Belajar Dan Berbagi Informasi Dunia Pelayaran

Kapal Induk Perang Dunia II Ditemukan Masih Utuh di Dasar Samudera Pasifik

Kapal Induk Perang Dunia II Ditemukan Masih Utuh di Dasar Samudera Pasifik - Sebuah Kapal Iduk amerika serikat bernama USS Independence yang tenggelam di dasar samudra pasifik selam 60 tahun lebih telah di temukan oleh para ahli. Kapal ini di temukan dalam keadaan utuh setelah sekian lama tenggelam di dasar lautan. Ini merupakan temuan bersejarah, pasalnya kapal induk amerika serikat tersebut merupkan kapal induk yang di gunakan pada era Perang Dunia II.

USS Independence CVL-22
Seperti yang di samapikan oleh para ilmuwan dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) seperti dilansir detik.com, Kapal induk ini ditemukan masih dalam posisi tegak, hanya miring sedikit selain itu di dalam kapal tersebut juga masih terdapat sebuah pesawat.

Kapal induk milik Amerika tersebut tenggelam di kedalaman 800 meter di perairan sekitar Farallon Islands, California dengan kondisi lambung kapal dan dek masih terjaga baik serta terlihat jelas.

Pada masa kejayanya, kapal induk ini merupakan sbuah kapal perang penting dalam Angkatan Laut AS dalam pertempuran di Samudera Pasifik.

"Setelah 64 tahun ada di dasar lautan, Independence tetap tegak seperti dalam posisi siap meluncurkan pesawatnya," tutur James Delgado, kepala ilmuwan misi ini dan Direktur Warisan Maritim pada Kantor Suaka Kelautan Nasional NOAA.

"Kapal ini berjuang cukup lama, cukup keras dalam perang di Pasifik dan setelah perang dilumpuhkan dua ledakan bom atom yang merobek kapal," imbuhnya.

Kapal dihantam gelombang besar, panas serta radiasi tapi kapal USS Independence berhasil lolos dan kembali ke wilayah Amerika Serikat. Kapal induk ini berlabuh di San Fransisco cukup lama sebelum akhirnya ditarik ke tengah lautan dan kemudian dikaramkan pada Januari 1951 silam.

Kapal induk USS Independence ini di temukan pada bulan lalu di dasar samudra pasifik mengunakan kendaraan bawah laut tak berawak, Echo Ranger buatan Boeing. Penemuan ini merupakan bagian dari misi 2 tahun NOAA untuk mencari kapal-kapal bersejarah yang di karamkan atau karam dekat suaka dilindungi, Gulf of the Farallones National Marine Sanctuary.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kapal Induk Perang Dunia II Ditemukan Masih Utuh di Dasar Samudera Pasifik

0 komentarmu:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :

* Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
* No SARA
* Tidak menggunakan kata yang menyinggung perasaan orang lain
* Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form