Belajar Dan Berbagi Informasi Dunia Pelayaran

Inilah 10 Perusahaan Kapal Kontainer Terbesar Di Dunia Yang Wajib Di Ketahui

Kontainer merupakan sarana terpenting dalam pengiriman barang melalui kapal,yaitu sebagai sarana atau tempat yang digunakan untuk menyimpan barang ketika barang akan di kirim baik export maupun import menggunakan Kapal Laut, orang-orang juga sering menyebutnya dengan peti kemas. Hal ini dikarenakan dengan adanya container menjadikan barang yang dikirim semakin aman, berbeda dengan cargo yang memungkinkan terdapat resiko hilang atau basah atau rusak, namun dengan container akan semakin terjamin keamananya. Dengan demikian banyak sekali perusahaan kapal container di berbagai negara dan bahkan di Indonesia.

Namun dengan sekian banyaknya perusahaan kapal container dan begitu ketatnya persaingan namun terdapat perusahaan-perusahaan yang maju pesat dan menjadi perusahaan terbesar di dunia diantaranya sebagai berikut :

1 . NYK : NYK adalah singkatan dari Nippon Yusen Kabushiki Kaisha , NYK adalah salah satu perusahaan kargo terbesar yang beroperasi secara internasional .( sering kan kita lihat kapal-kapal yang berlogo tulisan NYK,lihat saja pasti kapalnya besar-besar.  maukah kalian bekerja di perusahaan ini, tentunya bergaji besar sesuai jabatannya. )


Perusahaan ini telah beroperasi sejak tahun 1870-an , bayangkan sudah berapa lama perusahaan ini berdiri dan pantas saja menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia.

2 . Evergreen Marine Corporation : Kalian tau kan setiap kita berjalan di jalan raya kadang terlintas ada truk container berwarna hijau dan bertuliskan Evergreen, apa yang ada dalam benak kalian ketika melihat truk yang bertuliskan tersebut? Pernah berfikirkah bahwa Evergreen salah satu perusahaan terbesar di dunia, jangan salah teman kalau ternyata Evergreen Marine Corporation didirikan pada tahun 1968 oleh Dr Yung - Fa Chang China

Saat ini, perusahaan memiliki kantor didirikan di seluruh dunia dan dengan kapasitas operasional lebih dari 160 kapal container, perusahaan

3 . CMA CGM : Perusahaan pelayaran Prancis yang terkemuka alias terkenal sampai ke pelosok negeri kita ini yaitu, CMA CGM - muncul pada tahun 1978 , yang di pimpin oleh seorang yang bernama Mr. Jacques Saade, Saat ini, perusahaan memiliki armada lebih dari 350 kapal yang beroperasi di lebih dari 150 rute global. Wah besar juga, bagaimana nih di Indonesia ada gak yah yang kaya gini?


4 . Maersk : You know Maersk?  Sebuah perusahaan pelayaran yang berbasis di Denmark , Maersk Shipping Line adalah cabang dari AP Moller Maersk Company. Luas dan terkenal karena armada kapal kontainer, Maersk Line memulai debutnya dalam wadah arena pelayaran internasional pada tahun 1904.


Saat ini, perusahaan memiliki armada sekitar 500 kapal kontainer dengan kapasitas sekitar 19 , 00.000 TEU ( Twenty - Foot Equivalent Units ) .Wah lebih banyak armada kapalnya nih di banding dengan CMA CGM.

5 . MSC : The Mediterranean Shipping Company , disingkat MSC adalah sebuah perusahaan Kontainer internasional Swiss yang didirikan pada tahun 1970.


Saat ini, dengan kapal line-up lebih dari 456 kapal kontainer , Sehingga mempunyai peringkat perusahaan container terluas di dunia.

6 . Hapag - Lloyd : Perusahaan ini berada di Jerman, Hapag - Lloyd adalah salah satu perusahaan yang paling terkenal dalam hal perusahaan pelayaran internasional . Perusahaan ini didirikan pada tahun 1970 sebagai hasil penggabungan antara Hamburg-American Line dan North German company Lloyd.


Pada masa sekarang perusahaan ini memiliki lebih dari 130 kapal yang melayani sekitar lima juta kontainer pada skala dunia .

7 . APL : Sebuah perusahaan tambahan ke Singapura Orient Shipping Lines , APL merupakan singkatan dari American President Lines . Didirikan pada tahun 1848 ,



Salah satu prestasi yang paling penting dari perusahaan ini merupakan  perusahaan pertama yang berhasil memanfaatkan ekstra besar ( 53 kaki ) kontainer di kapal, akuntansi untuk transportasi kargo pendek .

8 . COSCO : China Ocean Shipping Company atau COSCO ,Saat ini operasi perusahaan yang tersebar di 40 negara dengan armada 150 kapal kontainer .



9 . Hanjin : Korea Selatan , Hanjin Shipping Company adalah salah satu perusahaan kargo terbesar di Asia dan di dunia. Saat ini perusahaan memiliki kapasitas operasional kargo lebih dari 1 milyar ton setiap tahun dengan sekitar armada sekitar 60 kapal .



Pada tahun 2003 , Hanjin dan COSCO membentuk aliansi strategis . Aliansi itu manfaat baik konglomerat pengiriman dan didukung mereka ke posisi tegas sebagai perusahaan terkemuka pengiriman kargo Asia .

10 . CSCL : CSCL adalah singkatan untuk China Shipping Container Lines , perusahaan yang berbasis di Shanghai . Dimulai pada tahun 1997 , perusahaan segera naik antara jajarannya dan hari ini telah mendorong bukan hanya dirinya sendiri tetapi juga negara ke ketinggian terkemuka di industri pelayaran kontainer . 

Perusahaan ini mempunyai nama baik di Hong Kong dan Bursa Efek Shanghai .

 
Nah sudah tau kan 10 perusahaan container terbesar di dunia, kebanyakan pelaut pasti mengenal perusahaan tersebut diatas walaupun sebagian hanya bias berangan-angan karena tidak mudahnya untuk bekerja di perusahaan yang bonafit apalagi salah satu terbesar di dunia, tapi sebgai taruna taruni yang mempunyai semangat tinggi juga harus bercita-cita tinggi seperti apa yang dikatakan oleh Ir.Soekarno, presiden pertama Indonesia yaitu “ Bercita-citalah setinggi langit, maka kalau terjatuh akan jatuh diantara bintang”

Dari kata tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa bercita-cita tinggi itu penting dan tidak ada salahnya, walaupun mungkin nanti tidak tercapai tetapi sudah puas dengan apa yang kita capai semampu kita.
Salam Korps taruna taruni Indonesia from MaritimeWorld Team

Sumber : Marine Insight
Image credit : google search and marine insight

Related : Inilah 10 Perusahaan Kapal Kontainer Terbesar Di Dunia Yang Wajib Di Ketahui

0 komentarmu:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :

* Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
* No SARA
* Tidak menggunakan kata yang menyinggung perasaan orang lain
* Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form