Belajar Dan Berbagi Informasi Dunia Pelayaran

Perbedaan Kapal Dan Perahu

Meskipun semua orang tahu perbedaan antara kapal dan perahu, ada beberapa yang sering bingung antara dua istilah. Secara teknis, ada garis tipis antara mereka dan ini mengarah ke kebingungan besar.
Sementara berbicara tentang perbedaan antara kapal dan perahu, hal pertama yang terlintas dalam pikiran seseorang adalah ukuran mereka. Secara tradisional orang menganggap sebuah kapal sebagai kapal laut besar yang terjadi, sedangkan perahu relatif cukup kecil dalam ukuran.

Untuk memahami perbedaan antara kapal dan perahu, sejumlah aspek perlu dipertimbangkan.
Disebutkan di bawah ini adalah tujuh aspek utama yang diperhitungkan untuk membedakan antara kapal dan perahu.

1. Ukuran
Aspek yang paling penting yang dipertimbangkan saat menyatakan perbedaan antara kapal dan perahu adalah ukuran. Dikatakan bahwa cara terbaik untuk membedakan antara kapal dan perahu adalah untuk mengingat bahwa "Sebuah kapal dapat membawa perahu, tapi perahu tidak dapat membawa kapal."

 Secara teknis, modus transportasi air yang beratnya setidaknya 500 ton atau di atas dikategorikan sebagai kapal. Sebagai perbandingan, kapal yang ditetapkan cukup kompak dalam ukuran struktural dan pengungsian.

2. Operasional Daerah
Perbedaan utama antara perahu dan  kapal adalah bahwa wilayah operasi mereka. Kapal adalah kapal yang beroperasi di wilayah samudera dan laut lepas. Mereka biasanya termasuk kapal pesiar, kapal angkatan laut, kapal tanker, kapal kontainer, kapal Roro, dan kapal lepas pantai. Mereka terutama dibangun untuk kargo / angkutan penumpang di seluruh lautan.

Perahu Sebaliknya, yang beroperasi di daerah air yang lebih kecil / terbatas dan termasuk mengangkut dan penarik kapal, kapal berlayar, kapal dayung, kayak, kano, kapal patroli dan lain-lain. Perahu terutama digunakan untuk tujuan yang lebih kecil dan terutama di daerah dekat pantai.

 3. Navigasi dan Teknologi
Secara teknologi, perahu dengan peralatan navigasi yang kurang rumit  dan sederhana, sedangkan  kapal, sistem Navigasi dan Teknologi yang cukup canggih dengan persyaratan pemeliharaan operasional. Karena kapal diperlukan untuk dapat dioperasikan untuk jangka waktu yang lebih lama dan waktu-perjalanan melintasi lautan, mereka diawaki menggunakan teknik canggih, mesin-mesin berat, dan sistem navigasi.

4. Awak kapal
Ini adalah salah satu perbedaan utama antara kapal dan perahu.
Kapal besar dalam ukuran dan karena itu mereka dioperasikan oleh navigator profesional terlatih dan insinyur. Sebuah kapal membutuhkan kapten untuk mengoperasikan kapal dan membimbing kru.
Di sisi lain, ukuran awak di perahu tergantung pada ukuran perahu. Hitungan satu orang atau kru penuh tergantung pada ukuran dan tujuan dari perahu.

5. Kapasitas kargo
Sebuah perahu adalah kapal kecil dan menengah, yang memiliki kemampuan membawa kargo yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan kapal.
Kapal yang khusus dibuat untuk membawa kargo, penumpang atau perahu, sedangkan perahu adalah istilah generik yang digunakan untuk berbagai kendaraan air, terutama kapal yang digunakan untuk tujuan rekreasi atau memancing.

6. Konstruksi dan Desain
Konstruksi dan desain kapal adalah struktur rumit yang memiliki berbagai sistem mesin dan aspek merancang untuk keamanan dan stabilitas kapal.
Sebuah perahu jauh sederhana dalam konstruksi dan memiliki mesin yang lebih ringan dengan kompleksitas desain yang rendah.

7. Tenaga penggerak
Sebuah perahu dapat didukung oleh layar, motor, atau kekuatan manusia, sedangkan kapal telah mendedikasikan mesin untuk mendorong mereka. (Kapal juga dapat didorong oleh layar atau teknologi propulsi canggih)

Penggunaan istilah 'kapal' atau 'perahu' juga tergantung pada daerah yang digunakan. Orang-orang dari beberapa negara sering merujuk sebuah kapal nelayan menengah sebagai perahu, atau feri berukuran menengah atau perahu rekreasi seperti kapal. Seperti dapat dilihat, orang memiliki kecenderungan untuk menggeneralisasi kapal berdasarkan ukurannya.
Namun, untuk dicatat bahwa perbedaan antara kapal dan perahu tergantung pada sejumlah faktor seperti didiskusikan di atas.




Sumber Berita : http://www.marineinsight.com
Image Credit   : http://en.wikipedia.org/wiki/File:Amerigo_vespucci_1976_nyc_aufgetakelt.jpg

Tags :

Related : Perbedaan Kapal Dan Perahu

0 komentarmu:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :

* Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
* No SARA
* Tidak menggunakan kata yang menyinggung perasaan orang lain
* Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form