Belajar Dan Berbagi Informasi Dunia Pelayaran

Mengupas Sejarah Terusan Panama Bagian 1

Mungkin anda semua sudah pernah mendengar bahkan mempelajari tentang terusan panama yaitu pada waktu sekolah dasar, terusan Panama atau yang disebut dengan canal panama adalah canal yang menghubungan samudera Atlantik dengan Samudera Pasifik, canal yang membelah Benua Amerika. Dibawah ini akan dijelaskan sejarah dari Canal Panama
Terusan Panama (Dalam bahasa Spanyol: Canal de Panama) ada 77,1 kilometer (48 mil) kanal kapal di Panama yang menghubungkan Samudera Atlantik (melalui Laut Karibia) ke Samudra Pasifik. Pemotongan kanal melintasi Tanah Genting Panama dan merupakan saluran utama untuk perdagangan maritim internasional. Ada Pintu Air pada setiap akhir untuk mengangkat kapal ke Telaga Gatun, 26 meter (85 kaki) di atas permukaan laut. Telaga Gatun diciptakan untuk mengurangi jumlah kerja yang dibutuhkan untuk kanal. Pintu Air saat ini 33,5 meter (110 kaki) lebar. Yang ketiga, jalur yang lebih luas dari Pintu Air saat ini sedang dibangun dan akan dibuka pada tahun 2015.

Peta Panama Canal dalam Bahasa Inggris
Prancis mulai bekerja pada kanal pada tahun 1881, tetapi harus berhenti karena masalah teknik dan kematian yang tinggi akibat penyakit. Amerika Serikat (AS) kemudian mengambil alih proyek tersebut dan mengambil satu dekade untuk menyelesaikan kanal pada tahun 1913, memungkinkan kapal untuk menghindari panjang lebar, berbahaya Cape Horn rute di sekitar ujung selatan Amerika Selatan (melalui Selat Drake) atau untuk menavigasi Selat Magellan. Salah satu yang terbesar dan paling sulit yang pernah dilakukan proyek rekayasa, Terusan Panama pintas memungkinkan bagi kapal untuk melakukan perjalanan antara Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik dalam setengah waktu yang dibutuhkan sebelumnya. Semakin pendek, lebih cepat, lebih aman rute ke Pantai Barat Amerika Serikat dan negara-negara di dalam dan di sepanjang Samudera Pasifik mengizinkan tempat-tempat untuk menjadi lebih terintegrasi dengan ekonomi dunia.

Selama ini, kepemilikan wilayah yang sekarang Terusan Panama adalah pertama Kolombia, kemudian Perancis, dan kemudian Amerika, Amerika Serikat menyelesaikan konstruksi. Kanal itu diambil alih pada tahun 1999 oleh pemerintah Panama, seperti yang direncanakan panjang. Lalu lintas tahunan telah meningkat dari sekitar 1.000 kapal ketika kanal dibuka pada tahun 1914, untuk 14.702 kapal pada tahun 2008, yang terakhir mengukur total 309.600.000 Panama Canal / Universal Sistem Pengukuran (PC / UMS) ton. Pada tahun 2008, lebih dari 815.000 kapal telah melewati kanal, banyak dari mereka jauh lebih besar daripada perencana asli bisa membayangkan,. Kapal terbesar yang dapat transit kanal saat ini disebut Panamax The American Society of Civil Engineers telah bernama Terusan Panama salah satu dari tujuh keajaiban dunia modern

Penyebutan awal dari sebuah kanal di Tanah Genting Panama tanggal untuk 1534, ketika Charles V , Kaisar Romawi Suci dan Raja Spanyol , memerintahkan survei untuk rute melalui Amerika yang akan memudahkan pelayaran untuk kapal perjalanan antara Spanyol dan Peru . Seperti rute akan diberikan Spanyol keuntungan militer atas Portugal .Selama ekspedisi 1788-1793 , Alessandro Malaspina menguraikan rencana untuk konstruksi.

Mengingat lokasi strategis Panama dan potensi yang ditawarkan oleh tanah genting sempit yang memisahkan dua samudera besar , jaringan perdagangan lainnya di daerah itu berusaha selama bertahun-tahun . Naas skema Darien diluncurkan oleh Kerajaan Skotlandia pada tahun 1698 untuk mendirikan sebuah rute perdagangan darat . Umumnya kondisi tidak ramah digagalkan upaya , dan itu ditinggalkan pada bulan April 1700.

Pada tahun 1849 , penemuan emas di California menciptakan minat yang besar di persimpangan antara Samudra Atlantik dan Pasifik . Akhirnya, Panama Railway dibangun untuk menyeberangi tanah genting , membuka tahun 1855 . Link ini darat menjadi bagian penting dari infrastruktur belahan bumi Barat , sangat memfasilitasi perdagangan dan sebagian besar menentukan rute kanal nanti.


Satellite image showing location of Panama Canal.
Dense jungles are visible in green.
Sebuah rute semua air antara lautan masih dipandang sebagai solusi ideal , dan pada tahun 1855 William Kennish , seorang insinyur Manx kelahiran bekerja untuk pemerintah Amerika Serikat , disurvei tanah genting dan mengeluarkan laporan pada rute untuk Terusan Panama yang diusulkan  laporan Nya diterbitkan dalam sebuah buku berjudul The Kepraktisan dan Pentingnya Kanal Kapal Hubungkan Atlantik dan Samudra Pasifik .

Pada 1877 Armand Reclus , seorang perwira dengan Angkatan Laut Perancis, dan Lucien Napoleon Bonaparte Wyse , dua insinyur , disurvei rute dan menerbitkan proposal Perancis untuk kanal. Prancis sukses dalam membangun Terusan Suez , sementara proyek panjang , mendorong berencana untuk satu menyeberangi tanah genting .

Konstruksi Perancis , 1881-1889

Pada tahun 1881 , usaha pertama untuk membangun sebuah kanal permukaan laut dimulai di bawah kepemimpinan Ferdinand de Lesseps , Pembangun Terusan Suez , dengan pendanaan yang besar dan dukungan dari Paris . Upaya Perancis bangkrut setelah kehilangan sekitar 22.000 jiwa dan dilaporkan menghabiskan US $ 287.000.000 , dan sebagian besar ditinggalkan oleh 1890. Terusan Suez dibangun di lingkungan yang jauh lebih jinak tapi masih butuh 10 tahun untuk menyelesaikan dengan 164 km ( 102 mil ) panjang , sekitar dua kali lipat dari Terusan Panama . Di bawah kendali de Lesseps ' , konstruksi dimulai pada - permukaan laut ( yaitu, tanpa Pintu Air ) kanal melalui apa yang kemudian provinsi Kolombia Panama , pada tanggal 1 Januari 1881. Perancis bergegas untuk mulai bekerja , dengan studi sebelumnya cukup tentang geologi dan hidrologi daerah. Penggalian dilakukan di suatu sudut yang curam itu, dalam beberapa tahun , hujan yang disebabkan tanah longsor menuangkan hampir sebanyak materi ke dalam kanal sebagai telah dihapus .

Ferdinand de Lesseps

Biaya dan kesulitan membangun sebuah kanal di daerah tropis diguyur hujan melalui pegunungan stabil melebihi harapan . Risiko kesehatan yang ditimbulkan terhadap pekerja di hutan Panama penuh nyamuk , terutama malaria dan demam kuning , ribuan nyawa dan menyebabkan penundaan tak terduga . Tindakan kesehatan masyarakat yang efektif karena peran nyamuk sebagai vektor penyakit kemudian diketahui . Kecelakaan dan penyakit menelan korban sekitar 22.000 pekerja . Angka kematian yang tinggi membuat sangat sulit untuk mempertahankan tenaga kerja yang berpengalaman . Karyawan teknis Perancis terlatih dan insinyur yang tetap sehat sering cepat kembali ke Prancis setelah menemukan kondisi kerja yang sebenarnya . Bahkan rumah sakit memberikan kontribusi untuk masalah ini, dengan kondisi yang sengaja disediakan tempat berkembang biak bagi nyamuk di dalam bangsal berdinding kawat kasa

Ditambahkan ke ini , orang-orang yang memulai dan memimpin proyek tersebut memiliki sedikit atau tidak ada pelatihan teknik atau pengalaman , yang memberikan kontribusi untuk meremehkan kotor kesulitan yang akan mereka hadapi , seperti membangun Terusan Panama adalah sebuah proyek dari skala besar. Geologi mengalahkan mereka , karena kanal menembus pegunungan harus terus diperlebar , dan lereng mereka dikurangi , untuk meminimalkan longsor ke kanal . Kurangnya pengalaman lapangan dalam lingkungan ini , dan masalah seperti hujan tropis yang menyebabkan peralatan baja terhadap karat dengan cepat , memberikan kontribusi terhadap kesulitan. Selain itu , terbatasnya jenis teknik tugas berat dan peralatan listrik yang tersedia dalam periode ini . Sekop uap telah ditemukan tetapi masih primitif , seperti jenis lain dari peralatan heavy-duty , generator listrik , motor listrik , sistem distribusi listrik , dan sejenisnya yang masih dalam tahap awal . Nikola Tesla baru saja menemukan alternating current (AC ) bermotor pada tahun 1886 . Di luar masalah-masalah kesehatan dan teknis , kesalahan pengelolaan keuangan dan korupsi politik juga berkontribusi pada kegagalan Perancis .

Ini Adalah salah satu excavator yang ikut membangun canal panama
sekitar tahun 1886
Kondisi itu meremehkan di Perancis untuk menghindari masalah perekrutan, namun pada tahun 1893, setelah banyak pekerjaan, skema Perancis ditinggalkan Penyakit dan kesulitan semata-mata membangun kanal permukaan laut yang pada akhirnya dapat diatasi..

Pada tahun 1894, sebuah perusahaan Perancis kedua, Compagnie Nouvelle du Canal de Panama, diciptakan untuk menyelesaikan konstruksi. Tenaga kerja minimal beberapa ribu orang dipekerjakan terutama untuk mematuhi ketentuan Kolombia Panama Canal konsesi, untuk menjalankan Railroad Panama, dan untuk menjaga penggalian yang ada dan peralatan dalam kondisi dijual. Perusahaan mencari pembeli untuk aset ini, dengan harga yang diminta sebesar US $ 109.000.000.

Diterjemahkan dari : http://en.wikipedia.org/wiki/Panama_Canal
Sumber Gambar     :

http://en.wikipedia.org/wiki/File:Panama_Canal_Map_EN.png  [Peta Panama Canal]
http://visibleearth.nasa.gov/view_rec.php?id=5104 [Gambar terusan Panama dari satelit]
http://en.wikipedia.org/wiki/File:Ferdinand_de_Lesseps_by_Nadar.jpg
http://www.canalmuseum.com/photos/panamacanalphoto002.htm



Tags :

Related : Mengupas Sejarah Terusan Panama Bagian 1

0 komentarmu:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :

* Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
* No SARA
* Tidak menggunakan kata yang menyinggung perasaan orang lain
* Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form