Belajar Dan Berbagi Informasi Dunia Pelayaran

Inilah Kisahnya Kenapa Kapal Selam Hitler Sampai Ke Karimun Jawa

Inilah Kisahnya Kenapa Kapal Selam Hitler Sampai Ke Karimun Jawa

Jakarta - Kapal selam legendaris milik Jerman U-Boat 168 ditemukan di dasar laut perairan Karimun Jawa, Jepara, Jawa Tengah. Bangkai kapal itu sudah terbelah dua, bagian buritan sudah tak ada lagi. Pada 4-17 November tim Arkeologi Nasional melakukan penelitian.

"Kapal ini dahulu mungkin ditembak dengan torpedo oleh sekutu, Belanda, sekitar tahun 1944," jelas peneliti Pusat Arkeologi Nasional, Shinatria Adhityatama saat berbincang dengan detikcom, Selasa (19/11/2013).

Shinatria mengaku dirinya sudah mendengar lama soal kisah kapal U-Boat milik Jerman ini. Penelusuran dia, berdasarkan data di Jerman, memang ada dua kapal selam milik tentara Hitler yang tak selamat di Laut Jawa. Dua kapal itu sempat mengirimkan sinyal sebelum tenggelam.


"Ini kapal buatan 1942, kapal ini biasa jarak jauh. Mungkin ini terkait dengan resimen Monsoon Group," jelas dia.

Dua tahun lalu, Shinatria menyelam bersama temannya Madha Ramadan di kawasan itu. Beberapa nelayan memberitahu kalau ada bangkai kapal selam di bawah laut di sekitar Karimun. Kemudian, jebolan Arkeologi UGM ini melakukan penyelidikan literatur. 


Hingga pada November 2013 ini, dengan dukungan peneliti senior Pusat Arkeologi Nasional yakni Priyatno Hadi dan Bambang Budi Utomo mereka bergerak mencari lokasi bangkai kapal selam itu. Kapal itu ditemukan di perairan Karimun Jawa, berjarak 10 jam dari Pulau Karimun Jawa. Butuh beberapa kali penyelaman sebelum akhirnya menemukan titik bangkai kapal. Tim menyewa sebuah kapal sembako untuk melakukan pencarian.


"Ini mungkin jejak Jerman di Indonesia. Mereka kabarnya ikut membantu Jepang menjaga kawasan Asia Pasifik dari sekutu. Mereka juga punya pelabuhan dok di Surabaya, Jakarta, dan Penang," terang dia.


Kapal U-Boat ini dimasanya cukup disegani. Dengan kekuatan U-Boat ini, Hitler sempat merajai dunia, angkatan perangnya amat kuat. Tak heran kalau dia sampai mengirimkan bala bantuan untuk Jepang.


"Kapal itu mungkin disergap sekutu di Laut Jawa," tutupnya.

Related : Inilah Kisahnya Kenapa Kapal Selam Hitler Sampai Ke Karimun Jawa

0 komentarmu:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :

* Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
* No SARA
* Tidak menggunakan kata yang menyinggung perasaan orang lain
* Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form