Belajar Dan Berbagi Informasi Dunia Pelayaran

Air Induction System Pada Motor Diesel

Air Induction System | Sistem Pemasukan Udara dan Pembuangan Gas Bekas |

Engine Diesel memerlukan jumlah udara yang banyak untuk membakar bahan bakar. Sistem udara masuk harus menyediakan udara yang cukup bersih untuk pembakaran. Sistem pembuangan gas bekas harus membuang panas dan gas pembakaran. Tiap hambatan terhadap aliran udara atau gas pembakaran yang melalui sistem akan mengurangi kinerja engine.

deskripsi atau keywrod dari gambar
Skema Jenis Sistem Udara Masuk
Terdapat beberapa jenis dari sistem udara masuk diantaranya :
  1. Naturally Aspirated (NA). 
  2. Turbocharged (T). 
  3. Turbocharged Aftercooled (TA).

Komponen Dasar Air Induction System

Sistem pemasukan udara dan pembuangan gas buang yang umum termasuk  :
  • precleaner (1), 
  • air filter (2), 
  • turbocharger (3), 
  • intake manifold (4),
  • aftercooler (5), 
  • exhaust manifold (6), 
  • exhaust stack (7), 
  • muffler dan connecting pipes (8).
  • Turbocharged (T).
  • Turbocharged Aftercooled (TA).
Komponen Dasar Air Induction System
Komponen Dasar Air Induction System
Untuk melakukan pekerjaan dan perbaikan pada sistem udara pada engine, maka penting untuk memahami aliran udara melalui sistem dan fungsi tiap komponen. Juga penting untuk memahami bentuk komponen tersebut dan bagaimana cara bekerjanya.


Precleaner atau saringan awal udara: 
Precleaner selalu digunakan pada sistem udara engine diesel. Precleaner menyaring kotoran-kotoran yang kasar yang terdapat di dalam udara. Udara bersih merupakan masalah kritis bagi unjuk kerja engine. Kotoran dapat mempercepat keausan dan merusak komponen engine. Jenis precleaner umum yang biasa digunakan ada dua jenis yaitu:

  1. Cyclone Tube 
  2. Full View
Kotoran yang tersaring oleh precleaner selanjutnya akan dibuang ke atmosfer melalui komponen dust ejector.

Turbocharger
Dari saringan udara lalu udara mengalir ke dalam turbocharger

Fungsi dari Turbocharger:
  1. Membantu menjaga tenaga engine pada dataran tinggi. 
  2. Menambah tenaga engine (horsepower). 
Turbocharger menyediakan lebih banyak udara ke dalam engine sehingga memungkinkan lebih banyak bahan bakar yang dapat dibakar.

Sistem Operasi Turbocharger


Gas buang memutar turbin. Karena compressor dan turbin berada pada satu poros, maka compressor turut berputar. Bertambah cepat compressor berputar, maka bertambah banyak udara yang dimasukkan ke dalam sistem udara yang memperbesar tekanan dan density. Peningkatan tekanan udara disebut boost.


Turbocharger


Waste gate

Waste gate adalah bagian dari beberapa turbocharger. Apabila boost lebih besar dari yang dianjurkan, maka waste gate terbuka untuk membuang gas buang dari sekeliling turbin ke atmosfer.

Dengan mengurangi aliran gas buang, maka akan memperlambat putaran turbin dan kompresor untuk mengontrol tekanan boost. Turbocharger memberikan banyak udara untuk memperbaiki pembakaran. Karena udara dimampatkan, maka udara tersebut akan panas dan mengembang, menjadi berkurang massa jenisnya. Ini berarti akan terjadi tidak cukup udara untuk menghasilkan pembakaran yang baik, pada fuel setting yang lebih besar. Sebagian besar engine yang memakai turbocharger memakai aftercooler untuk mengurangi suhu udara masuk.

Aftercooler
Turbocharger menaikkan suhu udara masuk sekitar 300 derajat F. Udara masuk yang panas, kurang padat. Aftercooler mengambil panas dari udara masuk. 



Intake manifold
Dari aftercooler, udara mengalir masuk ke dalam intake manifold dan ke lubang valve intake pada tiap cylinder. Intake manifold berada pada cylinder head. 


Exhaust Manifold
Udara masuk ke dalam ruang bakar dimana terjadi pembakaran. Gas hasil pembakaran keluar melalui lubang keluar dan masuk ke dalam exhaust manifold. Exhaust manifold terpasang pada cylinder head dan tepat pada lubang keluar untuk gas buang.


Muffler
Dari turbocharger, gas bekas pembakaran disalurkan melalui muffler dan exhaust stack.Muffler meredam suara ribut dari gas b
uang sehingga membuat suara engine menjadi lebih halus. 

Exhaust Stack
Setelah gas buang melalui muffler, maka gas buang tadi melewati exhaust stack (pipa keluar). Stack (pipa) ini mengeluarkan gas buang agar menjauh dari operator. Gas buang masuk ke atmosfer melalui stack tadi. Sebagai tambahan pada komponen dasar anda juga perlu memahami mengenai engine marine dan industrial yang mungkin memakai :

Related : Air Induction System Pada Motor Diesel

0 komentarmu:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :

* Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
* No SARA
* Tidak menggunakan kata yang menyinggung perasaan orang lain
* Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form