Belajar Dan Berbagi Informasi Dunia Pelayaran

Profile MV Blue Marlin Kapal Yang Bisa di Gunakan untuk Mengangkut Kapal Lain

Profile Blue Marlin Kapal Yang Bisa di Gunakan untuk Mengangkut Kapal Lain

Kita mungkin sudah terbiasa dengan kapal yang biasa digunakan untuk mengangkut penumpang, kontainer dan bahkan bisa digunakan untuk mengangkut pesawat, seperti pada kapal induk amerika. Kali ini kita akan melihat hal yang luar biasa karena ternyata ada kapal terbesar yang bisa digunakan untuk mengangkut Rig pengeboran dan juga bisa digunakan untuk mengangkut kapal lain. Wahhh hebat kannn...?

Blue Marlin adalah kapal heavy lift (Pengangkat Alat berat) semi-submersible dari Dockwise Shiping,Belanda. Kapal ini Dirancang kusus untuk mengangkut rig pengeboran semi-submersible yang sangat besar. Kapal ini dilengkapi dengan 38 kabin untuk mengakomodasi 60 orang, ruang latihan, sauna, dan fasilitas berenang. Blue Marlin dan kapal adiknya MV Black Marlin merupakan Kapal pengangkat Alat Berat juga bisa digunakan untuk mengangkut kapal lain.

Blue Marlin transporting the U.S. Navy minesweepers USS Raven and USS Cardinal.


Blue Marlin adalah kapal milik Offshore Heavy Transport of Oslo Norwegia.dari konstruksi mereka, pada bulan April 2000 dan November 1999 masing-masing, sampai 6 Juni 2001, ketika mereka dibeli oleh Dockwise. Angkatan Laut AS menyewa Blue Marlin sebagai Transportasi Berat Lepas Pantai untuk memindahkan Kapal USS Cole yang rusak kembali ke Amerika Serikat Setelah di serang oleh Al-Qaeda,pembom bunuh diri. Selama akhir tahun 2003, pekerjaan yang dilakukan pada Blue Marlin meningkatkan kapasitas dan menambahkan dua propulsors ditarik untuk meningkatkan kemampuan manuver. Kapal kembali mulai beroperasi pada Januari 2004. Setelah perbaikan ini, Blue Marlin disampaikan minyak Platform Thunder Horse PDQ, berat 60.000 ton, ke Corpus Christi, Texas, untuk penyelesaian.

Pada bulan Juli 2005 Blue Marlin memindahkan Snøhvit kilang minyak gas dari lokasi konstruksi di Cádiz ke Hammerfest, perjalanan yang 11 hari. transportasi ini difilmkan untuk acara TV Ekstrim Teknik di Discovery Channel, dan juga acara TV mega Movers pada History Channel.

Blue Marlin preparing to offload Ocean Monarch
Pada bulan November 2005, Blue Marlin meninggalkan Corpus Christi, Texas, untuk memindahkan Sea-based X-band Radar ke Adak, Alaska, melalui ujung selatan Amerika Selatan dan Pearl Harbor, Hawaii.Tiba di Pearl Harbor pada tanggal 9 Januari 2006, setelah melakukan perjalanan 15.000 mil. Pada bulan Januari 2007, Blue Marlin dipekerjakan untuk memindahkan dua rig jack-up, Rowan Gorilla VI dan GlobalSantaFe Galaxy II, dari Halifax Harbour ke Laut Utara.

Sea-Based X-Band Radar enters Pearl Harbor on 9 January 2006 on its way to Adak Island, Alaska, transported by MV Blue Marlin.
Pada tanggal 16 Juni 2012, kapal tiba di Pelabuhan Ferrol dalam persiapan untuk mengangkut kapal perang amfibi HMAS Canberra ke Melbourne, Australia lengkap kapal Australia diangkat ke Blue Marlin pada tanggal 4 Agustus 2012 dan dijadwalkan untuk berlayar pada tanggal 12 Agustus,. menuju Australia BAE Systems galangan kapal di Williamstown. kapal melewati Port Phillip Heads menandai kedatangannya di Melbourne pada 17 Oktober 2012.

Blue Marlin carrying USS Cole.

Ship Particular

Name : Blue Marlin
Owner : Dockwise Limited
Operator         : Dockwise Limited
Port of registry         : Netherlands Antilles, Curacao
Panama 2000-2003
Builder : China Shipbuilding Corporation (Kaohsiung, Taiwan)
Laid down : 8 April 1999
Launched          : 23 December 1999
Completed : 25 April 2000
Identification : ABS class no:
Call sign         :       PJFM
DNV ID :       20651
IMO number :       9186338
MMSI no. :       306589000
Status : Operational
General characteristics
Class & type : A1 General Cargo Carrier E0 DK(+) PWDK TMON
Tonnage : 51,821 GT
15,547 NT
76,061 DWT
Length : 224.8 m (738 ft)
Beam : 63.1 m (207 ft)
Draught : 13.3 m (44 ft)

    Length overall : 217 m (712 ft)
    Length PP : 206.5 m (677 ft)
    Breadth moulded : 42 m (138 ft)
    Depth moulded : 13.3 m (44 ft)
    Summer draft : 10 m (33 ft)
    Deadweight : 56,000 metric tons
    Submerged depth above deck : 10 m (33 ft)
    Free deck length : 178.2 or 157.2 m (585 or 516 ft)
    Free deck area : More than 7,215 m2 (77,660 sq ft)
    Main engine output : 12,640 kW (17,160 BHP)
    Bow thruster         : 2,000 kW (2,712 BHP)
    Cruise speed         : 14.5 knots (26.9 km/h; 16.7 mph)
    Cruise range         : 25,000 nautical miles (46,000 km; 29,000 mi)
    Accommodation : 55 people
    Building yard         : CSBC, Kaohsiung

    Depth         : 13.3 m (44 ft)
    Max sailing draft : 10 m (33 ft)
    Max draft submerged : 29.3 m (96 ft)
   
    Water above deck submerged
        aft 16 m (52 ft)
        forward 12 m (39 ft)
    Deck space : 63 m × 178.2 m (207 ft × 584.6 ft)
    Deck area : 11,227 m2 (120,850 sq ft)
    Propulsor output : 4,500 kW (6,035 hp) each
    Conversion yard : Hyundai Mipo Dockyard, Ulsan, South Korea

Sumber : Wikipedia

Lanjut Membaca =======> Peralatan Navigasi Di Kapal

Tags :

Related : Profile MV Blue Marlin Kapal Yang Bisa di Gunakan untuk Mengangkut Kapal Lain

0 komentarmu:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :

* Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
* No SARA
* Tidak menggunakan kata yang menyinggung perasaan orang lain
* Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form