Belajar Dan Berbagi Informasi Dunia Pelayaran

Fungsi Tangga Dan Pagar Pada Kapal

Tangga dikapal dan pagar pelindung adalah merupakan perlengkapan kapal yang berguna untuk kebutuhan perlindungan orang diatas kapal untuk menghindarkan orang jatuh kelaut. Tangga dikapal dan pagar pelindung (railing) juga merupakanan persyaratan dari ILLC 1966. Penempatan disesuaikan dengan kebutuhan dikapal, didalam ruang akomodasi atau berada diluar ditempat terbuka. Dibuat dengan konstruksi yang kuat dari baja, lugam lain atau dari kayu

TANGGA KAPAL / SHIPS LADDER
Tangga dikapal merupakan perlengkapan penghubung dua lantai atau dua level dikapal yang berguna untuk kebutuhan jalannya orang. Tangga dikapal memiliki beberapa jenis sesaui dengan posisinya yaitu tangga miring dan tangga tegak.

TANGGA MIRING

Tangga miring merupakan tangga dengan posisi kemiringan tertentu disesuaikan dengan penempatannya, pada umumnya tangga jenis ini ditempatkan pada ruangan yang cukup luas dan sesuai dengan kebutuhannya tidak dimungkinkan menggunakan tangga tegak. Contoh tangga didalam ruang akomodasi atau tangga diluar antara lantai geladak dibangunan atas dan diruang mesin.
Untuk kapal curah tangga miring juga terdapat didalam palkah, tangga jenis ini dipersyaratkan dinegara tertentu seperti Australia , tangga ini diperlukan karena ruang muat cukup besar sehingga untuk keselamatan orang dibuat tangga miring yang bertahap. Tangga jenis ini juga dikenal dengan naman Australian Ladder.

Tangga miring dibuat dengan konstruksi baja atau kayu. Untuk tangga diluar bangunan kapal dan dikamar mesin dibuat dari baja dengan anak tangga ada yang berlubang dan untuk diruang mesin dibuat dengan anak tangga yang terbuat dari pelat anti selip.
Untuk tangga yang berada diruang muat memiliki anak tangga yang terbuat dari batang baja.

Seluruh tangga dilengkapi dengan pegangan tangan.

Jenis Tangga miring yang digunakan untuk naik turun penumpang ke kapal, dilengkapi winch untuk mengangkat dan menurunkan tangga, anak tangganya juga memiliki konstruksi khusus lengkung dengan permukaan anti selip.

TANGGA TEGAK

Tangga tegak (vertical ladder) merupakan tangga yang posisinya tegak sejajar dengan dinding kapal. Penggunaan tangga tegak jika dibandingkan dengan tangga miring, lebih nyaman dan aman tangga miring, namun demikian tangga tegak merupakan tangga khusus untuk penggunaan / akses didaerah tertentu dikapal yang tidak dapat dipasang tangga miring.

Tangga tegak dibuat dengan konstruksi yang kuat dari baja, dengan anak tangga batang baja segi empat yang dipasang diagonal untuk menghindarkan licin.

Pada umumnya tangga tegak dipasang digeladak terbuka diluar bangunan atas kapal. Tangga tegak juga dipasang untuk akses kedalam palkah atau kedalam tanki.

Tangga darurat yang digunakan untuk akses keluar dari kamar mesin keatas geladak terbuka (poop deck) juga jenis tangga tegak.

Selain tangga tegak konstruksi baja, dikapal juga ada jenis tangga tegak yang terbuat dari bahan tali dengan anak tangga terbuat dari kayu papan atau karet syntetis Saat penggunaannya pada ujung atas tangga ini harus terikat secara kuat dikapal dengan menggunakan segel.

Tangga tegak jenis ini digunakan untuk tangga darurat atau tangga cadangan unuk naik dan turun pandu dari kapal. Juga tangga tali yang digunakan untuk turun dari kapal kesekoci. Kelebihan tangga ini dapat digulung dan dipindahkan.


PAGAR PELINDUNG / GUARD RAILS (RAILING)

• Railing merupakan perlengkapan dikapal yang berfungsi sebagai proteksi orang saat berjalan atau sebagai pegangan tangan. Railing dipersyaratkan oleh ILLC 1966 dan klasifikasi. Untuk railing geladak harus memiliki ukuran tinggi minimal 1 meter sesuai dengan lokasinya.

• Railing dikapal memiliki beberapa jenis sesaui dengan posisinya yaitu terpasang pada tangga, sebagai pegangan tangan didinding kapal atau sebagai pagar pelindung disekeliling geladak kapal atau deck house.

• Railing disisi kapal dengan posisi tegak sesuai ketentuan memiliki ketinggian batang bagian bawah maksimum 230 mm dari geladak + minimum jarak batang tengah dan atas 380 mm + 380 mm,

• Untuk jenis kapal tertentu (small boat) railing kapal dapat terbuat dari kabel baja dengan tiang sistim portable (dapat dilepas)


KUBU-KUBU / BULWARK

• Selain railing yang juga merupakan perlengkapan sebagai proteksi orang yang dipersyaratkan oleh ILLC 1966 dan klasifikasi adalah Bulwark. Bulwark merupakan pagar samping kapal tertutup yang memilik konstruksi terbuat dari pelat baja yang diperkuat dengan frames, terpasang dihaluan atau buritan kapal dengan tinggi minimal 1 meter dari deck. • Ukuran ketebalan pelat bulwark diatur oleh peraturan klasifikasi yang disesuaikan dengan ketinggian bulwark dari geladak. Sebagai contoh dibawah ini adalah perhitungan kekuatan bulwark sesuai rules and regulation Bureau Veritas edisi Nopember 2004.

SUMBER :
- International Load Line Convention 1966
- Bureau Veritas rules and Regulation
- Sistim dan Perlengkapan Kapal – soekarsono NA

Tags :

Related : Fungsi Tangga Dan Pagar Pada Kapal

0 komentarmu:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :

* Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
* No SARA
* Tidak menggunakan kata yang menyinggung perasaan orang lain
* Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form