Belajar Dan Berbagi Informasi Dunia Pelayaran

persiapan pelarayan

Persiapan Pelayaran
Dalam persiapan pelayaran, saudara dimintaUntuk mempersiapkan suatu"voyage planning abstract" jelaskan hal2 yg diperhatikan dlm pembuatan voyage planning abstract tsb
Jawab :
Rancangan pelayaran harus dibuat dari kade ke kade
Setelah diketahui pelabuhan tujuan, mualim II segera mempersiapkan peta2 yg sesuai dgn mendapatkan nomor2 peta dari katalog
susunan peta2 secara berurutan setelah dikoreksi dgn NTM terakhir serta Nav.warning
Untuk pelayaran di dekat pantai pakailah peta dgn sekala besar termasuk peta pelabuhan
Dlm membuat track (garis haluan) tsb harus diperhatikan daerah2 yg bebahaya bagi pelayaran

Rancangan pelayaran yg harus saudara buat sebelum berlayar meliputi kade ke kade jelaskan hal ini dgn baik ?
Jawab :
Hal ini berarti rencana pelayaran tsb dibuat mulai dari kpl tsb meninggalkan kade yakni saat olah gerak sampai kpl tsb olah gerak & sandar di kade pelabuhan tujuan
Apa yg dimaksud dgn"Parallel Index" serta apa kegunaannya ?
Jawab :
PARALLEL INDEX : suatu metodeyg sangat berguna dlm hal memonitor perkembangan jalannya kpl dlm hubungan dgn rancangan pelayaran
KEGUNAANNYA :
merupakan cara yg akan berguna utk memantau cross track error dlm setiap jarak tampak, baik maupun buruk.
Tdk menentukan posisi fix, sehingga tdk akan menggantikan atau meniadakan perlunya penentuan posisi secara fix di peta
6. apakah yg dimaksud dgn istilah2 sbb:
a. No Go Area :
Batas-batas perairan yg tidak boleh dilewati oleh kapal-kapal sehubungan adanya bahaya-bahaya nav, termasuk juga semua daerah dgn kedalaman airnya lebih kecil dr sarat kapal
*. Marging of safety :
Batas daerah aman yg merupakan garis lurus diluar No Go Area dan penempatannya tergantung dari:
- ukuran kapal
- akurasi sistim navy g digunakan
- karakteristik OG kapal
- Situasi arus setempat
2. Hal-hal yg perlu diperhatikan dlm membuat:
a. RP untuk daerah pantai ;
- Peta yg up to date
- Sailing direction & pilot book
- Tide Table
- List of light
- Sistim penentuan yg akurat
- Alat Bantu penentuan pos yg cukup
- Sistem pelaoran ke otoritas setempat
b. RP untuk daerah laut / samudera;
- Ocean passage for the world
- Routing charts
- Tidal strem atlases
- Meteorogical & oceanographic data, weather
& ice forecast
- Load lain chart
-5. kpl akan berlayar menurut "lingkaran besar" dari Manado ke Sanfransisco (USA) posisi Manado : 02-00 U / 125-00 T
Posisi San fransisco : 37-44 U/ 122- 40 B
Hitunglah;
a. Haluan tolak
b.Jarak lingkaran Besar dan persingkatan
c. letak Vertex
penyelesaian :

L1 = 02-00 U / 125-00 T
L2 = 37-44 U / 122-40 B
∆Li= 35-44 ∆bu 112-20
a. haluan tolak
Hocotg Ho = ( tg L2 – tg L1 ) x cos L1
sin ∆bu tg ∆bu
=(tg37-44 - tg 02-00)xcos02-00
sin112-20 tg112-20
= (0.77335 – 0.03492 )
0.92499 2.43422
= (0.83606 + 0.01434) x0.99939
Cotg Ho = 0.8504 x 0.99939 = 0.84988
Ho = 49-38-22 = U 049 T
b. jarak lingkaran besar
cos a = cos ( L1 – L2 ) – CosL1 x Cos L2 x
sinver ∆bu
= cos 35-44 - cos 35-44 x cos37-44 x
(1-cos 112-20)
= 0.81191 – 0.99939 x 0.7908676 x
1.37999
= 0.81191 – 1.09072795
= - 0.27898
= 106-12 = 6372 mil
Jarak menurut loxodrom (V)
LB=(L)(x)(0.5)(+)(45)(=)(tg)(=)(Log)(x)
(7915,71)
L1 = 02-00 U LB L1= 120,02446
L2 = 37-44 U LB L2=2247,99509
∆LB =2327,9706
Tg H Lox = ∆ Bu
∆ LB
Tg H Lox = 6740 mil
2327.9706
= 2.895226
H Lox =70˚56,7’
V = ∆ L x sec H Lox
= 2144 x sec 70˚56,7’
= 2144 x 3.0630
= 6567 mil
Persingkatan = V - a
=6567 – 6372
= 195 mil

c.) Letak vertex
cos LtV = cos Lt1 x cos Lt2 x sin ∆Bu x
cosec a
= cos02°00’ x cos 37° 44’ x
sin112°20’ x cosec 106˚12’
= 0.7613275
LtV = 40° 25.1’
cos λ1 = cotg Ltv x tg Lt1
= cotg 40° 25.1’ x tg 02° 00’
= 0.041005
λ1 = 87° 39’
Bujur Tolak = 125° 00’T
λ1 = 87° 39’ T
Bujur Vertex = 212˚ 39 T
= 147° 21. B
. Letak titik vertex diutara :
= 40° 29.4’ U - 147° 20.6 B
Letak titik vertex diselatan :
= 40° 29.4’ S - 032° 39.4 T
Sistim penentuan posisi a. Ocean Passage for the World.
Keterangan2 dan perhatian2 yang berhubungan dengan route2 pelayaran dilaut ( route samudra ) bagi kapal sesuai dengan kekuatan mesin kapal tersebut, yang dapat dikategorikan sbb :
- High power vessel = kecepatan > 14 knots
- Medium power Vessel = kecp. <= 11 knots - Low power Vessel = kecp < 11 knots

Tags :

Related : persiapan pelarayan

0 komentarmu:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :

* Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
* No SARA
* Tidak menggunakan kata yang menyinggung perasaan orang lain
* Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form