Belajar Dan Berbagi Informasi Dunia Pelayaran

Kecelakaan-Kecelakaan Kapal Terbesar Di Dunia

Kecelakaan-Kecelakaan Kapal Terbesar Di Dunia

1. Prestige Oil Spill (Kerugian mencapai $12 Miliar)

Tumpahan minyak Prestige adalah tumpahan minyak di lepas pantai Galicia disebabkan oleh tenggelamnya kapal tanker minyak 77.000 ton bahan bakar minyak pada tahun 2002. Tumpahan minyak tersebut sampai ribuan kilometer dari garis pantai dan lebih dari seribu pantai di pantai Spanyol dan Perancis, serta menyebabkan kerugian besar bagi industri perikanan lokal. 


Tumpahan ini adalah bencana lingkungan terbesar dalam sejarah Spanyol. dikarenakan Takut kapalnya akan tenggelam, kapten meminta bantuan untuk menyelamatkan pekerja ke Spanyol, mengharapkan mereka mengirim kapal untuk membawa perkerja ke pelabuhan. 

Namun, tekanan dari pihak yang berwenang memaksa kapten untuk membawa kapal jauh dari pantai. Kapten juga mencoba untuk mendapatkan bantuan dari Perancis dan Portugis, tetapi mereka juga memerintahkan kapal untuk menjauh dari pantai. 

Badai yang akhirnya membawa kapal ke dasar lautan, dan melepaskannya 20 juta galon minyak ke laut.

Menurut laporan oleh Dewan Pontevedra Economist, total biaya pembersihan adalah sebesar $ 12 miliar 

sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Prestige_oil_spill 







pictur exxon valdes (http://zerohedge.com)

Dong Fang Ocean, sebelumnya Exxon Valdez, Exxon Mediterania, SeaRiver Mediterania, S / R Mediterania, dan Mediterania, adalah sebuah kapal tanker minyak yang menjadi terkenal setelah menjalankan kandas di Prince William Sound menumpahkan ratusan ribu barel minyak mentah di Alaska. P

ada tanggal 24 Maret 1989, sedangkan yang dimiliki oleh mantan Perusahaan Pengiriman Exxon, dan kapten oleh Joseph Hazelwood menuju Long Beach, California, kapal tersebut kandas di Bligh Reef mengakibatkan tumpahan minyak kedua terbesar dalam sejarah Amerika Serikat. 

 Ukuran tumpahan diperkirakan 40.900 menjadi 120.000 m3 (10.800.000 ke 32.000.000 USgal), atau 257.000 sampai 750.000 barel.Pada tahun 1989, tumpahan minyak Exxon Valdez terdaftar sebagai tumpahan ke-54 terbesar dalam sejarah.

3. Tenggelamnya Titanic ( kerugian mencapai $ 150 )



RMS Titanic merupakan kapal uap penumpang terbesar di dunia ketika ia berangkat dalam pelayarannya dari Southampton, Inggris, ke New York City pada tanggal 10 April 1912. 

Empat hari ke persimpangan, jam 23:40 pada tanggal 14 April 1912, ia menabrak gunung es dan tenggelam di 02:20 pagi berikutnya waktu setempat, mengakibatkan kematian 1.517 orang ini adalah salah satu bencana maritim masa damai paling mematikan dalam sejarah.

Sebuah kapal penumpang kelas Olimpiade, RMS Titanic dimiliki oleh White Star Line dan dibangun di galangan kapal Harland dan Wolff di Belfast, Irlandia. Dia berlayar ke New York City dengan 2.227 orang di dalamnya. 

Tingkat korban tinggi ketika kapal tenggelam disebabkan sebagian oleh kenyataan bahwa, walaupun sesuai dengan peraturan dari waktu, kapal membawa sekoci hanya 1.178 orang. Sejumlah orang meninggal tidak proporsional karena perempuan dan anak-anak protokol pertama yang diikuti.

Titanic dirancang oleh beberapa engineers paling berpengalaman, dan menggunakan beberapa teknologi paling canggih tersedia pada masa itu. Titanic merupakan kejutan besar bagi banyak orang bahwa, meskipun fitur keamanan yang luas, Titanic ternyara dapat tenggelam, dan fakta bahwa tenggelamnya Kapal Titanic merupakan pelayaran perdananya.

sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Titanic


4. KMP Tampomas II 





KMP Tampomas II yang semula bernama MV Great Emerald diproduksi tahun 1956, tergolong jenis Kapal RoRo (Roll On-Roll Off) dengan tipe Screw Steamer berukuran 6139 GRT (Gross Registered Tonnage) dan berbobot mati 2.419.690 DWT (Dead-Weight Tonnage). 

Dimodifikasi ulang (Retrofit) tahun 1971 di Taiwan. Kapal ini berkapasitas 1250-1500 orang penumpang, dengan kecepatan maksimum 19.5 knot. Memiliki lebar 22 meter dan Panjang 125,6 meter.

Kapal ini dibeli oleh PT. PANN (Pengembangan Armada Niaga Nasional) dari Pihak Jepang, Comodo Marine Co. SA seharga US$ 8.3 Juta. Kemudian PT. PELNI (Pelayaran Nasional Indonesia) membeli secara mengangsur selama sepuluh tahun kepada PT. PANN. Berbagai pihak telah heran akan mahalnya harga kapal ini, mengingat pernah ditawarkan ke Perushaan Pelayaran Swasta lain hanya seharga US$ 3.6 Juta. 

Berbagai pihak, termasuk Jepang sendiri telah menyatakan kapal ini afkir karena telah berumur 25 tahun. Begitu dioperasikan, kapal penumpang ini langsung dipacu untuk melayani jalur Jakarta-Padang dan Jakarta-Ujungpandang yang memang padat. 

Setiap selesai pelayaran, kapal ini hanya diberi waktu istirahat selama 4 jam dan harus siap untuk melayani pelayaran selanjutnya. Perbaikan dan perawatan rutin terhadap mesin dan perlengkapan kapal pun hanya dapat dilaksanakan sekedarnya saja, padahal mengingat usianya yang sudah cukup berumur, seyogyanya kapal ini perlu mendapat perawatan yang jauh lebih cermat.

Namun dibalik semua kejanggalan itu, kapal ini memulai Pelayaran Perdananya menuju Ujungpandang pada bulan Mei 1980. Pada pelayaran ini pun, yang diikuti oleh beberapa anggota DPR, sempat menyaksikan sendiri dan turut pula mempertanyakan perihal mesin yang sering mengalami kerusakan selama perjalanan. 

Anggota DPR dari Fraksi PDIP, Ahmad Soebagyo menyebutkan berbagai kejanggalan selama perjalanan diantaranya kapal yang berputar-putar dalam radius yang sama dikarenakan rusaknya salah satu Knop Otomatis pengatur mesin kapal, dan dibatalkannya Acara Show Kapal karena matinya aliran listrik dalam waktu yang lama.

Tags :

Related : Kecelakaan-Kecelakaan Kapal Terbesar Di Dunia

0 komentarmu:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :

* Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
* No SARA
* Tidak menggunakan kata yang menyinggung perasaan orang lain
* Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form