Belajar Dan Berbagi Informasi Dunia Pelayaran

UKP Perawatan Dan Perbaikan ATT IV

Bagian-bagian penting dalam komponen yang harus diperiksa pada saat kompresor udara service over hole. Perawatan kompresor udara pejalan yaitu :
a. Section Low Pressure Valve.
b. Section High Pressure Valve.
c. Delivery Low Pressure Valve.
d. Delivery High Pressure Valve.
e. Safety Low Pressure Valve.
f.  Safety High Pressure Valve.
g. Piston, Piston Ring dan sebagainya
- Periksa/ kalibrasi LP dan HP manometer dalam keadaan baik
- Perawatan dan perbaikan (overhoul) sesuai jam kerja atau sesuai kondisi
- Perawatan dan perbaikan LP dan HP valve, juga pastikan semua klep klep dalam keadaan baik
- Bersihkan LP dan HP air cooler secara periodic
- Perawatan safety valve, regulator/ reducer valve, inlet dan outlet valve dan semua katup udara secara periodic
- Perawatan penggantian minyak lumas secara berkala
- Lakukan cerat udara sebelum dan sesudah menjalankan kompresor
- Periksa secara periodic moving contact yg terdapat di dalam magnet contactor
- Perawatan terhadap electro motor dan switch box pada kompresor yg digerakan oleh electro motor

Perawatan katup udara tekanan tinggi pada kompresor udara ( high pressure delivery Valve)
-Perawatan / perbaikan LP/HP Valve dan Delevery Valve di skeur dengan Fine Lapping pastikan semua klep-klepdalam keadaan baik.Kedap/tidak bocor,masih tebal, cooper gasket,spring valve
semua dalam kondisi baik,sehingga hasil udara kompresi yang tinggi tidak terbuang percuma.

Akibatnya jika terjadi penyimpangan kelurusan poros engkol (mis aligment) melebihi batas yg diijinkan yaitu :
- Akan timbul getaran kuat
- Beban yang tidak rata pada semua komponen.
- Piston bergetar terhadap cylinder liner.
- Metal duduk(main bearing) berikut bagian bagiannya
- Mur & baut metal jalan menerima beban getaran paling berat.
- Metal rusak.rank shaft main engine rusak.
Kapal rusak akan delay atau discrap..

Akibat2nya apabila air didalam ketel uap tidak dirawat sebagaimana mestinya yaitu :
- Pemanas naik/ panas dapur meningkat beban panas.
- Produksi uap akan berkurang.
- BBM pemakaian banyak.
- Pipa – pipa air akan mudah rusak/ bocor.

- Kegunaan katup2 apendasi ketel adalah :
o Gelas penduga : untuk melihat tinggi permukaan air didalam drum uap.
o Manometer utama :  untuk melihat tekanan uap didalam ketel dan mengontrol berapa tekanan uap yang keluar dari katup induk.
o Thermometer : untuk melihat suhu gas buang sebelum dan sesudah Economiser.
o Kaca pengintip pembakaran : untuk memeriksa pembakaran didalam ruangan dapur.
o Katup keamanan : apabila terjadi tekanan uap melebihi tekanan maksimum yang diizinkan,maka katup akan terbuka sendiri
o Katup balik air pengisian :  agar air yang sudah masuk tidak kembali kearah pompa air pengisisn.
o Katup cerat udara : untuk membuang udara didalam uap yang dibuka pada saat pembakaran awal ketel uap
o Low water level alarm : signal pemberitahuan bahwa permukaan air ketel rendah.
o Lowest water level trip :alat pengaman yang akan mematikan pembakaran ketel apabila permukaan air dibawah ambang batas maksimum
o Katup dan sistim pembilasan udara dan jelaga(Soot blow) : untuk membersihkan sisa-sisa pembakaran dan jelaga2 yang baru melekat didalam ruangan dapur dan pada dinding pipa-pipa
o Peralatan2 pengaman sistim Pneumatic electric : yang memerintahkan menutup Solenoid Fuel Oil Valve akan menutup katup bahan bakar yang masuk ke Brander dapur secara cepat,sehingga pembakaran dapat segera di stop.
o Optic control : jika pembakaran tidak sempurna(flame failure trip off) apabila terjadi pembakaran yang tidak sempurna (berasap),maka pembakaran langsung stop
o Lowest Water Level Trip for Gauge Glass : apabila terjadi permukaan air terendah didalam drum uap,maka pembakaran langsung stop.
o Untuk ketel uap yang Full Automatic,dilengkapi dengan alat : Pressure Switch for steam low press auto start, Pressure Switch for steam High press auto stop dan Autumatic Equipment lainnya.

- Gambar  ketel uap dari ketel type “ESD”:


Keterangan :
1. Katup Uap Utama (main steam valve).
2. Katup Uap Tekanan Lanjut ( super heater steam valve ).
3. Katup Keamanan ada 2 set (safety valves ).
4. Katup Cerat Udara (air cock/ air drain valve ).
5. Katup Kontrol Tekanan Uap ( pressure steam valve ).
6. Katup Pengisian Air Ketel ( feed water inlet valve ).
7. Katup Tekan Sirkulasi Air Ketel (hot water circulating discharge valve).
8. Katup Isap Sirkulasi Air Ketel ( hot water circulation suction valve ).
9. Katup buangan kotoran permukaan air ketel ( surface blow down valve ).
10. Katup buangan kotoran dasar air ketel ( bottom blow down valve ).

Tags :

Related : UKP Perawatan Dan Perbaikan ATT IV

0 komentarmu:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :

* Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
* No SARA
* Tidak menggunakan kata yang menyinggung perasaan orang lain
* Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form