Belajar Dan Berbagi Informasi Dunia Pelayaran

Ditemukan Kapal Selam Era Hitler U-Boat Di Perairan Karimun Jawa

Ditemukan Kapal Selam Era Hitler U-Boat Di Perairan Karimun Jawa

Jakarta - Detik.com Ada temuan mengejutkan yang didapatkan peneliti dari Pusat Arkeologi Nasional di perairan Karimun Jawa, Jepara, Jateng. Sebuah bangkai kapal selam legendaris U-Boat yang legendaris di era Hitler ditemukan di dasar laut.

Tim dari Arkeologi Nasional menemukan bangkai kapal itu dalam pencarian pada 4-17 November lalu. "Ini berawal dari informasi nelayan," kata Ketua Tim Priyatno Hadi saat berbincang dengan detikcom, Selasa (19/11/2013) malam.

Sejumlah peneliti ikut terjun dalam pencarian kapal itu. Salah satunya Shinatria Adhityatama yang juga peneliti di Arkeologi Nasional dan Madha Ramadan. Kapal itu U-Boat jenis 168.

Penampakan Bangkai U-Boat Kapal Selam Jerman
Tim berangkat dari Pulau Karimun Jawa menuju lokasi yang dituju dengan menyewa kapal sembako. Mereka juga membawa alat pemindai yang bisa mengetahui posisi sebuah benda di dasar laut. Tim penyelam lokal di Yogyakarta juga dilibatkan.

"Kapal ini peninggalan Jerman. Di di dalam kapal ada logo Nazi. Ini kapal U-Boat yang bentuknya seperti kapsul. Kapal selam ini bagian buritannya sudah tidak ada, sepertinya dihantam torpedo dulunya," terang Priyatno.

Bangkai kapal selam sepanjang 47 meter itu kemudian diteliti. Banyak ditemukan benda-benda milik penghuni kapal. Walau di kapal itu lumpur sudah banyak menutupi. Bangkai kapal ini dahulu tak sengaja ditemukan nelayan kala menjaring ikan.

"Ada piring, kancing, alat selam," jelasnya.

Kapal itu belum dieskavasi secara tuntas. Dengan keterbatasan peralatan dan cuaca yang yang tak bisa diprediksi, tim peneliti meninggalkan lokasi itu.

"Nanti kita akan eskavasi lagi. Sekarang yang penting dijaga dari penjarah barang langka dan besi bekas," tutupnya.

Related : Ditemukan Kapal Selam Era Hitler U-Boat Di Perairan Karimun Jawa

0 komentarmu:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :

* Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
* No SARA
* Tidak menggunakan kata yang menyinggung perasaan orang lain
* Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form