Belajar Dan Berbagi Informasi Dunia Pelayaran

Monday, July 04, 2011

Tentang BPIP Tangerang

BP2IP Tangerang SEKOLAH PELAYARAN TANGERANG Balai Pendidikan Dan Pelatihan Ilmu Pelayaran - Buat Anda yang ingin menjadi pelaut kali ini blog pelaut Indonesia akan menginformasikan tentang sebuah tempat yang akan mendidik calon pelaut menjadi pekerja pelaut profesionanl. Kalau dalam info sebelumnya mengenai sekolah Sekolah Pelayaran Di Indonesia, Anda bisa baca di  Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang (PIP) Semarang  ,  STIP Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Di Jakarta , Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Surabaya ,  Politeknik Ilmu Pelayaran PIP Makasar

Kali ini tentang BP2IP di Tengerang, Banten, Indonesia.

Sama seperti sekolah pelayaran lainnya BP2IP Tangerang ini merupakan lembaga pendidikan dan pelatihan maritim dan masih berada di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Departemen Perhubungan.

BP2IP Tangerang memiliki VISI dan MISI yaitu :

VISI BP2IP TANGERANG adalah "Menghasilkan Pelaut dengan keunggulan daya saing kompetensi, sesuai Standar Nasional dan International"

MISI BP2IP TANGERANG adalah

1. Meningkatkan efektifitas pencapaian standar kompetensi peserta didik.
2. Meningkatkan kemitraan kerja dan usaha dengan Perusahaan Pelayaran, Industri Maritim, Organisasi Profesi Pelaut, Lembaga Pendidikan dan Instansi terkait.
3. Mengoptimalkan sumber daya pemeliharaan dan pengembangan fasilitas Diklat.
4. Mengembangkan jaringan pemasaran lulusan BP2IP Tangerang di Kawasan Regional dan wilayah International.
5. Terus menerus meningkatkan keunggulan kualitas kinerja organisasi, agar pada waktunya mampu memberikan pelayanan berkualitas kompetitif dan nilai tambah serta nilai guna kesejahteraan bagi Sivitas Akademik BP2IP Tangerang


Dioperasikannya Balai pendidikan kepelautan yang ada di Tangerang ini (BP2IP Tangerang) ditujukan sebagai penyedia jasa pendidikan dan pelatihan di bidang maritim bagi para generasi muda pada tingkat menengah dan dasar yang disesuaikan dengan peraturan international, STCW 1978 amended 1995.


PROGRAM DIKLAT BP2IP TANGERANG :

UNTUK DIKLAT KEAHLIAN PELAUT MELIPUTI PROGRAM PENDIDIKAN & PELATIHAN

1.DIKLAT TEHNOLOGI PELAYARAN NUSANTARA-I / DTPN-I (AN-IV/AT-IV)

a. Program Studi Nautika (Approved No. DL. 2317117-05)

Membentuk lulusan minimal SMP atau sederajat, menjadi Perwira Pelayaran Kapal Niaga bagian Dek, sesuai regulation II/1, STCW-Code Section A-II/1.7 tingkat kompetensi Ahli Nautika-IV (AN-IV) dan setelah memenuhi persyaratan pengawakan kapal niaga berwenang menjabat sebagai Mualim Jaga atau Mualim-I atau Nakhoda (Master) di kapal-kapal niaga dengan ukuran 500 < GT < 3000, pada daerah pelayaran Near Coastal Voyage; berwenang menjabat sebagai Mualim Jaga atau Mualim-I atau Nakhoda (Master) di kapal-kapal niaga dengan ukuran 500 < GT < 3000, pada daerah pelayaran Near Coastal Voyage dan lokal; b. Program Studi Teknika (Approved No. DL.23/7/20-05) Membentuk lulusan minimal SMP atau sederajat, menjadi Perwira Pelayaran Kapal Niaga bagian mesin, sesuai regulation III/1, STCW-Code Section A- 111/1.9, tingkat kompetensi Ahli Teknika-IV (AT-IV) dan setelah memenuhi persyaratan pengawakan kapal niaga berwenang menjabat sebagai Ahli Permesinan Kapal Jaga atau Ahli Permesinan Kapal-II atau Kepala Kamar Mesin (KKM) pada kapal yang digerakan dengan tenaga penggerak 750 > kW < 3000 2.DIKLAT TEHNOLOGI PELAYARAN NUSANTARA-II / DTPN-II (AN-V/AT-V) a. Program Studi Nautika (Approved No. DL.23l7/16-05) Membentuk lulusan minimal SMP atau sederajat, menjadi Perwira Pelayaran Kapal Nlaga bagian Dek, sesuai II/3 STCW-Code Section A- II/3.6 tingkat kompetensi Ahli Nautika-V (AN-V) dan setelah memenuhi persyaratan pengawakan kapal niaga b. Program Studi Teknika (Approved No. DL.23/7/19-05) Membentuk lulusan minimal SMP atau sederajat, menjadi Perwira Pelayaran Kapal Niaga bagian mesin, sesuai regulation III/1, STCW-Code Section A- III/3.2, tingkat kompetensi Ahli Teknika-V (AT-V) dan setelah memenuhi persyaratan pengawakan kapal niaga berwenang menjabat sebagai Ahli Permesinan Kapal Jaga atau Ahli Permesinan Kapal-II atau Kepala Kamar Mesin (KKM) pada kapal yang digerakan dengan tenaga penggerak 750 < kW < 3000. 3.DIKLAT TEHNOLOGI PELAYARAN DASAR / DTPD (AN-D/AT-D) a. Program Studi Nautika (Approved No. DL.23/7/15-05) Membentuk lulusan minimal SMP atau sederajat, menjadi Anak Buah Kapal Niaga bagian Dek, sesuai regulation II/4, STCW-Code Section A-II/4 tingkat kompetensi Ahli Nautika-Dasar (AN-D) dan setelah memenuhi persyaratan pengawakan kapal niaga berwenang menjabat minimal sebagai Juru mudi untuk kapal-kapal pada daerah pelayaran local, NCV dan ocean going. b. Program Studi Teknika (Approved No. DL.23/7/18-05) Membentuk lulusan minimal SMP atau sederajat, menjadi Anak Buah Kapal Niaga bagian mesin, sesuai regulation III/4, STCW-Code Section A- III/4, tingkat kompetensi Ahli Teknika-Dasar (AT-D) dan setelah memenuhi persyaratan pengawakan kapal niaga berwenang menjabat minimal sebagai Juru Minyak pada kapal-kapal yang digerakan dengan tenaga penggerak 750 < kW > 3000.


PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KETRAMPILAN PELAUT BP2IP TANGERANG

1.Basic Safety Training (BST)
Lama pendidikan : 75 jam untuk pelaut berpengalaman dan 100 jam untuk pelaut baru.
Persyaratan : Serendah rendahnya tamat SMP atau yang sederajat dan Berumur minimal 18 tahun.

2.Proficiency on Survival Craft and Rescue Boat (PSCRB)
Lama pendidikan 30 jam
Persyaratan : Pemegang sertifikat BST dan Memiliki pengalaman masa berlayar minimal 6 bulan.

3.Advance Fire Fighting (AFF)
Lama pendidikan : 42 jam
Persyaratan : Pemegang sertifikat BST dan Memiliki serendah rendahnya ANT/ATT-IV.

4.Medical Elementery First Aid (MEFA)
Lama pendidikan : 21 jam
Persyaratan : Pemegang sertifikat BST dan Memiliki serendah rendahnya ANT/ATT-IV.

5.Medical Care (MC)
Lama pendidikan : 40 jam
Persyaratan : Pemegang sertifikat BST dan Memiliki serendah rendahnya ANT/ATT-IV.

6.Radar Arpa
Lama penidikan : 60 jam
Persyaratan : Pemegang sertifikat BST dan Memiliki serendah rendahnya ANT-IV.

7.General Radio Operator GMDSS (GOC GMDSS)
Lama pendidikan : 132 jam
Persyaratan : Pemegang sertifikat BST dan Memiliki serendah rendahnya ANT-IV.

8.Tanker Familiarization (TF)
Lama pendidikan : 80 jam
Pesyaratan : Pemegang sertifikat BST.

9.Ship Security Officer (SSO)
Lama pendidikan : 26 jam
Pesyaratan : Pemegang sertifikat BST dan Memiliki Sertifikat kompetensi nautika ataupun tehnika.


Jika Anda ingin menempuh pendidikan di BP2IP atau ingin mengikuti Diklat, agar lebih jelas dan untuk memperoleh informasi yang lebih komplit dan lengkap Anda dapat menghubungi Unit Pelayanan Pelanggan pada hari kerja sebagai berikut:

a. Senin - Kamis: 1) 08.00 – 12.00. 2) 13.00 – 16.00.

b. Jumat : 1) 08.00– 11.00. 2) 13.00 – 16.00.

c. Sabtu : 1) 08.00 – 12.00



Alamat Lokasi BP2IP Tangerang

JL. Raya Karang Serang No.1, Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang, BANTEN

Kode Pos : 15530, Kotak Pos : 284

Telp. (62-21) 59370327, 59370328, 59370329 Ext. 1040

Fax. (62-21) 59370330

E-mail : bp2iptng@bp2ip-tng.sch.id; bp2iptng@indosat.net.id

Website: www.bp2ip-tng.sch.id
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tentang BPIP Tangerang

0 komentarmu:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :

* Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
* No SARA
* Tidak menggunakan kata yang menyinggung perasaan orang lain
* Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form