Belajar Dan Berbagi Informasi Dunia Pelayaran

Download Ebook Hand Tools Macam - Macam Peralatan Kerja, Engneer Wajib Punya

Hand Tools Macam - Macam Peralatan Kerja

Apasih Peralatan Tangan itu atau Hand Tools ?

Peralatan Tangan atau Hand Tools, sangatlah penting diatas kapal, terutama bagi Engineer bahkan sampai peralatan di deck pun membutuhkan Hand Tools unutuk perbaikan di saat ada kerusakan. Lalu apakah kita sudah tau apa saja Hand Tools itu? Bagi para pelaut-pelaut yang sudah berpengalaman mungkin sudah tidak asing lagi dengan peralatan kerja di kapal, terutama para masinis-masinis |Engineer| tentu sudah tidak asing lagi karena setiap hari pasti menjumpai dan memakainya sebagai alat untuk menunjang pekerjaan apabila diperlukan dalam suatu kerusakan atau perawatan permesinan, Namun lain halnya bagi para calon pelaut atau Taruna, mungkin saja asing peralatan tersebut, menurut saya semua pelaut kususnya jurusan teknika |Engineer| wajib sekali tau Nama dan Fungsi dari peralatan yang ada di kapal, Ya ...walaupun saya sendiri masih kurang dalam pengetahuan ini tapi tidak ada salahnya senantiasa kita tau dan ingin tau yang pada intinya sama-sama belajar

Salah Kaprah !!!

Salah kaprah dalam bahasa jawa berarti terlalu salah, kenapa saya berkata seperti itu karena ini berdasarkan pengalaman saya ketika di kapal, jujur saja kebanyakan dari mereka tidak tau nama alat yang sedang di gunakanya, apalagi nama Internasionalnya atau nama inggrisnya, mereka hanya tau itunya dan kunci itu misalnya yang bentuknya seperti ini atau yang bisa digunakan untuk membuka pipa dsb. Saya sendiri heran ketika saya tanya kepada beberapa oliman ini namanya apa? dan dia menjawab ini pokoknya yang bisa buat buka baut besa mas!! lalau ketika saya mencoba membuka katalog macam-macam hand tools disitulah baru tau nama-nama hand tool di kapal, kususnya di kamar mesin. 

Dari pengalaman diatas,kesimpulanya kita sebagai pelaut dan calon pelaut kususnya harus benar - benar mengetahui nama dan fungsi suatu alat yang kita gunakan, lebih baiknya lagi kalau kita tau nama dalam bahasa inggrisnya itu akan mempermudah engineer dalam meminta alat tersebut ke perusahaan apabila membuatuhkan tapi sudah rusak atau tidak ada.

Back to Topic !!!
Oke...sekian pengalaman yang saya ceritakan untuk selanjutnya kita sedikit membahas tentang hand tools yaitu contoh beberapa hand tools yang akan dijelaksan di bawah ini saya harap anda memperhatikannya sebelum mendownload ebooknya,

Secara umum hand tools dibagi dalam beberapa jenis:
  1. Wrenches 
  2. Sockets
  3. Srewdrivers
  4. Pliers
  5. Punches
  6. Chisels
  7. Specialty Tools
Untuk lebih jelasnya lihat macam-macam tool dibawah ini:

ADJUSTABLE WRENCH
ADJUSTABLE WRENCH With moment

ADJUSTABLE WRENCH versi biasa
Jawnya bisa dirubah-rubah sesuai dengan keinginan. Digunakan pada nut/bolt yang berukuran ganjil dimana open end, box end, combination wrench tidak bisa dipakai. Wrench ini sering kita berinama kunci inggris, nah sekarang anda jadi tau kan kalau nama aslinya ADJUSTABLE WRENCH atau kunci yang bisa di stel sesuai ukuran.

BOX END WRENCH (Kunci Ring)

Kunci ini ujung-ujungnya  berbentuk Socket. Digunakan pada saat awal membuka nut/bolt

HOLLOW HEAD SCREW RENCH (ALLEN or HEX WRENCH) Kunci L



Kunci ini mempunyai ukuran dari 0.028 inch sampai diatas 1inch. Digunakan untuk melepas dan memasang set screws, guides pins, drain plugs dll.

COMBINATION WRENCH ( Kunci Ring Pas)





Combination Wrenches digunakan disemua  area, dimana  socket  dan  ratchet tidak bisa digunakan.

PIPE WRENCH ( Kunci Pipa )


Ukuran pipe wrench ditentukan oleh panjangnya shank. Kunci ini digunakan hanya untuk melepas dan memasang pipa.
Untuk Selanjutnya Download Ebook Hand Tools Macam - Macam Peralatan Kerja Engneer Wajib Punya

Related : Download Ebook Hand Tools Macam - Macam Peralatan Kerja, Engneer Wajib Punya

0 komentarmu:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :

* Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
* No SARA
* Tidak menggunakan kata yang menyinggung perasaan orang lain
* Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form