Belajar Dan Berbagi Informasi Dunia Pelayaran

Istilah Istilah dalam Permesinan Kapal

KETEL PIPA AIR ADALAH : Air yang mengalir dalam pipa, sedangkan gas-gas pemanasnya berada di kuar pipa.

KETEL PIPA API ADALAH : Gas-gas yang mengalir dalam pipa sedangkan air yang dipanasi berada diluar pipa sedangkan air yang di hasilkan oleh oil bilge separator

INCENERATOR ADALAH : Mesin pembakar sampa ringan dan oli kotor yang di hasilkan oleh oil bilge separator.
OIL WATER SEPARATOR (OWS) : Alat untuk memisahkan minyak drai air yang ada didalam got waktu pembersihan

EVAPORATOR : Alat untuk menghasilkan/mengubah bentuk dari cair menjadi gas (penguapan).

CONDENSOR : Pesawat yang berguna untuk mengubah bentuk gas menjadi cair
COOLER : Pesawat pendingin yang dapat mendinginkan suhu dengan tanpa mengubah bentukdari zat yang didinginkan.

HEATER : Alat yang di gunakan untuk memanaskan bahan bakar.

PURIFIER : Pesawat yang digunakan untuk membersihkan bahan bakar/minyak lumas dari kotoran yang berupa cair maupun padat dengan cara memberikan gaya ”centrifugal”
BOILER/KETEL : Pesawat yang di gunakan untuk membangkitkan uap yang di gunakan sebagai sumber panas untuk pemanasaN

FRESH WATER GENERATOR : Pesawat yang di gunakan untukmengubah air laut menjadi air tawar

INJEKTOR : Pesawat yang di gunakan untuk mengeluarkan gas atau uap yang tidak dapat di kondensaikan dalam kondensor

MESIN BANTU (AUXILARY ENGINE) : Mesin-mesin yang dibutuhkan untuk menjalankan mesin dan juga semua peralatan yang di butuhkan untuk navigator
.
KETEL UAP : Sebuah bejanan yang tertutup yang dapat membentuk uap dengan tekanan lebih besar dari satu atmosfir yaitu dengan memanaskan air ketelyang berat di dalamnya dengan gas-gas pemanas dari hasil pembakaran bahan baker.

APPENDAGE KETEL UAP : Pesawat yang menjamin keamanan ketel untuk mengatur jumlah air ketel dan tekanan uap.

MOTOR TEKANAN TINGGI : Motor dimana pemasukan uapnya berlangsung selama satu langka

UPMOTOR LAT : Sebuah mobil dimana campuran bahan bakar dan udara, (berupa gas) yang mudah menyala di tekan yang sama sampai mempunyai suhu dan tekanan tertentu
.
MESIN DIESEL : Mesin dengan jenis pembakarannya dengan stim penempatan sehingga tekanan kompresi maupun tekanan maksimum pembakaran, getaran dan suara lebih besar dari jenis-jenis motor bakar dalam lainnya
.
MESIN KERJA TUNGGAL : Mesin dengan cara pembakarannya terjadi pada satu sisi dari torak.

MESIN KERJA GANDA : Mesin dengan cara pembakarannya disisi atas dan di sisi bawah dari torak.

SUPERDIAGRE (PEMBILASAN LANJUT) : Tenaga esin akan makin besar dalam jumlah bahan bakar yang dapat untuk menambah udara bersih.

MESIN PEMBAKAR DALAM : Suatu pesawat yang mengubah usaha panas dari bahan bakar di dalam silinder menjadi usaha mekanis.
MESIN UAP : Pesawat yang bertujuan mengubah panas menjadi usaha mekanis
.
KEUNTUNGAN MOTOR BAKAR DI BANDINGKAN MESIN UAP :
1. Harga bahan bakar tiap tenaga kuda lebih kecil dari mesin uap
2. Instalasi motor lebih ringan dan tidak memakan tempat banyak
3. Lebih cepat di siapkan untuk di jalankan
4. Memerlukan pegawai lebih sedikit

FUNGSI OIL FILM
1. Melumasi bagian mesin yang bergerak
2. Memperkecil gesekan yang di timbulkan

CARA KERJA DARI OIL FILM
1. Dengan pergerakan torak
2. Dengan jet culler penyemprotan

PRINSIP KERJA MOTOR DIESEL 2 TAK
1. LANGKAH KERJA :
Sesaat sebelum torak mencapai TMA, injector mengabutkan bahan bakar kedalam silinder yang saat itu tekanan dan suhunya telah tinggi akibat kompresi pembakaran bahan bakar dimulai, timbul tenaga ledakan yang diterima oleh permukaan torak bergerak dari TMA menuju TMB

2. LANGKAH KOMPRESI :
Begitu lubang gas buang mengalir ke luar dan selajutnya saat pintu udara bilas terbuka,gas buang didorong/dibilas keluar silinder.Torak bergerak dari TMB ke TMA langkah kompresi, saat semua lubang baik libang gas maupun lubang udara bilas tertutup maka kompresi udara segera di mulai

PRINSIP KERJA MESIN DIESEL 4 TAK
Setiap 4 langkah torak dan 2 putar poros engkol akan di hasilkan 1 langkah usa yang bertenaga untukmemutar poros engkol

PROSES KERJA MOTOR DIESEL 4 TAK
1. LANGKAH MASK/HISAP : Pada langkah masuk torak bergerak dari TMA ke TMB, udara katup,massuk udara bersih mngalir masuk ke dalam silindr

2. LANGKAH KOMPRESI : Ke dua katup tertutup dan ke dua torak bergerak keatas / TMA udara di pampatkan dimana tekanan kompresi akhir men capai kurang lebih 3 Kg/Cm, Sedangkan suhu udara naik menjadi kurang lebih 550C

3. LANGKAH KERJA/USAHA/EKSPANSI : Beberapa drajat sebelum TMA, tingginya udara dalam silinder sehingga kabut bahan bakar terbakar/meledak torak bekerja dari TMA ka TMB bertenaga untuk memutar poros engkol

4. LANGKAH PEMBUANGAN : Katup isap tertutup dan katup-katup buang terbuka,torank bergerak dari TMB ke TMA untuk mendorong gas sisa-sisa pembakaran keluar silinder demikian proses barlangsung berulang-ulang sehingga motor bekerja.




Tags :

Related : Istilah Istilah dalam Permesinan Kapal

0 komentarmu:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :

* Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
* No SARA
* Tidak menggunakan kata yang menyinggung perasaan orang lain
* Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form