Belajar Dan Berbagi Informasi Dunia Pelayaran

Kapal Hantu Flying Dutchman Kapal Yang Angker

Kapal Hantu Flying Dutchman, adalah Kapal Yang Angker

Legenda Flying Dutchman, Kapal Hantu Yang Selalu Hidup

Menurut Mitos yang beredar bahwa, The Flying Dutchman merupakan Kapal Angker yang selamanya tidak bisa berlabuh dimanapun, karena ini merupakan kutukan. Kapal Hantu Flying Dutcman harus mengarungi 7 Samudera selamanya. The Flying Dutchman merupakan Kapal Yang Melegenda, Legenda ini berasal dari Tanah Belanda, ada juga yang menganggap bahwa Kapal Yang Angker ini berasal dari Sandiwara inggris. Dulu pada tahun 1826 dinovelkan oleh Edward Fitzball yang berjudul "The Flying Dutchman" dan satunya lagi "The Phantom Ship" pada Tahun 1832 yang ditulis oleh Frederick Marryat. Tak kalah Pastor belanda A.H.C Romer juga mengadaptasi ke cerita versi belanda yang berjudul Het Vliegend Schip ( The Flying Ship ) dan masih banyak lagi yang menulis pada versi lainya.

Sumpah Bernard Fokke Sang Kapten The Flying Dutchman

Dari beberapa sumber mengatakan pada abad 17 ada seorang kapten dari belanda Bernard Fokke ( atau nama lainya "Ramhout Van Dam" dan Van Der Decken" berlayar dari Belanda ke Pulau jawa dengan kecepatan penuh, dan luar biasa sehingga anak buahnya mengira menggunakan bantuan iblis untuk mencapai kecepatan yang sangat luar biasa itu. Tak diduga ketika kapal menuju Tanjung Harapan cuaca memburuk dan membuat kapal menjadi oleng, Kapten tetap bersi keras untuk melanjutkan pelayaran meskipun anak buahnya ada yang usul bahwa pelayaran harus segera dihentikan karena cuaca buruk tadi. Bahkan Kapten bersumpah Tidak akan pernah mundur dan terus menembus bada untuk mencapai kota tujuan, atau semua awak kapalnya akan terkutuk selamanya. Tiba - tiba badai menghantam kapalnya, dan ternyata kapal kalah dengan alam, dan terkutuklah selama-lamanya. Menurut mitos The Flying Dutchman dikutuk agar berlayar sampai ke tujuh samudera sampai akhir zaman. Mitos ini menyebar ke seluruh dunia.

Foto Foto Kapal Fliying Dutchman :








Beberapa Penampakan The Flying Dutchman yang sempat didokumentasikan :

  • 1823 : Kapten Oweb , HMS Leven mengisahkan telah dua kali melihat ada kapal kosong terombang ambing ditengah lautan dari kejauhan , namun dalam sekejap mata kapal tersebut kemudian menghilang.
  • 1835 : Dikisahkan pada tahun itu , sebuah kapal berbendera Inggris yang terkepung oleh badai ditengah samudera, didatangi oleh sebuah kapal asing yang disebut-sebut sebagai Kapal Hantu The Flying Dutchman , kemudian secara tiba-tiba kapal asing tersebut mendekat dan seakan-akan ingin menabrak kapal mereka , namun anehnya sebelum keduanya saling berbenturan kapal asing tersebut kemudian lenyap seketika.
  • 1881 : Tiga orang anak kapal HMS Bacchante termasuk King George V telah melihat sebuat kapal tak berawak yang berlayar menentang arus kapal mereka. Keesokan harinya , salah seorang daripada mereka ditemui mati dalam keadaan yang mengerikan.
  • 1879 : Anak kapal SS Pretoria juga mengaku pernah melihat kapal hantu tersebut.
  • 1939 : kapal ini terlihat di Mulkzenberg , beberapa orang yang menyaksikannya terkejut kerana kapal usang tersebut tiba-tiba menghilang
  • 1941 : Beberapa saksi mata dipantai Glencairn melaporkan sebuah kapal usang yang menabrak batu karang dan terpecah belah , namun setelah dilakukan penyelidikan di TKP , tidak ada tanda-tanda dari bangkai kapal tersebut
  • 1942 : Empat orang saksi telah melihat sebuah kapal kosong memasuki perairan Table Bay kemudian menghilang.Seorang pegawai telah mendokumentasikan penemuan tersebut di dalam catatan hariannya.
  • 1942 : Penampakan The Flying Dutchman kembali terlihat oleh awak kapal laut militer M.H.S Jubilee di dekat Cape Town di bulan agustus 1942.
  • 1959 : Awak kapal Straat Magelhaen kembali melaporakan melihat sebuah kapal misterius yang terombang-ambing ditengah lautan dalam keadaan kosong dengan teleskopnya.

Tags :

Related : Kapal Hantu Flying Dutchman Kapal Yang Angker

0 komentarmu:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :

* Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
* No SARA
* Tidak menggunakan kata yang menyinggung perasaan orang lain
* Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form