Belajar Dan Berbagi Informasi Dunia Pelayaran

Lowongan Pelaut 2015 Indonesia Butuh 14.000 Pelaut

Lowongan Pelaut 2015 Indonesia Butuh 14.000 Pelaut, Untuk mendukung program tol laut Presiden Joko Widodo (Jokowi), Indonesia membutuhkan banyak armada kapal dan tenaga pelaut. Di tahun ini, Indonesia membutuhkan 14.000 orang tenaga pelaut untuk berlayar di kapal berbendera Indonesia. 

Namun dengan adanya Badan Diklat Pendidikan Pelaut yang semakin banyak kita jumpai dan banyaknya peminat warga negara indonesia yang ingin menjadi pelaut terutama mereka pemuda pemudi indonesia kemungkinan indonesia akan terpenuhi kebutuhan pelautnya.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Perhubungan Wahyu Satryo Utomo menuturkan, menurut laporan dari Indonesia National Shipowners Association (INSA), tahun ini Indonesia membutuhkan 14.000 tenaga pelaut.

Lowongan Pelaut 2015 Indonesia Butuh 14.000 Pelaut

"Laporan dari INSA saja, kapal berbendera Indonesia saja tahun ini dibutuhkan 14.000 tenaga pelaut. Mulai dari nahkoda mualim sampai ke level deck," tutur Utomo kala berbincang dengan detikFinance pekan lalu. 

Tomi, panggilan akrab Utomo menuturkan, kebutuhan yang sangat banyak tersebut belum mampu dipenuhi, oleh sekolah-sekolah atau politeknik pelayaran di Indonesia di bidang pelayaran, yang mencetak pelaut. Setiap tahun, sekolah pelayaran di Indonesia yang berjumlah sekitar 10 sekolah hanya mampu mencetak pelaut sekitar 3.000 orang. 

"Sekolah kita belum mampu memenuhi semua kebutuhan itu. Sekolah kita bisa meluluskan setiap tahunnya ada 3.000 orang, itu dari sekolah tinggi, politeknik pelayaran, balai totalnya sekitar 3.000. Plus sekolah swasta‎ ada 300 sekolah, tapi yang memenuhi persyaratan hanya sekitar 25 sampai 30," paparnya. 

Alhasil, bukan tidak mungkin kapal-kapal di Indonesia nantinya bisa diisi oleh para pelaut dari luar negeri, alias 'impor'. Apalagi, butuh banyak pelaut untuk mendukung tol laut yang bakal membutuhkan banyak kapal-kapal baru. 

Lowongan Pelaut 2015 Indonesia Butuh 14.000 pekerja kapal itu di mulai dari rating hingga perwira namun semua itu tidaklah mudah bagi mereka untuk menjadi pelaut, karena rumitnya pengurusan dan banyaknya dokumen sertifikat yang di gunakan agar menjadi pelaut.

"Mungkin impor, tapi saya nggak ada angkanya. Atau mungkin juga dikurangi krunya. Dalam satu kapal ada nahkoda satu, tapi itu tergantung besar kapalnya," ‎jelasnya.

Tomi juga menuturkan, untuk mencetak lebih banyak lagi para pelaut mencakup nahkoda, mualim, petugas deck dan lainnya, pemerintah pusat mendorong pemerintah daerah untuk membangun sekolah pelayaran dan balai diklat atau politeknik pelayaran. 

"Kita buka asrama lagi. Pemda juga didorong membangun sekolah pelaut, jangan terus pemerintah. Bukan tidak mungkin bawa dari luar. Kadang dari Filipina, Thailand,"‎ tutupnya.

Sumber : http://finance.detik.com/read/2015/05/18/070356/2916923/4/peluang-kerja-ri-butuh-14000-orang-pelaut-tahun-ini

Tags :

Related : Lowongan Pelaut 2015 Indonesia Butuh 14.000 Pelaut

0 komentarmu:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :

* Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
* No SARA
* Tidak menggunakan kata yang menyinggung perasaan orang lain
* Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form