji akibat keterlambatan datang. Namun, dengan penggunaan sistem absensi online ini tidak akan ada lagi kecurangan yang dilakukan karyawan. Aplikasi yang digunakan sudah dilengkapi dengan deteksi waktu dan GPS yang bisa melacak keberadaan. 

3. Menghemat Pengeluaran untuk Membeli Mesin Fingerprint 
Jika perusahaan harus memasang mesin fingerprint tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tak hanya pemasangan, namun butuh biaya untuk perawatan berkala dan service jika mengalami error. Perusahaan dapat menghemat pengeluaran biaya pengadaan mesin fingerprint jika menggunakan sistem absensi berbasis online.  Perusahaan hanya membutuhkan komputer dan jaringan intenet untuk mengakses database absensi karyawannya. Sementara, karyawan bisa melakukan absensi dengan melalui perangkat smartphone yang sudah di install aplikasi absensi. 

4. Data Lebih Akurat
Terakhir, penggunaan aplikasi absen karyawan akan membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan dengan tepat karena data yang dihasilkan lebih akurat. Hal ini berkaitan dengan waktu kehadiran karyawannya. Penggunaan sistem absensi online ini memudahkan perusahaan melihat secara detail waktu kehadiran dan kepulangan karyawannya. Sehingga perusahaan dapat menentukan karyawan yang layak diberikan penghargaan atau bonus dan karyawan yang berhak mendapatkan teguran atau sanksi karena korupsi waktu. 
Nah, itulah alasan mengapa sudah tidak zaman lagi menggunakan absensi sistem manual. Saatnya menggunakan sistem absensi berbasis aplikasi online yang lebih mudah, efisien, dan akurat. 
Aplikasi absen dari LinovHR dapat membantu anda mendapatkan semua manfaat yang telah dijabarkan sebelumnya, Dengan aplikasi absensi LinovHR manajemen dapat menghasilkan laporan timesheet absensi dengan akurat, tepat dan cepat, hal ini akan membuat tim HR mampu melakukan penilaian kinerja karyawan dengan tepat, berdasarkan data absensi yang mereka miliki. 
Segera dapatkan ujicoba gratis aplikasi absensi online LinovHR melalui Link berikut ini -> https://www.linovhr.com/aplikasi-absensi/

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Masih Pakai Absen Manual? Udah Gak Zaman, Waktunya Absen Pakai Aplikasi

0 komentarmu:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :

* Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
* No SARA
* Tidak menggunakan kata yang menyinggung perasaan orang lain
* Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form