DWT Kapal adalah isi tolak dikurangi dengan berat Kapal kosong dan inventaris tetap saja. Dengan demikian bobot mati atau DWT dApat diartikan dengan jumlah berat muatan, bahan bakar, air tawar ballast, gudang dan inventaris tidak tetap, shingga Kapal tenggelam sampai sarat maximum nya
Isi tolak adalah
berat Kapal kosong + invntaris tetap
berat muatan
berat bahan bakar
berat air tawar
berat ballast
berat gudang
Terdiri dari Apa saja DWT Kapal
berat muatan
berat bahan bakar
berat air tawar
bera ballast
berat gudang
Cargo DWT adalah berat muatan yang dApat di angkut olh Kapal, dengan kata lain cargo DWT itu merupakan bobot mati di kurangi dengan bahan bakar, air tawar, gudang dan inventaris tidak tetap
Isi kotor (gross tonnage = bruto register ton = BRT) merupakan jumlah dari :
isi ruang dibawah geladak ukur atau geladak tonase atau yang sering kita sebut dengan geladak jalan terus yang paling atas (upper most continuously deck)
isi ruang / tempat2 antara geladak kedua dan geladak atas
isi rungan2 yang tertutup secara permanent pada geladak atas atau geladak di atasnya
isi dari ambang palka (1/2 % dari BRT Kapal)
Isi kotor (GRT atau BRT) merupakan isi dari sebuah Kapal di kurangi dengan isi sejumlah ruangan tertentu yang berfungsi sebagai ruangan untuk keamanan Kapal, isi kotor adalah isi sebuah Kapal di kurangi dengan ruangan2 yang dikecualikan seperti
dasar berganda (double bottom)
tangki ceruk depan (forepeak tank)
tangki ceruk belakang (after peak tank)
deck shelter (shelter deck)
dapur (galley)
anjungan (briage)
kantor Nakhoda
ruang kosong di atas kamar mesin
Isi bersih (net tonage = netto register ton = NRT) adalah isi kotor (BRT) dikurangi dengan isi sejumlah ruangan yang berfungsi tidak dApat di pakai untuk mengangkut barang dagangan seperti
kamar Nakhoda dan ABK
ruang jangkar
kamar peta
kamar radio
gudang serang
kamar mesin
Isi tolak (displacement = berat benaman ) : adalah berat yang dipindahkan oleh Kapal, atau sama dengan jumlah ton air yang dipindahkan. Atau berat seluruh Kapal berserta isinya
i) ttowage factor adalah jumlah kaki kubik rungan yang di pakai untuk memadatkan 1long ton muatan
j) berat Kapal kosong (light displacement) ialah berat Kapal hanya dengan inventaris tetapnya saja tanpa muatan. Bahan bakar, air tawar, ballast dll
k) isi benaman (volum of displacment) ialah volum zat cair yang di pindahkan oleh Kapal itu
Load Displacment : adalah displacmen sedemikian rupa sehinga Kapal mempunyai draf maxsimum yang diizinkan atau load displacmen = light displacmen + cargo DWT + operating load pada draft maximum
Hal-hal pokok Apa yang tercantum dalam PKL itu :
nama pelaut
tempat dan tinggal lahir pelaut dan umur
tempat dan tanggal perjanjian di buat
nama Kapal atau Kapal-kapal dimana pelaut akan berlayar / di pekerjakan
masa berlakunya perjanjian (trikatan waktu)
tanggal mulai berlakunya perjanjian
jabatan pelaut diatas Kapal
peryataan Apa bila pelaut juga mengikatkan diri untuk tugas lain selain tugas di Kapal
nam syahbandar di hadApan Siapa perjanjian itu di tandatangani
gaji pelaut tunjangan2 yang menjadi haknya pelaut mengenai pemutusan hubungan kerja
tanda tangan pelaut, Pengusaha dan syahbandar
Siapa yang mennandatangani PKL itu :
pelaut yang bersangkutan (sebagai pihak 1)
pemilik perusahan Pelayaran tersebut (pihak 2)
syahbandar tempat pembuatan PKL (pihak 3)
Apa tujuan PKL tersebut :
pengesahan Awak Kapal telah trikat kontrak kerja dengan perusahan, yang disahkan syahbandar
untuk mengetahui jabatan pelaut di atas Kapal
untuk mengetahui besarnya gaji pelaut yang di pekerjakan yang di terima
untuk sebagai bahan pengaduan kesyahbandar bila salah satu menginkari perjanjian
Apa yang dimaksut sebuah Kapal terkena tindakan karantina :
situasi yang di ciptakan oleh dinas kesehatan terhadap Kapal untuk mencegah penyakit agar tidak menular
Sebutkan macam-macam penyakit yang di sebut penyakit karantina
kolera massa inkubasi 3 hari
pes massa inkubasi 3 hari
cacar massa inkubasi 5hari
flu burung massa inkubasi 1 hari
sars massa inkubasi 1 hari
Dibawah departemen Apa makamah Pelayaran itu:
meneliti sebab2 kecelakaan Kapal dan menentukan ada atau tidak adanya kesalahan atau kelalayan dalam penerApan standar propesi keperlautan yang di berlakukan oleh Nakhoda atau pemimpin Kapal atau perusaan kapl atas terjadinya kecelakaan Kapal
menjatuhkan sangsi administratif kepada Nakhoda atau pimpinan Kapal dan atau perwira Kapal yang memiliki Sertifikat keahlian pelaut yang di keluarkan oleh pemerintah indonesia yang melakukan kesalahan atau kelalayan dalam menerapkan standar propesi kepelautan (pp no 1 th 1998 pasal 1)
Jelaskan pengertian dari :
Awak Kapal: orang yang bekerja atau dipekerjakan diatas Kapal oleh pemilik atau operator Kapal untuk melakukan tugas di Kapal sesuai dengan jabatannya yang tercantum dalam buku sijil
Hukum laut : meliputi segala peraturan Hukum yang ada hubungannya dengan laut
Pengusaha Kapal : adalah orang yang memakai Kapal untuk Pelayaran di laut dengan mengemudikan nya sendiri atau di kemudikan seorang Nakhoda yang bekerja kepadanya
Pelayar adalah semua orang bekerja diatas Kapal kecuali Nakhoda (KUHD 341)
Apa yang dimaksud dengan Hukum: keseluruhan peraturan hidup yang bersifat memaksa untuk melindungi kepentingan manusia di dalam masarakat (prof DR van kan)
Syarat-syarat Apa saja yang di perlukan untuk menjadi Awak Kapal :
memiliki Sertifikat keahlian pelaut (sertificate of conpetency)
memiliki Sertifikat keterampilan pelaut (certifikat of profieicney)
berumur sekurang2 nya 18 tahun
sehat jasmani dan rohani berdasarkan hasil pemeriksaan yang khusus dilakukan untuk itu
memiliki Surat2 dan Dokumen lain yang diperlukan atau yang ditentukan oleh perusaan
Apakah fungsi buku pelaut bagi seorang pelaut :
untuk perSyaratan bias bekerja di Kapal
untuk mengetahui pengalaman yang sudah di miliki oleh seorang pelaut
Apa dasar pemberlakuan ketentuan karantina di indonesia :
untuk menyegel dan memutus rantai penyakit menular agar tidak meyebar luas melalui perantayan Kapal yang masuk ke wilayah tersebut
Sebutkan macam-macam pelanggaran ABK yang dApat dikenakan tindakan disiplin oleh Nakhoda :
tidak memenuhi perintah Nakhoda
keluar/ meninggalkan Kapal tanpa ijan
menyimpan /mengunakan barang-barang yang bukan merupakan barang kebutuhan wajar seperti minutan keras, senjata api
tidak melaksanakan tugas dengan baik
tidak taat pada atasan dan tidak sopan
tidak bersedia ikut wajib militer
Apakah Nakhoda juga merupakan Awak Kapal, Jelaskan jawApan anda
” ya ” karena Nakhoda adalah salah seorang dari Awak Kapal yang menjadi pemimpin umum di atas Kapal (uu no21 th 1992)
Bagaimana prosudur pembuatan PKL yang berlaku untuk Nakhoda dan ABK
Nakhoda
Untuk Nakhoda / perwira
Pihak pekerja / Nakhoda / perwira harus memiliki Surat2 Dokumen memenuhi persayaratan conpetency dan proficiency lain yang ditentukan oleh perusahan
Setelah di pahami isi PKL dan Nakhoda/ perwira menyetujui isi dari PKL tersebut maka Nakhoda / perwira menandatangani PKL tsb di depan petugas shahbandar, demikian juga pihak pemilik Kapal setelah menyetujui tentang isi PKL, pemilik / pihak perusahan juga menandatangani PKL tsb di depan petugas syahbandar
Setelah kedua pihak menandatangani isi dari PKL tsb maka petugas syahbandar menandatangani PKL tersebut sehinga PKL tsb dianggap sah menurut undang2
Di catat dalam sijil sebagai Nakhoda
PKL untuk ABK adalah
Prosesnya sama dengan di atas hanya saja pemilik Kapal bisa di wakilkan kepada Nakhoda
Harus di tandatangani oleh syahbandar tanpa pemilik Kapal cukup di wakilkan Nakhoda
Kemudian disyahkan oleh syahbandar
Dan di catat dalam sijil Awak Kapal sebagai ABK
Cara-cara mengakhiri hubungan kerja (pembatalan yang sah oleh UU)
dengan alasan yang wajar
Pelaut meninggal dunia
Atas persetujuan kdua belah pihak
Jika perjanjian tidak syah
Jika salah satu pihak tidak setuju selama dalam masa percobaan
Perusahan di likwidasi
dengan alasan mendesak .
Alasan mendadak bagi perusaan / majikan untuk mengadakan PHK terhadap pelaut
Alasan mendesak bagi pelaut untuk mengadakan PHK terhadap perusahan / majikan
alasan penting ;
Pelaut terganggu ingatannya
Dll
Kapal-Kapal manakah yang di lengkapi dengan :
Surat laut ; Kapal-kapal yang memiliki isi kotor minimal 500 meter kubik
Pas Kapal : untuk Kapal-kapal yang memiliki isi kotor lebih kecil dari 20 meter kubik
Pas kecil : untuk Kapal-kapal yang isi kotornya lebih kecil dari 20 meter kubik
Pas tahunan ; di berikan kepada Kapal tonnasenya (20 m3 s/d 499 m3)
Apa isi pokok dari
Surat laut isinya :
Nama Kapal
Nama panggilan Kapal
Nama pemilik Kapal
Nama Nakhoda
Ukuran / tonase memuat sarat ukuran (isi bersih & isi kotor )
Keterangan2 lain sesuai dengan Surat pndaftaran Kapal
Surat ukur isinya :
Nama Kapal tempat asal Kapal
Jumlah geladak, tiang Kapal, dasar berganda tangki ballast
Ukuran2 pokok Kapal panjang, lebar dan dalam
Perincian isi kotor dan isi bersih Kapal dalam meter kubik dan register ton
Apa isi pokok dari Sertifikat lambung timbul :
Isinya tentang batas-batas sarat yang diijinkan oleh pihak berwenang
Pesyaratan Apakah yang harus di penuhi Kapal untuk memperoleh Sertifikat keselamatan
Persaratan yaang berhubungan dengan keselamatan yang harus ada di atas Kapal seperti
Sekoci penolong
Lefe raf
Life boy
Jaket penolong
Rakit penolong
Parasut signal
Smok signal
Dll
Kapan buku harian Kapal di perlihatkan kpd syahbandar :
pada saat exhibitum yaitu dilaksanakan dalam jangka waktu 48 jam setelah tiba (KUHD 354)
Siapakah dari Awak Kapal harus turut menandatangani kisah Kapal:
Nakhoda atau wakilnya yang harus menandatangani kisah Kapal tersebut sebelum di serahkan dan di tandatangani oleh 2 petugas / syahbadar.
Siapakah pihak pengangkutan :
pihak pengangkut adalah Kapal dan Nakhoda sebagai penangung jawap
Bagaimana hubungan antara konsumen dan resi mualim
resi mualim adalah tanda terima muatan yang diterima mualim (KPL) dan di buat oleh mualim sedangkan konsumen adalah perjanjian dri pengangkut yang telah diterima dan akan di muat oleh pihak perusahan sesuai dengan ketentuan dan perSyaratan
Dokumen Apa yang harus di serahkan pihak penerima di pelabuhan bongkar kepada agen Kapal untuk mengambil barang muatan
konsumen / bill of loading
Apa yang di maksud dengan resi mualim
tanda terima muatan yang telah di terima mualim Kapal sesuai sesuai dengan yang di perintahkan dalam Surat perintah pengApalan
Apa yang dimaksud dengan bill of loading konsumen
Surat perjanjian dari pengankut yang telah menrima muatan akan di bawa ke tempat tujuan serta menyerahkan kepada si penerima sesuai dengan ketentuan &perSyaratan yang ada di dalam Surat tersebut
Apa yang di maksud dengan Kapal
segala sesuatu yang dApat terapung diatas air, dan dApat di pergunakan sebagai alat transpotasi
Apa kreterial yang di perlukan untuk menetpkan sebuah Kapal bersetatus Kapal indonesia
Surat tanda kebangsaannya indonesia
Sebutkan macam-macam jabatan Nakhoda
Nakhoda sebagai pimpinan Kapal (KUHD 341)
Nakhoda sebagai memegang kewibawahan (KUHD 384, 385, 386)
Nakhoda sebagai apdi Hukum
Nakhoda sebagai pegawai pencatatan sipil
Nakhoda sebagai notaris
Nakhoda sebagai wakil Pengusaha Kapal/ perusahan Pelayaran
Apa kewajiban Nakhoda
bertindak dengan kecakApan, kecermatan dan kebijak sanaan yang optimal dalam memimpin dan menavigasikan Kapalnya
mematuhi perintah dan peraturan Pengusaha selama tidak menyimpang dari PKL
mewakil Pengusaha sebagai penggugat atau tergugat sehubungan dengan Kapalnya
berusaha melakukan perbaikan2 Kapalnya guna meneruskan Pelayaran dengan cara bagai manapun
berusaha menyelamatkan Kapalnya dari penghancuran atau penangkApan di pihak lawan
Sebutkan 4 macam Sertifikat Kapal berdasarkan solas 1974
Sertifikat alat pemadam kebakaran
Sertifikat sekoci penolong
sertifikat life raf
Sertifikat alat muat
Sebutkan 4 macam Dokumen yang berhubungan dengan muatan
Resi mualim
Bill of loading / konsumen
Manifest
Shipping order / loading order
Dokumen atau Surat Apa yang menyatakan hal-hal sebagai berikut :
seorang sah menjadi Nakhoda : yang menyatakan hal itu adalah buku sijil yang disahkan syahbandar
Kapal udah layak laut : Dokumen yang menyatakan hal tersebut adalah ” S I B ” Surat ijin berlayar
pengalaman berlayar : buku pelaut
gaji / upah pelaut : Dokumen yang menyatakan hal tersebut adalah PKL
Sebutkan macam-macam kewajiban ABK
mematuhi perintah Nakhoda
meminta ijin tiap kali akan meninggalkan Kapal
meminta ijin untuk mempunyai, menyimpan atau menggunakan barang-barang yang bukan merupakan barang kebutuhan wajar misalnya minuman / senjata api
siap melaksanakan tugas lembur
melaksanakan tugas sehari2 penuh didikkasi perasan ikut memiliki
bersedia menjadi wajib militer (wamil)
berlaku bertindak relatif sopan dan baik sesuai dengan tugas, jabatan dan ketentuan perusaan
dll
Jelaskan Apa yang di maksud dengan :
Nakhoda : adalah salah seorang dari Awak Kapal yang menjadi pimpinan umum diaas Kapal dan mempunyai wewenang dan tangung jawap tertentu sesuai dengan peraturan perundangan2 an yang berlaku(UU no 21 th 1992 pasal 1)
ada Berapa macam buku harian Kapal
buku harian deck
buku harian mesin
buku harian radio
hal-hal Apa yang di catat dalam buku harian ? Jelaskan
kejadian2 yang penting2 sehubungan dengan pengoperasian Kapal dan di sesuaikan dengan item2 yang telah di tentukan dalam buku harian tersebut
Sebutkan sartifikasi dan Dokumen Apa yang harus diserahkan kepada syahbandar setibanya Kapal tiba di pelabuhan
Sertifikat /Dokumen yang berhubungan dengan Kapal itu sendiri seperti :
Gros akte
Surat laut
Surat ukur
Surat ukur sles/ phanama chenel
Sertifikat garis muat
Sertifikat Kapal penumpang
Sertifikat hapus tikus
Memorandum
Buku harian
Dll
Sertifikat / Dokumen yang berhubungan dengan alat-alat :
Sertifikat alat pemadam kebakaran
Sertifikat secoci penolong
Sertifikat radio
Sertifikat jangkar
Sertifikat alat muat
Sertifikat radar
Sertifikat mesin-mesin pompa
Sertifikat lampu navigasi
Dll
Sertifikat / Dokumen yang berhubungan dengan Awak Kapal
Sertifikat keahlian pelaut (izazah)
Sertifikat keterampilan pelaut
Perjanjian kerja laut
Pasport
Buku kuning
Sijil Awak Kapal / crew list
Bbuku pelaut
Surat kesehatan dari dokter
Dll
Dokumen / srtifikat yang berhubungan dengan dengan muatan
Shipping order
Notice of readinnes
Rcpetion letter
Tentatif stowage plan
Final stowege plan tally sfcet
Working sheet
Resi mualim
Bill of loading letter of indentity
Manifest
Notes of protes
Resi gudang
Dll
Apa yang di maksud Surat laut adalah :
Suatu tanda bukti kebangsaan sebuah Kapal
Kapal-kapal Apakah yang di berikan sarat laut dan Apa nama Dokumen pengganti untuk Kapal-kapal lain
Diberikan kepada Kapal-kapal yang memiliki isi kotor minimal 500 meter kubik
Dama Dokumen pengganti untuk Kapal-kapal lain
Surat pas Kapal
Surat pas kecil
Surat pas tahunan
Apa yang dimaksut PKL kolektif
Perjanjian kerja laut antara majikan gabungan majikan dengan gabungan pelaut
Suatu perjanjian yang di buat oleh para pelaut dalam hal ini di wakili oleh KPI dengan para Pengusaha Kapal dalam hal ini diwakili oleh INSA
Sebutkan tiga macam contoh pemutusaan PKL alasan mendesak oleh perusahan Pelayaran.
Apabila pelaut melakukan penyeludupan
Apa bila pelaut menganiaya Pengusaha Kapal
Apabila pelaut merusak alat-alat merugikan perusahan
Apabila pelaut sering mabuk-mabukan diatas Kapal
Pelaut tersangkut masalah Hukum
Sebutkan tiga contoh pemutusan PKL alasan mendesak oleh Awak Kapal :
Pengusaha tidak menyediakan makanan yang layak
Pengusaha Kapal memerintahkan berlayar ke negara musuh
Pengusaha menggunakan Kapalnya sebagai tindak pidana atau melawan Hukum
Perusahan menyimpang dari PKL yang di buat
Dari data Apa kamu mengetahui volume ruangan muat muat sebuah Kapal
Dari Surat ukur Kapal
Dari blue frien Kapal
Tugas pokok makamah Pelayaran
Meliti sebab2 kecelakaan Kapal da n menentukan ada atau tidaknya kesalahan atau kelalayan dari penerApan standar propesi kepelautan yang dilakukan oleh Nakhoda atau pimpinan Kapal dan atau perwira Kapal atas terjadinya kecelakaan
Menjatuhkan sangsi administrasi kepada Nakhoda atau pemimpin kpl dan perwira Kapal yang memiliki sertipikat keahlian pelaut yang dikeluarkan oleh pemerintah indonesia yang melakukan kesalahan atau kelalaian dalam menerapkan standar propesi kepelautan (PP NO 1THN 1998 PASAL 18)
Jelaskan prosedur pengaduan kepada mahkamah Pelayaran oleh Pengusaha Kapal atau penumpang Kapal.
Membuat berita acara yang disampaikan kpd mahkamah Pelayaran.
MenDokumentasikan,serta mengumpulkan bukti2 yang akan diserahkan atau ditujukan kepada mahkamah Pelayaran.
Apa saja yang diperlukan sbg persaratan untuk menjalankan perusahaan Pelayaran:
Badan usaha untuk mendirikan perusahaan.
Memiliki atau lebih satu Kapal.
Hukum laut adalah:
Rangkaian peraturan dan kebiasan Hukum mengenai laut yang bersipat keterbatasan.
Laut teritorial:
Laut yang berbatasan dgn negara pantai yang diukur dari garis pangkal selebar 12 mil laut.
Zone ekonomi eksklusif:
Adalah wilayah laut yang lebarnya tdk melebihi 200 mil laut dihitung dari batas laut wilayah(laut teritorial)
Kawasan adalah:
Wilayah atau zone perairan yang telah ditetapkan melalui Hukum maritim.
Fungsi buku harian:
Untuk bukti pertanggung jawaban di Kapal.
Sebagai bukti otentik setiap kejadian diatas Kapal
Mempermudah segi kontrol bagi pihak2 yang bersangkutan.
Cara pengisian buku harian:
Harus diisi dgn keadaan yang sebenarnya
Di isi, berurutan sesuai nomor urut halaman
Bila ada tulisan yang salah, tdk boleh dicoret berulang kali.
Bila ada tulisan yang salah tdk boleh di tifex.
Bila ada tulisan yang salah cukup dicoret sekali saja,lalu diadakan pembetulan dan paraf.
Tdk boleh mengurangi jumlah,merobek halaman yang telah ada.
Tdk boleh menambahi jumlah halaman yang ada.
bila ada halaman yang tersisa harus diberi tanda penutup.
Tujuan mendaftarkan Kapal untuk :
memperoleh tanda kebangsaan Kapal (Surat ukur)
untuk mendApatkan hypotek
Kapan PKL berlaku.
Sejak tanggal pemberlakuan ditetapkan
Sejak pihak 1 di sijil
Sejak penandatanganan PKL
Sangsi administratif adalah:
Peringatan
Mencatat sementara Sertifikat keahlian pelaut untuk bertugas dalam tugas tertentu, dalam jangka waktu 2 th
PKL bersifat konstitutif artinya:
Adalah alat bukti yang di gunakan untuk mengajukan gugatan Apa bila pihak2 ada yang merasa di rugikan
Apa yang di maksud dengan right of innoccnt passage:
Adalah hak yang di berikan kepda Kapal-kapal asing yang melintasi perairan indonesia
Tugas syahbandar adalah
Melakukan pengawasan terhadap keselamatan Pelayaran
Mengeluarkan port clerence
Mengesahkan PKL
Melakukan pengusutan awal kecelakaan Kapal
Menerbitkan Dokumen-dokumen ke pelautan
Yang di maksud tanda selar :
Tanda bukti Kapal telah di ukur berupa rangkaiyan hurup & angka yang menyatakan isi kotor, nomor urut dan kode pelabuhan
Dokumen yang berhubungan dengan Awak Kapal .
PKL Awak Kapal
Buku pasport Awak Kapal
Buku pelaut
Buku sijil Kapal / crew list
Daftar barang / inventaris Awak Kapal
Surat jaminan bahwa Awak Kapal tidak akan melarikan diri ke negara lain .
Writen by cimun Moses from Kumpulan Soal Jawab Hukum Maritim UKP PUKP V Semarang
Untuk Mempermudah Membaca Silahka Download versi PDF Ebooknya DOWNLOAD
Untuk Mempermudah Membaca Silahka Download versi PDF Ebooknya DOWNLOAD
0 komentarmu:
Post a Comment
Tata Tertib Berkomentar :
* Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
* No SARA
* Tidak menggunakan kata yang menyinggung perasaan orang lain
* Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form