Belajar Dan Berbagi Informasi Dunia Pelayaran

Apa itu Sertifikat Pelaut CCM dan Berapa Harganya

Apa itu Sertifikat Pelaut CCM dan Berapa HarganyaKonferensi diplomatik negara anggota Konvensi STCW, yang diselenggarakan di Manila Filipina, pada tanggal 21-25 Juni 2010, telah mengadopsi beberapa perubahan mendasar terhadap Konvensi STCW dan STCW Code. Maksud dari amandemen-amandemen tersebut (dikenal sebagai Amandemen Manila) adalah untuk meningkatkan standar profesionalisme dari para pelaut serta untuk meningkatkan keselamatan pelayaran, keamanan dan perlindungan terhadap lingkungan laut. Seperti halnya Sertifikat Pelaut CCM yang akan dijelaskan dibawah ini merupakan sertifikat ketrampilan pelaut yang amat penting. 

Apa itu Sertifikat Pelaut CCM dan Berapa Harganya

Crowd Management dan Crisis and Human Behavior Management merupakan bagian dari STCW-95 yang sangat penting untuk dimiliki setiap pelaut yang bekerja pada kapal penumpang baik itu ferry, Ro-Ro, maupun passenger ships. para Pelaut sering menyebut kedua sertifikat itu dengan singkatan CCM, padahal sebenarnya CCM itu sendiri terdiri dari dua pelatihan yang berbeda namun sangat erat kaitannya. 

crowd and crisis management training

Dalam STCW 1978 amandemen 1995, untuk menghindari adanya kepanikan dalam tiap tiap pelaut pada saat menghadapi situasi darurat seperti kebakaran ataupun kecelakaan yang mengakibatkan kapal harus ditinggalkan atau abandon ship.

Tujuan dari pelatihan Crowd Management adalah untuk melatih crew kapal agar memahami situasi dan kondisi di kapal dengan memperhatikan perilaku penumpang dengan cara meyakinkan mereka bahwa mereka akan selamat untuk menghindari kepanikan yang mengakibatkan Crisis. 

Dalam pelatihan Crowd Management ini pelaut diharapkan untuk dapat menganalisa perilaku penumpang yang dianggap berpotensi untuk menyebabkan Crisis (penumpang dalam keadaan panik yang luar biasa, saling menyalahkan, saling berkelahi, tidak terkendali, dsb) dengan cara memberikan pengertian untuk tetap tenang serta memisahkan mereka yang depresi/stress dengan yang agresif dan mengarahkan penumpang secara singkat dan jelas agar menuruti apa yang pelaut kehendaki dengan perintah perintah yang lugas dan santun.

Untuk penumpang yang agresif, penanganan yang dapat dilakukan yaitu dengan mengikutsertakan penumpang tersebut kedalam team penyelamat atau komandan penumpang, karena pada dasarnya orang yang agresif akan mudah diarahkan dan diperintah terutama pada saat puncak agresif (pada saat dia memunculkan banyak ide yang kebanyakan tidak masuk akal) dengan ucapan halus dan santun. 

Untuk penumpang yang depresi harus diperlakukan secara khusus dengan cara pendekatan personal agar mau dan mengikuti apa yang kita perintahkan atau arahkan. Sedangkan untuk mereka yang tidak menunjukkan tanda tanda agresif atau depresi, pelaut harus terus memantau dengan terus memberikan pengarahan sejelas jelasnya agar tidak panik sehingga pada saatnya perintah dari kapten keluar melalui pengumuman lewat PA system (public announcement) untuk meninggalkan kapal penumpang dapat diarahkan dengan cepat dan terarah yang pada akhirnya penumpang dapat terselamatkan dengan baik.

Pelatihan Crisis and Human Behavior Management ditujukan agar para pelaut dapat dengan seksama dan tindakan yang tepat dalam mengatasi penumpang yang mengalami kepanikan yang luar biasa atau saling berkelahi, sehingga penumpang dapat dikondisikan kembali dalam keadaan tenang. 

Seperti dicontohkan dalam Film Tetanic dimana seluruh penumpang mengalami kepanikan yang luar biasa (ada yang loncat dari atas kapal ke laut, ada yang depresi, ada yang berkelahi, dsb), tentunya sangat penting pelatihan CCM ini diberikan kepada seluruh pelaut yang bekerja pada kapal penumpang, ferry, atau Ro-Ro. 

Harga Sertifikat CCM ini bervariasi terganting dari lembaga diklat, untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi website lembaga diklat berikut ini :



Sertifikat ketrampilan Pelaut Pendukung lainya sesuai amandemen Manila 2010 :


1. Pelatihan Keterampilan Keselamatan Dasar – Basic Safety Training (STCW Reg.VI/1-4).

2. Pelatihan Keterampilan Sekoci Penyelamat dan Perahu Penolong selain Perahu Penolong Cepat - Survival Craft & Rescue Boats Other Than Fast Rescue Boats Training (STCW Reg. VI/2).

3. Pelatihan Keterampilan Perahu Penolong Cepat - Fast Rescue Boats Training (STCW Reg. VI/2).

4. Pelatihan Keterampilan Pemadaman Kebakaran Tingkat Lanjut - Advanced Fire Fighting Training (STCW Reg. VI/3).

5. Pelatihan Keterampilan Pertolongan Pertama dan Penanganan Medis - Medical First Aid and Medical Care Training (STCW Reg. VI/4).

6. Pelatihan Keterampilan Pengendalian Massa - Crowd Management Training (STCW Reg. V/2).

7. Pelatihan Keterampilan Penanganan Situasi Krisis Crisis - Management and Human Behaviour Training (STCW Reg. V/2).

8. Pelatihan Keterampilan Perwira Keamanan Kapal - Ship Security Officers Training (STCW Table A-VI/5, B-VI/5).

9. Pelatihan Keterampilan Pengoperasian Electronic Chart and Display System (ECDIS) ( STCW Tabel A-II/1 dan Tabel A-III/1).

10. Pelatihan Keterampilan Bridge Resource Management (BRM) dan Engine Resource Management (ERM) ( STCW Tabel A-II/1 dan Tabel A-III/1).

11. Pelatihan Keterampilan untuk Rating yang melaksanakan Tugas jaga navigasi atau jaga kamar mesin - Training for ratings duly certified to be part of a navigational or Engine Room Watch (STCW Reg. II/4, III/4).

12. Pelatihan Keterampilan untuk Rating yang melaksanakan tugas sebagai Able Seafarer - Training for ratings duty certified as able seafarer deck, able seafarer engine (STCW Reg. II/5 , III/5).

13. Pelatihan Keterampilan Dasar Kapal Tanker Minyak dan Bahan Kimia - Basic Training for oil & Chemical Tanker Cargo Operations (STCW Tabel A-V/1-1-1).

14. Pelatihan Keterampilan Dasar Pengoperasian Kapal Tanker Gas - Basic Training for Liquefied Gas Tanker Cargo Operations (STCW Tabel A-V/1-2-1).

15. Pelatihan Keterampilan Lanjutan Pengoperasian Kapal Tanker Minyak - Advanced Training for oil tanker cargo operations (STCW Tabel A-V/1-1-2).

16. Pelatihan Keterampilan Lanjutan Pengoperasian Kapal Tanker Bahan Kimia - Advanced Training for chemical tanker cargo operations (STCW Tabel A-V/1-1-3).

17. Pelatihan Keterampilan Lanjutan Pengoperasian Kapal Tanker Gas - Advanced Training for Gas tanker cargo operations (STCW Tabel A-V/1-2-2)

Mulai 1 Januari 2013

1. Pendidikan dan Pelatihan Updating Untuk Perwira dan Rating Bagian Dek (STCW Reg. II/1, II/2, II/3).

2. Pendidikan dan Pelatihan Updating Untuk Perwira dan Rating Bagian Mesin (STCW Reg. III/1, III/2, III/3).

Mulai 1 Juli 2013

1. Pendidikan dan Pelatihan Keahlian GMDSS Radio Operator (STCW Reg.IV/2).

2. Pendidikan dan Pelatihan Keahlian Perwira Teknik Elektro (STCW Reg.III/6).

3. Pendidikan dan Pelatihan untuk Rating Teknik Elektro (STCW Reg.III/7, Table A-III/7).

4. Pelatihan Keterampilan Keselamatan Bagi personil yang bertugas untuk memberikan pelayanan langsung kepada penumpang pada kapal penumpang trayek internasional – “Safety Training for Personnel Providing Direct Service to Passengers in Passenger Spaces” (STCW Reg. V/2).

5. Pelatihan Keterampilan Keselamatan Penumpang, Keselamatan Penumpang dan Kekedapan Lambung – “Training in Passenger Safety, Cargo Safety, and Hull Integrity” (STCW Reg.V/2).

6. Pelatihan Keterampilan Kesadaran akan Keamanan – “Security Awareness Training” (STCW Seksi A-VI/6, Table A-VI/6-1, B-VI/6).

7. Pelatihan Keterampilan untuk Personil Petugas Keamanan di atas Kapal - Training For Designated Security Duties (STCW Seksi A-VI/6, Tabel A-VI/6-2, B-VI/6).

Mulai 1 Januari 2014

1. Pelatihan Keterampilan Bagi Perwira dan Rating Yang Bertanggung Jawab Menangani Muatan Kapal Yang Membawa Muatan Berbahaya dan Beracun dalam bentuk curah padat – “Training for officers and ratings responsible for cargo handling on ships carrying dangerous and hazardous substance in solid form bulk” (STCW B-V/b).

2. Pelatihan Keterampilan Bagi Perwira dan Rating Yang Bertanggung Jawab Menangani Muatan Kapal Yang Membawa Muatan Berbahaya dan Beracun dalam bentuk kemasan – “Training for officers and ratings responsible for cargo handling on ships carrying dangerous and hazardous substance in package form” (STCW B-V/c).

3. Pelatihan Keterampilan bagi Nahkoda dan Perwira Yang Melaksanakan Tugas jaga navigasi di atas kapal Suplai dan kapal yang melaksanakan kegiatan penanganan berlabuh jangkar- “Training for Masters and Officers in charge of a navigational watch on board supply vessels and vessels performing anchor handling operations” (STCW Seksi B-V/e).

4. Pelatihan Untuk Petugas yang mengoperasikan Sistem Posisi Dinamis - Training for personnel operating dynamic positioning systems (STCW Seksi B-V/e).

Sertifikasi berdasarkan STCW 2010 untuk semua pelaut

Pelaksanaan Diklat Yang Baru Dilaksanakan sudah berdasarkan standar baru STCW 2010

Standar Pelatihan Baru Bersifat Pilihan

Standar Pelatihan Baru Bersifat Wajib diberlakukan

Training dan Sertifikasi berdasarkan STCW 1995 masih boleh dilanjutkan

Pelaksanaan Diklat Security dan SertifikasinyaWajib Dilaksanakan berdasarkan standar STCW 2010

Related : Apa itu Sertifikat Pelaut CCM dan Berapa Harganya

0 komentarmu:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :

* Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
* No SARA
* Tidak menggunakan kata yang menyinggung perasaan orang lain
* Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form