Belajar Dan Berbagi Informasi Dunia Pelayaran

Cara Cek Sertifikat Pelaut Online Terbaru 2017

Cara Cek Sertifikat Pelaut Online Terbaru 2017. Seiring berjalannya waktu website pelaut.dephub.go.id mengalami perubahan, dan kali ini cukup signifikan. Sebenarnya perubahan terbaru sudah dimulai sejak awal bulan november 2016, bagi sebagian orang mungkin akan merasa kesulitan dan merasa risih dengan setiap perubahan yang diberikan Departemen Perhubungan Laut khususnya dalam penyimpanan database pelaut.

Namun kali ini dalam perubahan website database pelaut terbaru sangat berbeda dengan yang dulu, dimana sekarang kita diwajibkan mengecek satu persatu sertifikat baik COP maupun COP di database online pelaut.

Artikel Terkait :

Cara Mengetahui Nomor Sertifikat Yang Belum Keluar Fisiknya


Tidak jau berbeda dengan Cara Cek Sertifikat Pelaut Online yang sebelumya namun di website database pelaut terbaru ini tidak ada fasilitas print out untuk semua sertifikat online maupun satu persatu. Jadi kalau misal ditanya tentang print out database oleh lembaga diklat agak kesulitan juga, walaupun sebenarnya masih bisa di paksa dengan cara print semua halaman websitenya tapi hal ini seperti terlalu memaksakan.

Satu hal yang harus disiapkan dan menurut saya sendiri sebagai seorang pelaut kita harus hafal seaferer code kita diluar kepala. Apa itu seaferer code sering sekali saya membahas di artikel sebelumnya seaferer code adalah code identitas seorang pelaut yang terdiri dari 10 digit angka dan sepuluh digit angka ini terdapat disemua sertifikat COP maupun COC yang dipunya oleh seorang pelaut. 

Kita bisa melihatnya di sebelah pojok kanan salah satu sertifikat yang sudah kita punya artinya sudah jadi fisiknya terhitung mulai angka 62 dimana angka 62 merupakan kode Negara Indonesa dan diikuti 8 digit angka berikutnya itulah seaferer code kita dan diharapkan semua pelaut mengingatnya. 

Contohnya 6201560909, So sekarang saya akan beri contoh dengan gambar cara cek sertifikat pelaut online di website database pelaut. 

Pertama kunjungi website resmi DIPERLA dengan alamt website https://pelaut.dephub.go.id/ tanpa www. jika anda ngotot menggunakan www alhasil tidak akan bisa dibuka tentunya kerna salah alamat :D.

Ke dua setelah halaman termuat semua seperti tadi anda sudah persiapkan bahan utamanya yaitu seaferer code dengan ini anda hanya bisa cek dari sertifikat utama anda seperti BST dan COP yang anda miliki. Lihat gambar dibawah ini untuk cara memasukan seaferer code di website online pelaut .
Pada gambar diatas suadah saya beri keterangan dengan menggunakan tulisan merah saya harap anda memeperhatikannya.

Perlu di ingiat bahwa ada kode ferivikasi dengan paduan angka dan huru diamana terdapat huruf kapital dan huruf kecil kode chaptca ini bertahan hanya 30 detik jadi jika anda telat memasukan kode ini akan hangus dan kadang menjadi kendalah tidak bisa mengecek sertifikat anda.

Jadi Solusinya adalah anda sudah betul betul meninyiapkan seaferer kode menuliskanya dengan cepat atau sudah disiapkan dengan cara tinggal mempaste kode seaferer di kolom pertama.

Tulis apa adanya pada kolom chaptcha diatas dan klik pada bagian gambar kaca pembesar warna biru atau tombol search.

Dan seperti itulah Cara Cek Sertifikat Pelaut Online Terbaru 2017 semoga bermanfaat. Apabila ada yang masih kesulitan boleh untuk berkomentar dibawah ini.

Related : Cara Cek Sertifikat Pelaut Online Terbaru 2017

0 komentarmu:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :

* Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
* No SARA
* Tidak menggunakan kata yang menyinggung perasaan orang lain
* Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form