Belajar Dan Berbagi Informasi Dunia Pelayaran

Foto Kapal LPG Pertamina Terbesar Pertamina Gas 2

Foto Kapal LPG Pertamina Terbesar Pertamina Gas 2 - PT Pertamina Persero Sebagai Perusahaan tambang minyak di Indonesia ini telah memiliki dua kapal pengangkut bahan baku elpiji terbesar, mungkin belum bisa dikatakan terbesar di dunia karena masih banyak kapal yang lebih besar dari kapal VLGC namun ini adalah jenis kapal pengangkut gas yang terbesar saat ini yaitu dapat mengangkut 84 meter kubik Gas jenis Propan.

Kapal LPG Pertamina Terbesar Pertamina Gas 2

Berdasarkan data yang diambil dari PT Pertamina Persero, kapal yang dibuat di galangan kapal Hyundai Heavy Industries Co. Ltd, Ulsan, Korea Selatan, ini memiliki panjang atau Length Over All (LOA) tercatat 226 meter dan kedalaman (depth) mencapai 22,30 meter sedangkan Lebar (Breadth) Kapal LPG Pertamina Terbesar Pertamina Gas 2 yang dibangun selama dua tahun ini mencapai 36,60 meter dengan draught 11,40 meter.

Kapal LPG Pertamina Terbesar Pertamina Gas 2

Kapal LPG Pertamina Terbesar ini yang Penamaan kapal ini diresmikan oleh Direktur Marketing and Trading Pertamina Hanung Budya pada tanggal 23 April 2014 dalam acara naming ceremony di galangan Hyundai Heavy Industries Co. Ltd, Ulsan, menggunakan Mesin Hyundai – B&W 6S60MC-C8.2, 13,800 KW x 105 Rpm dan memiliki kecepatan Penuh 16.75 Knots.

Kapal LPG Pertamina Terbesar Pertamina Gas 2

Owner Representative SSPC (PCI) Pertamina's Newbuilding Projects LPG Tangker Projects I Gusti Ngurah H. mengatakan kapal ini bisa mengangkut bahan baku elpiji yaitu propan dan butan secara terpisah. 

Kapal LPG Pertamina Terbesar Pertamina Gas 2, bahan baku tersebut juga bisa disatukan dan disalurkan ke kapal-kapal tanker yang lebih kecil. "Ini tergantung dari kondisinya jadi kalau mau diolah di atas kapal bisa, ini masih dipisah propan dan butan," jelasnya.

Kapal LPG Pertamina Terbesar Pertamina Gas 2

Kapal LPG Pertamina Terbesar Pertamina Gas 2 akan beroperasi dengan pola loading antara Pelabuhan Tanjung Uban/Belanak/Tanjung Jabung/Import dan discharge sebagai mothership di Teluk Semangka atau melalui jalur pelabuhan loading Bontang/Import dan akan dipergunakan sebagai mothership di Kalbut, Situbondo, selanjutnya akan diproyeksikan untuk kebutuhan international trading. 

Target distribusi energi nasional khususnya LPG yang diemban Pertamina tidak hanya membutuhkan armada kapal yang efisien, efektif, dan memiliki tingkat keselamatan yang tinggi saja, tetapi juga membutuhkan kapal yang environmentally sound, yang mampu menunjukkan positioning Pertamina sebagai salah satu pelaku bisnis transportasi laut yang berkualitas.

Kapal LPG Pertamina Terbesar Pertamina Gas 2 juga dilengkapi dengan perangkat keamanan dan Black Box perekam keadaan kapal selama 12 jam. "Kalau di pesawat black box kalau di kapal data recording 12 jam ke belakang ter-record semua data," pungkasnya.

Related : Foto Kapal LPG Pertamina Terbesar Pertamina Gas 2

0 komentarmu:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :

* Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
* No SARA
* Tidak menggunakan kata yang menyinggung perasaan orang lain
* Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form