Belajar Dan Berbagi Informasi Dunia Pelayaran

( Hatch Cover ) TUTUP PALKAH PADA KAPAL

( Hatch Cover ) TUTUP PALKAH PADA KAPAL

Perlengkapan tutup palkah merupakan perlengkapan kapal yang sangat penting yang dalam konstruksi dan mekanismenya harus mengikuti dan diatur oleh peraturan Klasifikasi dan International Load Line Convention 1966 Perlengkapan ini berfungsi untuk penutup lobang palkah dikapal, dan untuk melindungi muatan didalamnya dari air laut yang dapat masuk kedalam palkah.

Tutup palkah secara konstruksi dipasang diatas ambang palkah yang memiliki ketinggian minimum 600 mm (sesuai peraturan International Load Line) Secara konstruksi tutup palkah jenis tertentu memiliki desain yang dapat menerima beban muatan Kontainer diatasnya. Tutup palkah terdapat pada kapal barang, kapal muatan curah atau jenis kapal lain yang memiliki ruang muatan.

Berdasarkan desain dan fungsi tutup palkah memilik beberapa jenis.

A. TUTUP PALKAH JENIS PONTON (PONTOON TYPE HATCH COVER)

Jenis Konvensional

• Jenis tutup palkah ini terdiri dari bahan papan kayu yang tertata diatas lobang palkah. Tutup palkah jenis ini harus dilengkapi dengan penutup tambahan berupa Terpaulin, yang berfungsi untuk menghindari air masuk dari sela-sela ponton tutup palkah.

• Kayu yang digunakan adalah jenis jati atau kayu lain yang cukup keras. Pada umumnya kuran kayu mempunyai lebar 610 mm dan tebal 75 mm. Untuk menjaga kekuatan pada ujungnya dilapis pelat baja.

• Tutup palkah jenis ini untuk membuka dan menutupnya dilakukan secara manual dengan dibantu pengangkatannya menggunakan derek kapal. Pada ujung kayu dipasang pengait untuk mempermudah pengangkatan

• Tutup palkah jenis ini terdapat pada kapal barang tradisional (Kapal layar motor) atau beberapa kapal barang era tahun 1950 – 1960

• Jenis ini hanya memiliki lebar terbatas sesuai panjang kayu/papan yang tersedia.


Jenis manual / jenis ponton

• Jenis tutup palkah ini terdiri dari beberapa panel ponton yang terbuat dari bahan pelat baja yang terpasang melintang diatas lobang palkah. Tutup palkah jenis ini harus dilengkapi dengan penutup tambahan berupa Terpaulin, yang berfungsi untuk menghindari air masuk dari sela-sela ponton tutup palkah.

• Jenis ini untuk membuka dan menutupnya dilakukan secara manual dengan pengangkatannya menggunakan derek kapal.

• Tutup palkah jenis ini terdapat pada kapal barang jenis pelayaran terbatas (coaster) s/d ukuran dwt 3000 ton atau beberapa kapal barang era tahun 1960 – 1970

• Pengoperasian buka dan tutup jenis ini cukup memakan waktu, karena ponton harus diangkat satu persatu. Biasanya satu lobang palkah dapat memiliki ponton sampai 8 – 10


TUTUP PALKAH JENIS MEKANIS (MECHANICAL TYPE HATCH COVER)

Jenis lipat

• Jenis tutup palkah ini terdiri dari beberapa panel yang terbuat dari bahan pelat baja yang terpasang melintang diatas lobang palkah. Tutup palkah jenis ini memiliki paking diantara panel ataupun terhadan ambang palkah kapal, apabila kekedapannya sudah tidak baik, harus ditambah tutup terpal.

• Jenis ini untuk membuka dan menutupnya dilakukan secara mekanis, dengan pengangkatannya menggunakan derek tarik. Setiap panel memiliki roda yang berjalan diatas rel disamping kiri kanan ambang palkah. Antara panel terdapat engsel untuk fungsi lipat.

• Tutup palkah jenis ini terdapat pada kapal barang jenis pelayaran terbatas dan ocean going ukuran sampai dwt 6000 ton atau beberapa kapal barang era tahun 1970 – 1980

• Pengoperasian buka dan tutup jenis ini lebih cepat dibanding sistim manual.


TUTUP PALKAH JENIS HIDROLIS (HYDRAULIC TYPE HATCH COVER)
Jenis lipat hidrolik

• Jenis tutup palkah ini terdiri dari beberapa panel yang terbuat dari bahan pelat baja yang terpasang melintang diatas lobang palkah. Tutup palkah jenis ini memiliki paking diantara panel ataupun terhadan ambang palkah kapal.

• Jenis ini untuk membuka dan menutupnya dilakukan secara mekanis dan hidrolik, pada panel ujung palkah memiliki lengan yang terhubung dengan sistim hidrolik. Panel ujung akan terbuka dan menarik panel didepannya. Setiap palkah memiliki empat panel yang terbagi dua, bagian depan dan belakang. Sehingga pada saat terbuka panel akan tegak terlipat dujung palkah.

• Tutup palkah jenis ini terdapat pada kapal barang jenis pelayaran terbatas dan ocean going ukuran sampai dwt 6000 ton atau beberapa kapal barang era tahun 1980

• Pengoperasian buka dan tutup jenis ini lebih cepat dibanding sistim non hidrolik.

Jenis geser
• Jenis tutup palkah ini terdiri dari beberapa panel yang terbuat dari bahan pelat baja yang terpasang melintang diatas lobang palkah.

• Jenis ini untuk membuka dan menutupnya dilakukan secara mekanis dan hidrolik. Pada saat akan membuka panel terangkat beberapa cm dengan sistim hidrolik dan roda setiap panel akan berada sejajar dengan rel (pada saat tertutup posisi roda turun). Panel terhubung dengan rantai dan pada ujung panel akan ditarik dengan menggunakan winch penarik.

• Tutup palkah jenis ini terdapat pada kapal barang jenis pelayaran besar (ocean going) yang memiliki konstroksi tutup palkah cukup berat, karena diatasnya dapat diberi muatan. Biasanya pada kapal ukuran dwt 6000 ton keatas era tahun 1980 an.

• Pengoperasian buka dan tutup tidak terlalu lama sesuai dengan jumlah panel Jenis geser hidrolik

• Jenis tutup palkah ini terdiri dari dua panel yang terbuat dari bahan pelat baja yang terpasang pada posisi kiri dan kanan diatas palkah.

• Jenis ini untuk membuka dan menutupnya dilakukan secara mekanis dan hidrolik. Pada saat akan membuka panel terangkat beberapa cm dengan sistim hidrolik dan roda setiap panel akan berada sejajar dengan rel (pada saat tertutup posisi roda turun). Panel dengan menggunakan mekanisme winch akan ditarik dan bergerak membuka kesamping palkah. Pada posisi diatas geladak dipasang konstruksi penopang dan rel.

• Tutup palkah jenis ini terdapat pada kapal jenis muatan curah pelayaran besar (ocean going). Biasanya pada kapal ukuran dwt 30000 ton keatas era tahun 1980 sampai sekarang

• Pengoperasian buka dan tutup cepat, dan panel dapat dibuka secara bersamaan.


Sistim Pengunci/ locking devices

• Terdapat beberapa sistim pengunci tutup palkah, pengunci tutup palkah dimaksud untuk menahan supaya tutup palkah dapat tertutup rapat sehingga tidak dapat bergerak dan air tidak masuk.

• Kerapatan tutup palkah selain dari akibat beban tutup palkah sendiri juga ditambah dengan sistim pengait (cleats button) yang mengunci secara hidrolik atau mekanik.

• Pengunci ini terpasang disekeliling tutup palkah yang mengkaitkan antara tutup palkah (hatch cover) dengan ambang palkah (hatch coaming).

• Pada hatch cover type lipat sistim pengunci juga terdapat dibagian atas diantara kedua panelnya.

• Untuk hatch cover type geser harus dilengkapi pengunci pada saat panel dalam keadaan terbuka.


Sistim Kekedapan / watertight system

• Tutup palkah harus dipasang sistim kedap air yang baik yang dapat menahan air masuk kedalam palkah.

• Sistim kedap air dipasang antara tutup palkah dengan ambang palkah dan antara panel tutup palkah.

• Peralatan kedap air disebut gasket atau packing yang terbuat dari bahan karet sintetis yang tahan air .

• Untuk jenis dan kondisi tertentu sistim kedap dapat berupa terpaulin yang ditutupkan diatas palkah atau penggunaan rubber tape khusus untuk hatch cover.

• Sistim kekedapan ini harus mendapat perawatan secara berkala.


SUMBER :
-Lecture Notes "Sistem dan Perlengkapan Kapal"
- International Load Line Convention 1966
- Bureau Veritas rules and Regulation
- Marine and Auxiliary Machinery and System – M. Khetagurov
- Sistim dan Perlengkapan Kapal – soekarsono NA

Related : ( Hatch Cover ) TUTUP PALKAH PADA KAPAL

0 komentarmu:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :

* Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
* No SARA
* Tidak menggunakan kata yang menyinggung perasaan orang lain
* Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form