Belajar Dan Berbagi Informasi Dunia Pelayaran

Soal Jawab Ilmu Bangunan Kapal

Soal Jawab Ilmu Bangunan Kapal

berganda seluler adalah konstrtuksi dasar berganda yg terdiri dr kerangka - Kerangka  melintang  dan membujur dan membentuk sejumlah kotak2 atau sel2, baik berbentuk tanki maupun bukan tanki.

ciri-ciri dasar berganda melintang adalah:
  1. dengan wrang penuh
  2. dengan wrang terbuka

cirri-ciri dasar berganda membujur adalah “
  1. dengan wrang penuh dan
  2. dengan wrang tertutup

Bagaimana pemberian tan da pd lajur kulit kapal dan gambarkan:
Tanda pd lajur : dimulai dr bagian atas secara alaphabatis A,B,C,D dst kecuali I.
Nomor pd lajur : secara berurutan dari belakang ke
depan atau dari depan ke belakang.

5. bagaimana ketentuan mengenai dasar berganda menurut solas 74, terangkan dan gambarkan
jawab:
  1. dikapal yg panjangnya 50 meter dan kurang dr 61 meter (200 kaki) harus di pasanng dasar berganda paling sedikit dr sekat di depan kamar mesin sampai dg sekat kedap depan.
  2. kapal yg panjangnya 61 metr (200 kaki) dan kurang dari 76 m (249 kaki) harus dipassang dasar berganda paling sedikit dari sekat kamar mesin diteruskan sampai ke sekat ceruk haluan dan sekat ceruk buritan.
  3. dikapal yg panjang nya 76 m (249 kaki) atau lebih harus dipasang dasar berganda dr sekat ceruk haluan sampai buritan atau sedekat mungkin dg sekat Tersebut

6. kegunaan double bottom adalah
  1. bila kapal kandas, masih ada dasar yg kedap air
  2. segai ruang muatan cair, air tawar, BB, ballast,dll
  3. dengan air ballast dp membantu stabilited dan baling2 kapal.
  4. Menambah kekuatan melintang kapal.


7. pemberian nomor dan tanda pada gading - gading
- biasanya diberi no dari belakang ke depan yg di mulai dr gading no 0 / gading buritan.
- Gading no 0 / gading buritan terletak sebidang dg bidang tegak belakang
- Bidang tegak belakang biasanya di ambil pd tegak kemudi
- Gading sebelah belakang gading no 0 di beri no urut 1,2,3,dst. (-).

  • Net tonnage adalah volume isi sebuah kaqpal di kurangi jumlah isi ruangan2 yg td dp dipakai untuk mengangkut muatan.
  • NRT (net tonnage =netto register ton = isi bersih)adalah volume atau isi sebuah kpl dikurangi dg jumlah isi ruangan2 yg td dp dipakai untuk mengangkut muatan.
  • Load displacement = berat benaman dimuati penuh adalah jumlah berat kpl dan semuanya yg ada pd kpl tsb pd saat kpl tsb dimuati sampai mencapai sarat maksimum yg di ijinkan.
  • Light displacement = berat benaman kpl k,osong adalah jumlah berat kpl dan semuanya yg ada pd kpl tsb pd saat kpl kosong tanpa muatan.
  • Volu,me of displacement = isi benaman adalah jumlah berat kapal dan semuanya yg ada pd kpl pd saat kpl kosong tanpa muatan.
  • Extreme breadth adalah jarak melintang dr suatu titik terjauh, sebelah kanan badan kapal di ukur pd lebar terbesar dan sejajar lunas.
  • Geladak utama adalah bagiuan kapal untuk menjamin tekanan2 baik dr atas maupun samping kpl.
  • Displacement adalah jumlah berat kpl dan segalanya yg ada pd kpl tsb dan di nyhatakan dlm long tone.
  • Dopuble bottom adalah bagian dr konstruksi yg di batasi yaitu, bagian bawah yaitu kulit kpl, bagian atas yaitu tank top, bagian samping yaitu labung samping.
  • Dead weight adalah daya angkut / miuat kapal. Selisih antara laoded displacement dikurang light displacement.
  • Gross tonnage = bruto register ton = BRT adalah volume atau isi sebuah kapal dg isi sejumlah ruangan tertentu untuk keamanan kapal ( deducted space ).
  • Cofferdam adalah tanki kosong yg gunanya memisahkan tanki2 double bottom yg isi nya cairan yg berbeda menampung keringat dr ke dua tanki.
  • Wrang adalah suatu ruangan yg terbentuk adanya kerangka melintang dan membujur untuk memperkuat konstrusi kapal di dasar berganda sebagai penopang terhadap beban di atasnya, membentuk tanki2 baik cairan sejenis maupun berlainan jenis.

Fungsi Sekat kedap air adalah
- membagi kpl atas kompartement - kompartement
- mempertinggi keselamatan kpl bila kpl mendapat kebocoran di bawah permukaan air.
- Menambah kekuatan melintang kpl.

perbedaan pokok antara penataan ballast dan penataan lensa:
penataan ballast :
1. mengisap dan mengisi
2. tak mempunyai non return valve,
3. ujung pipa isap dan ngisi berbentuk terompet dan tanpa
saringan.
4. ujung pipa isap dan ngisi terdapat ddlm tanki ballas.

Penataan lensa :
1. Hanya mengisap
2. memakai non return valve
3. ujung pipa isap berbentuk bulat dan memakai saringan
4. ujung pipa isap terdapat dlm got palka k.mesin

Kegunaan double bottom adalah :
  1. Bila kapal kandas / bocor masih ada dasar yg kedap air
  2. Sebagai ruangan muatan, air twr, b.bkr, ballast, dsb
  3. Dengan air ballas dpt membantu mengatur stabilitet kpl dan
  4. baling2 serta kemudi dpt bekerja dng baik.
  5.  Menambah kekuatan melintang kapal.



biroklasifikasi dan kedudukan:

1.  B.K.I                                      Jakarta                 KI
2.  LLOYDS REG OF SHIP       London                LR
3.  BUREAU VERITAS             Paris                     BV
4.  GERMANISHER LLOYD    Berlin                       GL
5.  REGISTRO ITALIANO NAVALE   Genoa         RI
6.  DET NORSKE VERITAS     Oslo                       NV
7.  NIPPON TAIKOKU KAIJI KYOKAI   Tokyo  NK
8.  REGISTER OF SHIP OF USSR  Moskwa        PC
9.  AMERICAN BUREAU OF SHIP  N.y             AB
10. HELLENIC REGISTER OF SHIP   Athena    HS

b) Jenis survey  ;
1.  Internal survey  = Survey I
2.  Annual survey   = survey tahunan
3.  Intermediate survey = survey antara
4.  Special survey = survey khusus
5.  Renewal survey = survey perubahan / 5 tahun

c) fungsi sekat pelanggaran adalah yang merupakan “BUFFER” atau pelindung bagian depan kapal, atau sebagai penahan air masuk ke dalam palaka2 di belakangnya, jika kpl mangalami kebocoran akibat dr pelanggaran atau kandas.

d) syarat-syarat sekat pelanggaran :
1.  plat 25% lebih tebal dr plat biasa
2.  plat bagian bawah di pertebal lagi 0,1” atau 25mm
3.  potongan penguat (steffenuers) dipasang di muka sekat dg sendirinya baja siku pinggiran dipasang di belakang sekat.
4.  potongan2 penguat dipasang vertical tp di bagian bawa dipasang horizontal.
5.  jarak antara baja penguat adalah 24” = 620 mm

11.  a) fungsi dr poros baling2 adalah melindungi poros baling2, menjaga agar poros baling2 kedap air pd tempat dimana poros baling2 melintang kulit kpl.
b) fungsi kayu pok :
-  supaya poros baling2 td tergeser langsung pd tabung perunggu
-  kayu pok bersifat pelumas
-  kayu pok dibuat lubang2 supaya air laut bisa masuk dg demikian berfungsi sbg pendingin untuk poros baling2.
c) gambar penataan kedap air dr tabung poros baling2 dan bagian2nya


12.  sebuah kapal di pelabuhan dg displacement (W) 7000 ton dg KG 6,7 m
memuat : 600 ton ditempat 2,7 m diatas lunas
              : 800 ton ditempat 4,5 m diatas lunas
              : 200 ton ditempat 7,8 m diatas lunas
bongkar : 500 ton ditempat 5,2 m diatas lunas
              : 400 ton ditempat 3,0 m diatas lunas
hitung KG baru kapal ?
jawab:
W
VCG
M
7000
6,7
46900
- 500
5,2
- 2600
- 400
3,0
- 1200
+ 600
2,7
+ 1620
+ 800
4,5
+ 3600
+ 200
7,8
+ 1560
∑W     7700
KG’
∑M    49880

KG lama = 6,70 m
KG’        = 6,48 m  -
GG’        = 0,22 m

GM lama = 0,20 m
GG’         = 0,22 m  +
GMo        = 0,42 m



           KG baru  = ∑M = 49880  = 6,48 meter
                              ∑W    7700

13.  Dikethuhi P = 64 meter
                      L = 10 meter
                      Full draft    = 4,0 meter   → Cb = 0,75
                      Light draft  = 0,5 meter   → Cb = 0,6
      Ditanyakan DWT ?
      Dijawab:
-           full displacement   = P x L x D x Cb
                                         = 64 x 10 x 4,0 x 0,75
                                         = 1920
-           light displacement = P x L x D x Cb
                                         = 64 x 10 x 0,5 x 0,6
                                         = 192
-           jadi DWT = full ∆ - light ∆
                           = 1920 – 192 = 1728

14.  Sebuah kpl berukuran 120 x 17 x 10 mtr mempunyai blok coefisien 0,89 terapung pada load summer draft 7,2 di air tawar. Hitunglah berapa berat muatan kapal dapat di muat agar saratnya di air laut tetap sama.
Diket ukuran kapal = 120 x 17 x 10 m
Cb                          =  0,89
Summer draft        = 7,2 di air tawar
Jawab:
Cb  =    volume benaman
                  P x L x D
0,89 =   volume benaman
            120 x 17 x 10
0,89 =  volume benaman
                20400
volume benaman = 20400 x 0,89
                            = 18156 m2

→  sarat tetap :
      Vol benaman =     berat
                                Berat jenis
     18.156            =  berat   
                                1,025
     berat = 18156 x 1,025
              = 18609,9 T
     muatan yg di muat = 18609,9

15.  Sebuah kapal displacement 5750 dg KG = 4,5 m muatan di muat sbb:
-  1000 ton ,   KG = 3,8 m
-  1000 ton ,   KG = 7,6 m
hitunglah berapa muatan di geladak (KG = 9m) dapat dimuat bila kapal harus berangkat dg GM minimumnya
= 0,4m.
Diket :     ∆  = 5750
              KG = 4,5 m
Muat : 1000 ton,KG =3,8 m
           1000 ton KG =7,6 m
           di geladak : W ton →KG =9 m
           GM =  0,4 ( dikehendaki)
Dit    :  W di gleladak ?
Jawab :
W
VCG
moment
5750
4,5
25875
1000
3,8
3800
1000
7,6
7600



∑W = 7750

∑M = 37275

KG = ∑M = 37275
                ∑W      7750
                       = 4,8 meter



      GG1    =  KG akhir – KG awal
                 =  4,8 – 4,5
                 = 0,3 meter.
      GG1    =  W x d
                     ∆ + W
      0,3      =     W x 9
                     7750 + W
      0,3 (775+W) = 9W
      2325 + 0,3 W  = 9W
      2325 = 9W – 0,3W
      2325 = 8,7W
      W = 2335     =  267,24
                8,7

Related : Soal Jawab Ilmu Bangunan Kapal

0 komentarmu:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :

* Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
* No SARA
* Tidak menggunakan kata yang menyinggung perasaan orang lain
* Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form