Belajar Dan Berbagi Informasi Dunia Pelayaran

Merawat Radio HT Jangan Asal, Kamu Cari Tahu Dulu Caranya

Merawat Radio HT Jangan Asal, Kamu Cari Tahu Dulu Caranya


Keberadaan radio HT di hampir semua acara kegiatan atau tempat kerja memang sudah cukup vital. Satpam penjaga gedung kantor atau mall dan teknisi bangunan atau pabrik membutuhkan handy talkie sebagai alat komunikasinya karena alatnya yang sangat gampang dipakai dan lebih praktis juga.

Meski sudah ada HP atau smartphone, HT tetap menjadi alat komunikasi yang sangat penting banget. Karena sangat penting, kamu juga harus tahu cara merawatnya yang benar baik itu kamu menyewanya atau membelinya.

Cara Merawat Baterai Handy Talkie

Tanda adanya baterai, handy talkie kamu tidak akan bisa digunakan, karena semua peralatan elektronik membutuhkan baterai sebagai jantung untuk menghidupkan alatnya. Sama seperti peralatan elektronik lainnya, kamu juga harus menjaga daya tahan baterai radio ht kamu agar bisa awet memakainya.

Kamu juga harus tahu. Kamu tidak boleh asal merawatnya karena baterai HT cukup sensitif dan gampang rusak kalau kamu tidak menjaganya dengan benar. Kamu yang menggunakan handy talkie yang baterainya bisa di charge, baterai yang dipakai rata-rata sudah berjenis Lithium Ion.

Sebenarnya karakteristik dari jenis itu sangat menguntungkan, seperti lebih awet, mengisinya cepat, dan tidak ada sama sekali memory effect. Tapi ada kekurangan yang harus kamu pikirkan, yaitu siklus penggunaannya hanya bisa sampai 1 tahun saja.

Jadi, usahakan kamu jangan mengisinya sampai over charge dan jangan sampai mati dulu baru kamu mulai mengisinya. Kalau kamu membiasakan melakukannya, baterai radio HT kamu akan cepat rusak dan kamu harus menggantinya lagi yang baru.

Handy Talkie Tidak Boleh Terkena Tumpahan Air


Air adalah musuh bagi semua alat-alat elektronik apa pun. Ketika suatu alat elektronik tertumpahan air, maka bisa terjadi korslet. Tidak kecuali juga untuk handy talkie. Kalau kamu sedang kehujanan atau tanganmu basah, sebaiknya jangan memegang HT kamu agar kamu tidak terkena korsletingnya.

Tapi, karena teknologinya sudah semakin maju, beberapa produk HT ada yang sudah diberi fitur tahan air, sehingga akan lebih aman memakainya. Selain menjaganya dari tumpahan air, kamu juga harus menjaganya dari kelembaban.

Pastikan saat mau menyimpannya, taruhlah di tempat yang benar-benar kering. Masukan saja ke dalam kotak penyimpanan atau box tertutup agar bisa menjaga kelembabannya. Jika kamu tidak memperhatikan kelembabannya, radio HT kamu akan cepat rusak.

Aktifkan Secara Berkala

Meski kamu sedang tidak menggunakannya, sebaiknya kamu aktifkan handy talkienya setiap 2 minggu sekali agar kamu bisa mengecek kondisi baterai, antena, dan HTnya sendiri. Kalau kamu melakukannya secara rutin, kamu bisa langsung tahu kondisinya masih bagus atau tidak. Pastikan juga kamu melepas semua aksesoris tambahannya, seperti headset agar tidak cepat rusak.

Usahakan kamu merawat HT dengan benar, baik itu kamu yang menyewanya atau punya sendiri. Meski kamu menyewanya, tentu kamu juga harus menggunakannya dengan baik, apalagi merawatnya selama kamu memakainya. Kalau kamu merusaknya, kamu bisa menjadi konsumen yang tidak bertanggung jawab dan harus mengganti biaya kerusakannya.

Bagi kamu yang mau membeli radio HT, sudahkah kamu menemukan toko elektronik online yang menjualnya dengan harga bersahabat? Kalau belum, Bukalapak bisa menjadi tempat yang pas banget buat kamu yang sedang mencari handy talkie. Harga yang tersedia lebih terjangkau dan kamu bisa memilih berbagai macam model dari lapak-lapak yang bekerja sama dengan Bukalapak.

Maupun kamu membelinya atau sewa, tetap kamu harus merawat HTnya. Cara-cara seperti di atas tadi sangatlah gampang dan tidak memakan banyak tenaga dan waktu. Kalau radio HT kamu awet, kamu pasti bisa terus menggunakannya jika ada keperluan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Merawat Radio HT Jangan Asal, Kamu Cari Tahu Dulu Caranya

0 komentarmu:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :

* Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
* No SARA
* Tidak menggunakan kata yang menyinggung perasaan orang lain
* Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form