Belajar Dan Berbagi Informasi Dunia Pelayaran

Download Ebook Soal Jawab Stabilitas Kapal

Download Ebook Soal Jawab Stabilitas Kapal

Ebook ini menjelaskan secara singkat tentang stabilitas kapal dan disertai 50 Pertanyaan Beserta Jawaban Stabilias Kapal Dan Memuat, Semoga bisa menjadi media Pembelajaran buat para taruna taruni yang sedang mengikuti Ujian Pra Maupun Pasca Prala.

Apa yang Dimaksud dengan Stabilitas Kapal ?

Stabilitas kapal adalah kemampuan kapal untuk menegak kembali sewaktu kapal pada saat diapungkan, tidak miring kekiri atau kekanan, demikian pula pada saat berlayar, disebabkan oleh adanya pengaruh luar yang bekerja padanya pada saat kapal diolengkan oleh ombak atau angin, kapal dapat tegak kembali. 
Stabilitas kapal adalah kemampuan sebuah kapal untukkembali ke posisi semula jika kapal tersebut mendapatkan dorongan gaya dari luar (external force), dan gaya tersebut telah selesai mendorong/hilang. kemampuan ini sangat penting karena sangat erat hubungannya dengan keselamatan kapal ; kita bayangkan kalau kapal kita tidak mempunyai kemampuan dan terjadi dorongan dari luar (ombak/gelombang) dari kiri hingga kapal miring ke kanan karena tidak ada kemampuan bisa kapal akan miring dan tidak akan kembali tegak dan kemungkinan malahan bisa collaps (terbalik). 
Karena pentingnya keselamatan ini maka kita sebagai orang yang bertugas di kapal harus mengusahakanagar kapal tersebut mempunyai kemampuan untuk kembali kepada posisi semula. dalam hal ini IMO melalui konvensinya telah menetapkan ukuran kemampuan minimal yang harus dimiliki oleh kapal dalam stabilitetnya agar kapal tersebut ada jaminan mampu bertahan menghadapi keadaan di laut nanti jika mendapatkan gaya dari luar.

Jenis-jenis stabilitas kapal
  1. Stabilitas melintang kapal 
  2. Stabilitas membujur kapal 
Stabilitas Awal kapal 
Stabilitas awal sebuah kapal 
  1. Titik berat kapal (G)  
  2. Titik Tekan kapal 
  3. Titik Metasentrum ( M )


Perangkat stabilitas kapal

Related : Download Ebook Soal Jawab Stabilitas Kapal

0 komentarmu:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :

* Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
* No SARA
* Tidak menggunakan kata yang menyinggung perasaan orang lain
* Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form