Belajar Dan Berbagi Informasi Dunia Pelayaran

Monumen Bersejarah Kapal PLTD Apung 1 Saksi Bisu Tsunami Aceh

Tsunami Aceh - Mungkin masih teringat jelas dalam ingatan kita semua tentang tragedi dahsyat yang menimpa saudara - saudara kita di Aceh pada 26 desember 2004 yang lalau, dan hari ini 26 desember 2014 merupakan peringatan 10 tahun dari tragedi tragis tersebut.

Kembali ke topik, Tragedi Tsunami dan Gempa yang melanda Aceh sungguh dahsyat, dimana kedahsyatan tersebut mampu menyeret sebuah kapal milik PLN, PLTD Apung I (Pembangkit  Listrik Tenaga Disel) dengan bobot 2.600 ton hingga 5 kilometer dari tempat asalnya Pelabuhan Uleelheue. Kapal  tersbut pada awalnya, sebelum tsunami di terjadi digunakan sebagai penyuplai listrik, Kapal ini mampu menghasilkan sebesar 10,5 megawatt untuk mencukupi kebutuhan listrik kota Banda Aceh.


Kapal PLTD Apung l yang memiliki panjang 19 meter, dan lebar 9 meter ini datang ke Aceh pada 2003 namun taklama  berselang Aceh mendapkatkan musibah tsunami yang mengakibatkan kapal tersebut terseret gelombang tsunami hingga berada di Gampong Punge Blang Cut, Kecamatan Jaya Baru, Banda Aceh.

Pasca tsunami, PLN menurut informasi berniat untuk mengembalikan kapal ini lagi ke laut, dikarenakan kondisi mesin tidak mengalami kerusakan yang cukup parah. Namun pemerintah setempat berkeinginan untuk menjadikan kapal tersebut sebagai wisata sejarah. Akhirnya PLN hanya mencabut mesin mesinnya saja.

Kapal PLTD Apung l itu sendiri sekarang menjdai sebuah monumen sebagai peringatan tsunami aceh, Sementara 30 meter sebelah kapal tersebut ada Taman Edukasi Tsunami  yang diresmikan pada 30 April 2008. Oleh Pemerintah Nangro Aceh Darusalam.

Dalam pikiran pasti tak terbayang betapa hebat dan tingginnya ombak laut yang menerjang daratan aceh kala itu, kapal sebesar itu pun bisa hanyut terbawa tsunami hingga 5 kilometer. Mari kawan Pelaut semua kita doakan para korban yang tidak selamat pada musibah itu semoga semua amal ibadahnya di terima Tuhan Sang Pencipta yah walaupun sudah 10 tahun berlalu. dan juga semoga musibah tsunami tidak pernah lagi terulang di Negri kita tercinta ini dan dimanapun. Amin

Tags :

Related : Monumen Bersejarah Kapal PLTD Apung 1 Saksi Bisu Tsunami Aceh

0 komentarmu:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :

* Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
* No SARA
* Tidak menggunakan kata yang menyinggung perasaan orang lain
* Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form