Belajar Dan Berbagi Informasi Dunia Pelayaran

Kumpulan Soal P2TL

Bilamanakah atr.19. didlm P2TL itu diberlakukan ?
Jawab:
- Berlaku bagi semua kpl yg tidak saling melihat satu sama lain (dlm daerah tampak terbatas)
b. Tindakan2 apa yg dpt dilakukan agar dpt berlayar dgn aman dlm memberlakukan atr.19 P2TL ?
Jawab:
- Bergerak dgn kecepatan aman.
- Lakukan pengamatan keliling.
Deteksi kpl2 sekeliling dgn radar.
- Standby engine
- Hidupkan lampu2 navigasi
- Hrs membunyikan isy. Kabut sesuai atr. 35
c. Jelaskan perbedaan kec.Aman seperti yg diatur dlm aturan 6 dgn atr.19 P2TL itu!
Jawab:
- Menurut aturan. 6 : Sehubungan kecepatan aman berlaku aturan. 5, 7, 8 , mengenai pengamatan, resiko tubrukan, tindakan utk menghindari tubrukan.
- Menurut aturan. 19 : Menitik beratkan utk memperhitungkan keadaan dlm penglihatan tampak terbatas.
II. radar plotting :
Jawab:

III. JAGA LAUT
Jelaskan apa saja yg harus dilakukan oleh perwira jaga,khususnya dalam hubungan dengan :
a.Pencegahan Bahaya Kandas
Jawab :
Memberi Merkah pada bahaya2 navigasi (No go area),
Penentuan posisi kapal secara teratur dan tepat,
Perwira navigasi harus menguasai alat2 navigasi,
Peta yg digunakan harus up to date,
Memperhatikan arus pasang surut daerah setempat.
b. Pencegahan bahaya tubrukan.
Jawab:
Melakukan pengamatan sekeliling kapal,
Apabila mengadakan penyusulan kapal lain,maka kita harus menyimpang kapal lain yg disusul,
Pada siang hari melihat kapal lain segaris atau hamper segaris dgn kapal kita,atau pada malam hari melihat kedua lampu lambung kapal lain,maka kita harus menghindar dgn perubahan haluan yg cukup besar,tegas dalam waktu yg cukup dini.
Apabila kita melihat lampu merah kapal lain dilambung kanan,maka kita harus menyimpang pada jarak yg aman.
IV.PENCEGAHAN PENCEMARAN
a. Lukislah dampak dari kerusakan lingkungan yg dpt diakibatkan oleh pencemaran minyak dilaut.
Jawab :
Kerusakan pada Biodata laut,
Kerusakan pada terumbu karang/pantai,

Tumpahan minyak tersebut,sangat sulit utk dinetralisir dan membutuhkan waktu lama dan biaya tinggi,
Efek tumpahan minyak terhadap manusia dengan adanya kontak fisik/penghirupan uap minyak,terkomsumsinya sea food yg tercemar.
b. Jelaskan tindakan2 apa saja yg secara operasional dpt dilakukan oleh pihak kapal utk meminimalisasikan pencemaran oleh bahan2 pencemaran laut serta berikan keterangan2 secukupnya.
Jawab :
Tidak membuang minyak didalam Special Area seperti Laut mediteranean,Laut Baltic,Laut hitam,Laut Merah,
Lokasi pembuangan lebih dari 50 mil laut dari daratan,
Pembuangan dilakukan waktu kapal berlayar,
Tidak membuang lebih dari 30 ltr/mil,
Tidak membuang lebih besar dari 1:30.000 dari jumlah muatan,
Tanker harus dilengkapi dgn oil discharge monitoring (odm) dgn control systemnya,
Sisa2 dari campuran minyak diatas kapal dari kamar mesin harus dikumpulkan ditanki slop tanks,kemudian dibuang ke tanki darat.Peralatan ini berlaku utk kapal ukuran 400 GRT keatas. OI

V. BRIDGE TEAM MANAGEMENT
a. Jelaskan mengenai tujuan2 yg hendak
di capai oleh BTM.
Jawab :
Untuk meningkatkan / memastikan keamanan dan keselamatan navigasi, kapal,jiwa dan harta benda dilaut,
Tiba dipelabuhan tujuan dgn tepat waktu,
Untuk menghindari konsekuensi kehilangan total yg dpt terjadi,bila tubrukan terjadi atau kandas,
Untuk menjaga atau melindungi lingkungan laut dari pencemaran.
b. Sebutkan apa saja elemen2 yg termasuk didalam BTM tersebut.
Jawab :
Pimpinan sebagai pemberi semangat,
Team work : Setiap pekerjaan harus dpt dikerjakan secara gotong royong hingga cepat selesai,
Peralatan2 dianjungan : harus dpt mendukung pelayaran sehingga kapal bias dgn selamat sampai ditempat tujuan dan apabila peralatan rusak segera diganti,
SDM : Harus Professional dan mempunyai peralatan yg cukup pada setiap keadaan yg diperlukan,
Prosedure : Segala sesuatunya harus ada

DINAS JAGA

1. Sejauh mana dan dalam hal-hal apa saja : perwira jaga adalah wakil nahkoda. Jelaskan !
Jawab :
Secara keseluruhan kapal merupakan tanggung jawab nahkoda, pada saat melaksanakan jaga maka perwira jaga bertanggung jawab pada keselamatan kapal untuk bernavigasi selama penjagaan maka pd saat itu perwira jaga sbg wakil nahkoda, tanggung jawab ini sejauh situasi dapat diatasi perwira jaga, tetapi pada saat tertentu dimana situasi dianggap dpt membahayakan kapal maka segera lapor ke nahkoda untuk mengambil alih tanggung jawab tsb dengan mengambil tindakan yg tepat untuk menghindari bahaya yg akan timbul.

2. Perwira jaga harus mengenal sifat-sifat dari kapalnya. Secara umum faktor-faktor apa saja yang menentukan sifat-sifat sebuah kapal. Jelaskan !
Jawab :
Sifat-sifat sebuah kapal yang harus dikenali terutama berhubungan dengan olah
Gerak adalah :
- Panjang dan lebarnya kapal
- Kecepan kapal
- kemampuan lingkaran putar
- Jenis kapal ( tanker,general cargo,container dll)

3. a. Dengan cara bagaimana seorang Perwira jaga harus memastikan bahwa keadaan sekitarnya aman? ( Jelaskan ketika dalam kondisi siang – malam dan daya tampak terbatas ).
Jawab :
Pada kondisi siang hari :
- Secara visual posisi jauh dari bahaya-bahaya navigasi
-Pengamatan dengan alat Bantu navigasi radar menunjukan aman
-Pengecekan pada peta dan informasi lain yang berhubungan dengan
keselamatan navigasi menunjukan posisi aman.
-Posisi kapal benar-benar fix

Pada malam hari :
-Secara visual terlihat jelas tanda-tanda lampu navigasi dan arah pergerakan
kapal lain
- Suar-suar atau tanda-tanda navigasi lain dapat terbaca dengan jelas
- Pengamatan dengan alat Bantu navigasi radar menunjukkan aman
-Posisi kapal benar-benar fix

Pada daya tampak terbatas:
-Pengamatan dengan alat Bantu navigasi radar ataupun alat lainnya
menunjukkan posisi kapal aman
-Apabila ada kapal lain dapat diamati pergerakannya
-Tidak terjadi discomunication dgn kapal lain
-Bahaya-bahaya navigasi dapat terdeteksi dengan jelas
-Posisi kapal benar-benar fix


b.Jelaskan bagimana cara Perwira Jaga melakukan pengawasan yang efisien.
Jawab :
Pengawasan dengan pengamatan sekeliling kapal baik dengan menggunakan alat Bantu navigasi maupun scara visual sehingga dapat memastikan bahwa posisi kapal dalam keadaan aman, pengamatan yang fisien tidak hanyadilakukan pada saat pergantian jaga dengan perwira yang diganti, tetapi selama masih bertanggung jawab sebagai perwira jaga.

4. Perkembangan tehnologi perkapalan / automatisasi menyebabkan berkurangnya jumlah anggota awak kapal, artinya : peran dari petugas jaga menjadi lebih luas. Jelaskan sebaik-baiknya mengenai hal-hal tersebut diatas.
Jawab :
Dengan berkurangnya jumlah angota awak kapal maka beban tugas yang menjadi tanggung jawab awak kapal yang terkurangi akan dilimpahkan kepada awak kapal yang tidak terkurangi (tetap) shg secara otomatis akan menambah beban dan tanggung jawab yang diembannya sehingga peran petugas jaga menjadi lebih luas.

5. Hasil penelitian terhadap kecelakaan-kecelakaan dilaut : seperti kandas, tubrukan, dsb. Sering terungkap bahwa : faktor penyebab utamanya adalah kegagalan untuk memelihara suatu tugas bernavigasi yang memadai. Jelaskan sebaik-baiknya !
Jawab :
Tugas bernavigasi adalah tugas rutin yang dilaksanakan oleh setiap perwira jaga dimana pada saat pelaksanaan tugas ini diperlukan tanggung jawab yang besar dalam hal ini dikarenakan merupakan rutinitas sering perwira jaga mengabaikannya dengan menganggap bahwa kondisi aman sepeti biasannya sehingga tidak terlalu berkonsentrasi sehingga begitu ada bahaya datang tidak siap untuk menghadapi atau terlambat dalam mengantisipasi shg terjadi kecelakaan –kecelakaan dilaut , hal demikian menunjukkan bahwa adanya kegagalan untuk memelihara suatu tugas bernavigasi yang memadai.

6. a.Jelaskan masalah-masalah apa saja yang dihadapi oleh seorang Perwira Jaga ketika sedang bertugas jaga dilaut lepas ( Open Sea ).
Jawab :
-Berhadapan dengan kapal lain baik akan memotong,menyimpang,menyusul
atau kondisi lainnya.
-Komunikasi dgn kapal lain berbendera dari berbagai Negara yg berlainan
-Cuaca yang setiap saat berubah
-Bahaya-bahaya navigasi yang dipetakan spt karang,gosong,kedangkalan dll
-Perahu-perahu nelayan yang berkelompok,atau sedang menebar jaring
b.Jelaskan masalah-masalah apa saja yg dihadapi oleh seorang Perwira Jaga ketika sedang bertugas jaga diperairan terbatas ( Restricted Waters ).
Jawab :
-Perambuan yang tidak jelas (sulit terbaca karena sinar yang lemah)
-Passing dengan kapal lain
-Ramainya alur pelayaran
-kecepatan yang harus disesuaikan
-Jaring nelayan yang harus disimpangi

Tags :

Related : Kumpulan Soal P2TL

0 komentarmu:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :

* Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
* No SARA
* Tidak menggunakan kata yang menyinggung perasaan orang lain
* Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form