Belajar Dan Berbagi Informasi Dunia Pelayaran

Peran IMO Dalam Menanggulangi Pencemaran Laut

Bagaimana IMO bekerja 

Langkah – langkah yang dikembangkan oleh IMO biasanya dituangkan dalam perjanjian – perjanjian international yang dikenal sebagai konvensi – konvensi. 

Instrument – instrument tersebut dikembangkan oleh wakil – wakil dari Negara – Negara anggota yang bertemu dalam forum IMO dan menghasilkan konvensi yang kemudian disetujui, atau disahkan, dalam suatu konperensi yang diselenggarakan oleh Organisasi.

Peran IMO Dalam Menanggulangi Pencemaran Laut

Konvensi – konvensi produk IMO memecahkan masalah pencemaran laut dalam sejumlah cara – cara. Upaya – upaya tersebut termasuk : 
  1. Mencegah pencemaran operasional. Ini dapat mengakibatkan, contohnya, dari pembuangan campuran – campuran air berminyak yang dihasilkan dari pembersihan tangki langsung ke laut. Hal ini telah dilakukan dengan memperkenalkan langkah – langkah anti polusi dalam disain, perlengkapan dan operasi dari kapal – kapal. 
  2. Mengurangi kecelakaan – kecelakaan. Hal ini terutama dicapai melalui pengenalan dan pemberlakukan standar – standar yang lebih ketat dan prosedur – prosedur navigasi atas suatu dasar globalisasi. Namun secara prinsip dirancang untuk membuat keselamatan pelayaran yang lebih baik, langkah – langkah ini memiliki suatu keuntungan sekunder yang juga membantu akan pencegahan pencemaran yang diakibatkan dari kecelakaan – kecelakaan. 
  3. Mengurangi akibat dari kecelakaan – kecelakaan. Upaya – upaya telah diperkenalkan, yaitu dirancang untuk memperkecil jumlah pencemaran yang diakibatkan dari suatu kecelakaan ( contohnya, dengan membatasi ukuran tangki – tangki sehingga akan membatasi jumlah minyak yang masuk ke laut pada kejadian suatu tankers kandas atau terlibat dalam suatu tubrukan ). 
  4. Memberikan kompensasi. IMO telah menyediakan bantuan teknis dan lain – lain kepada Negara – Negara anggota dalam mengembangkan rencana – rencana menghadapi suatu kejadian untuk menanggulangi pencemaran ( contingency plan for marine pollution ).

Related : Peran IMO Dalam Menanggulangi Pencemaran Laut

0 komentarmu:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :

* Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
* No SARA
* Tidak menggunakan kata yang menyinggung perasaan orang lain
* Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form