Belajar Dan Berbagi Informasi Dunia Pelayaran

Cara Mengetahui Posisi Kapal Dengan Aplikasi Android, Iphone dan Windows Phone

Cara Mengetahui Posisi Kapal Dengan Aplikasi Android, bagi para pelaut pasti sudah tahu semua apa itu ECDIS, yap. . .sebelum membahas cara mengetahui posisi kapal dengan aplikasi android di hape kita, mari kita bahas sedikit dan mengingat apa yang dimaksud dengan ECDIS.

Dalam ilmu Navigasi pelayaran peralatan navigasi ECDIS sangatlah penting untuk mengetahui posisi kapal, walapun banyak juga kapal - kapal yang belum memakai ECDIS karena mungkin mereka menganggap GPS sudah cukup untuk mengetahui posisi dan melancarkan pelayaran.

Kurang lebihnya sebagai berikut mengenai penjelasan ECDIS :
ECDIS atau “Electronic Chart Display and Information System” adalah suatu alat yang fungsi dan systemnya dapat memberikan informasi tentang navigasi dan yang kegunannya adalah untuk memback-up peralatan yang ada,sehingga dapat diterima dan dianggap memenuhi persyaratan yang ditentukan sesuai aturan V/19 & V/27 dari konvensi SOLAS 1974 &amandemennya. Oleh karena itu peralatan ECDIS ini harus memenuhi criteria standard kinerja ( Performance Standard ) dari IMO sesuai Bab V Solas 1974.

Baca Selengkapnya di : Apa yang Dimaksud Dengan ECDIS

Lalu apa hubunganya ECDIS dengan aplikasi android yang bisa menemukan posisi kapal dan detail kapal tersebut. Hubunganya adalah bahwa ECDIS terhubung dengan satelit sehingga bisa terhubung dengan GPS yang ada di handpon masing - masing.

Dengan aplikasi Find Ship anda bisa menemukan posisi kapal dan juga detail kapal bahkan findship bisa mengetahui bahwa kapal itu sedang berjalan atau Using Engin atau juga sedang sandar ( Morred)

Berikut ini cara menggunakan Aplikasi Findship di Android anda, sebenarnya bukan hanya di android saja namun bisa di gunakan di Windows Phone dan juga Iphone ( Apple ). Sesuai gadget yang anda miliki.

Cara Mengetahui Posisi Kapal Dengan Aplikasi Android, Iphone dan Windows Phone

Download Aplikasinya di Findship Terbaru ( Melalui Google Play ) dan untuk selain android silahkan kunjungi websitenya http://www.findship.co/

Setelah Ter instal buka aplikasi find ship dan akan tampil halaman seperti pada gambar dibawah ini.


Tulis nama kapal yang anda inginkan di kolom pencarian, lalu tekan search atau disitu akan tampil nama kapal yang sesuai. Bisa juga selain dengan nama kapal bisa menggunakan Call Sign Kapal tersebut, contoh : PNZO, PMZK dll. sesuai call sign kapal yang anda ketahui.


Jika di sentuh pada bagian nama kapal yang sudah ditemukan maka terdapat tentang detail kapal nomor IMO, DWT, Type dll seperti pada gambar dibawah ini.

Ikon tanda Sinyal digunakan untuk menandai jenis jenis kapal, apakah itu tanker cargo dll.

Begitulah Cara Mengetahui Posisi Kapal Dengan Aplikasi Android, Iphone dan Windows Phone yang pasti berguna untuk anda para pelaut.

Catatan ;
kapal yang tidak menggunakan ECDIS tidak akan terlihat di aplikasi ini, seperti juga pada ECDIS

Tags :

Related : Cara Mengetahui Posisi Kapal Dengan Aplikasi Android, Iphone dan Windows Phone

0 komentarmu:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :

* Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
* No SARA
* Tidak menggunakan kata yang menyinggung perasaan orang lain
* Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form