Belajar Dan Berbagi Informasi Dunia Pelayaran

Menghitung List And Correction Kapal

LIST AND CORRECTION SHIP


Penyebab kemiringan kapal adalah keluarnya titik G kapal dari centerline disebabkan adanya moment yang bekerja pada sisi - sisi kapal tidak seimbang 

Penyebab kemiringan kapal dapat dijelaskan dengan gambar berikut : 

Bilamana sebuah kapal tegak kemudian ditempatkan sebuah bobot (w Ton) disebelah kanan pada jarak (d Meter) dari center line maka kapal akan menjadi miring kekanan. 

Kemiringan kapal tadi disebabkan karena adanya momen yang bekerja searah jarum jam sebesar (w x d) sehingga titik berat kapal keluar dari center line yaitu dari G ke G1

Jarak pergeseran titik berat kapal adalah :



Hal ini juga dapat diterapkan pada percobaan stabilitas kapal.

Percobaan stabillitas

Maksud dan tujuan dari Percobaan stabillitas yaitu untuk memperoleh nilai KG kapal kosong

Persiapan: 

1. Tidak ada angin (lemah)

2. Kapal terapung bebas

3. Semua beban diatas kapal tidak bergeser

4. Tidak ada free surface

5. Personil di atas kapal se minimum mungkin (hanya yang berkepentingan saja)

6. Kapal harus duduk tegak dan draft rata (Upright & even keel)


Pelaksanaan :



Akibat pergeseran “w” (Ton) sejauh “d” (M) maka akan menimbulkan moment yang meyebabkan titik berat kapal bergeser dari G ke G1 sejajar arah pergeseran bobot (w) sehingga kapal menjadi miring

Jarak pergeseran titik berat kapal


  1. Gantungkan pada titik tetap sebuah tali unting sampai hampir menyentuh geladak (AB = panjang diukur).
  2. Sebuah beban yang sudah diketahui beratnya diletakkan pada salah satu sisi kapal kemudian digeser kesisi yang lain. Kapal akan miring.
  3. Tali unting akan bergeser (tetap tegak lurus) menyentuh bilah papan (BC = panjang diukur)
  4. Pada Gambar I dan Gambar II antara segitiga siku – siku ACB dan MG1G adalah sebangun dengan sudut kemiringan q .
  5. Pada gambar I ( segitiga ACB):
  6. Tg  q          =  BC / AB =  jarak penyimpangan tali bandul / panjang tali bandul
  7. Pada gambar II (segitiga MG1G):
Tg  q = GG1 / GM
= { (w x d ) : D} / GM

Nilai KM dapat diperoleh dari Hydrostatic curve/table

Dengan demikian nilai KG kapal kosong dapat ditentukan dengan rumus;

KG (kapal kosong) = KM – GM

Jadi dapat disimpulkan bahwa moment yang menyebabkan kapal miring adalah :
  1. w x d
  2. GM x D x Tg q
Sehingga rumusan diatas dapat digunakan untuk menghitung bobot (w Ton) yang harus digeser sejauh (d M) untuk menegakkan kapal / mengoreksi kemiringan kapal akibat pembagian bobot yang tidak seimbang antara sisi kiri dan sisi kanan 

Pengaruh kapal miring terhadap jangkuan Stabilitas Kapal :

Dari gambar diatas dapat dilihat bahwa akibat kemiringan kapal maka GZ kapal menjadi mengecil yang semula GZ menjadi G2Z2 akibatnya jangkuan stabilitas kapal akan makin mengecil.

Berkurangnya GZ adalah sebesar G G2 x Cos q


Related : Menghitung List And Correction Kapal

0 komentarmu:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :

* Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
* No SARA
* Tidak menggunakan kata yang menyinggung perasaan orang lain
* Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form